Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Ilmu Kedokteran dan kesehatan (JIKK) menyediakan platform untuk mempublikasikan artikel bidang Kedokteran dan kesehatan yang meliputi:

  1. kedokteran komunitas: epidemiologi penyakit, promosi kesehatan
  2. kedokteran keluarga
  3. pendidikan kedokteran
  4. kedokteran klinis: pediatrik, endokrin, reproduksi, muskuloskeletal, respirasi, geriatri, trauma, gastrointestinal. penyakit infeksi, THT, mata, sensoris
  5. kedokteran kerja
  6. kedokteran olahraga
  7. kedokteran dasar (biomedik)

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap naskah yang masuk akan ditinjau oleh editor. Selanjutnya editor akan memutuskan apakah naskah sesuai dengan ruang lingkup dan fokus serta sesuai untuk di review oleh mitra bestari. Proses editorial internal ini berlangsung selama 14 hari kerja. Ada tiga kemungkinan keputusan editorial: (1) naskah diterima, (2) diubah dan diserahkan kembali, atau (3) ditolak.

Untuk artikel yang masuk poin 1 dan 2 maka akan dikirim kepada mitra bestari untuk direview. Proses review ini berlangsung dalam jangka waktu sekitar 4 minggu.  Ada tiga kemungkinan hasil reviewer yaitu (1) diterima tanpa perbaikan, (2) diterima dengan perbaikan, dan (3) ditolak.

Total waktu penyelesaian untuk menerbitkan naskah tergantung pada tanggal pengiriman, jadwal publikasi jurnal, kepatuhan penulis pada pedoman publikasi, dll. Tinjauan dan pengiriman yang diterima akan diterbitkan oleh JIKK sekitar 6-8 minggu.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Plagiarisme

Naskah yang akan dipublikasi belum pernah atau sedang diterbitkan di platform manapun. Penulis menyertakan pernyataan bebas Plagiarism.

 

Frekuensi Publikasi

Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan diterbitkan sebanyak 4 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, Oktober

 

Biaya Publikasi

Setiap artikel yang diterima oleh JIKK akan dikenakan biaya publikasi sebesar Rp. 250.000,-

 

Etika Publikasi

Etika publikasi ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah di JIKK ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari (Reviewer), dan penulis (author).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal:

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Mempublikasikan jurnal secara teratur.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor:

  1. Mempertemukan kebutuhan pembaca dan pengarang/penulis,
  2. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis,
  3. Secara aktif meminta pendapat pengarang, pembaca, mitra bestari, dan anggota dewan editor untuk meningkatkan mutu publikasi,
  4. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bestari (Reviewer):

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu karya tulis untuk diterbitkan.
  2. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  3. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  4. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  5. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Pengarang/Penulis (Author):

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar pengarang/penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/penulis.
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya.
  3. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
  4. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
  5. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.