Peran Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Sambal Kemasan: Kajian Terhadap UMKM Sambal Diarfi Natar

Ruli Eko Haryanto, Rahyono Rahyono, Kamelia Putri, Azzahra Cahya Kirana, Rivaldi Aldian

Sari


Salah satu sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia adalah
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sektor UMKM, yang mencakup lebih
dari 99% total jumlah perusahaan di Indonesia, tidak hanya menjadi tulang punggung
perekonomian, tetapi juga penyedia utama lapangan pekerjaan, yang menyerap lebih
dari 97% angkatan kerja di Indonesia (Fahdia, et al., 2022). Dalam beberapa tahun
terakhir, produk sambal kemasan semakin berkembang dan memiliki pasar yang luas,
baik di tingkat nasional maupun internasional, hal ini disebabkan oleh permintaan yang
terus meningkat terhadap sambal kemasan yang praktis dan mudah digunakan oleh
konsumen (Fahdia, et al., 2022). Namun, dalam proses pengelolaan usaha yang semakin
berkembang ini, tantangan dalam hal pengelolaan keuangan dan akuntansi menjadi
salah satu hal yang penting (Arifin A.K 2021). Kegiatan pengabdian masyarakat ini
bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya Akuntansi Dalam
Pengelolaan Usaha Sambal Kemasan. Kegiatan ini dilakukan kepada Pelaku UMKM
Sambal Diarfi di Natar, Lampung Selatan, yang dihadiri oleh sekitar 7 peserta, terdiri
dari pemilik bisnis dan anggota pelaksana. Metode yang dilakukan adalah memberikan
edukasi dengan mengidentifikasi kebutuhan identifikasi yang tepat terkait penyusunan
laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro,
Kecil, dan Menengah (SAK-EMKM). Melalui program pengabdian ini, diharapkan
UMKM Sambal Kemasan Diarfi Natar dapat menyajikan laporan keuangan yang
relevan, kredibel, dapat diperbandingkan, dan dapat dipahami dengan berpedoman pada
SAK-EMKM.
Kata kunci : Peran akuntansi, UMKM, Sambal Diarfi, SAK

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fahdia, M., R., et.all., (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan

Penjualan Bagi UMKM Tajur Halangan Makmur. ABDIFORMATIKA: Jurnal

Pengabdi Masyarakat Informatika”, Vol. 2(1).

Anggito Albi, S. J. (2018) Metode Penelitian Kualitatif, Sukabumi Jawa Barat: CV.

Jejak.

Amelia Siti, F. M. I (2022), "Siti Amelia, Muhammad Iqbal Fasa, dan Suharto.

"Pengaruh Implementasi Etika Bisnis, Konsep Produksi dan Distribusi pada

UMKM Terhadap Profitabilitas dalam Perspektif Ekonomi Islam" Jurnal Riset

Ekonomi Vol.1, No. 4.

Abdurohim Dindin, (2020), Strategi pengembangan Kelembagaan UMKM, Bintang

Pustaka Madani.

Andriyanty R. (2021), "Analisis Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Warteg Sekitar

Kampus Ibi Kosgoro 1957 Jakarta" Jurnal Mediasrima, Vol. 27, No. 1.

Arifin A. K. (2021), "Pengaruh Promosi dan Strategi Usaha Terhadap Daya Saing

Rumah Makan Holat Bung Rizal dan M. Br Regar di Kota Medan", Skripsi

(Medan: UMSU.

Ayoda W. (2020) UMKM 4.0, PT Elex Media Koputindo.

Cahyani Utari Evy, (2017) "Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Salak di

Kabupaten Tapanauli Selatan", Vol.5, No.1.

Chayani U. E, Muhammad A, Ana, C. T. (2023), Kewirausahaan Islami Teori dan

Praktik, Medan: Cv Merdeka Kreasi Group.

Soerjono, S., Ariwibowo, P., & Nizma, M. (2018). Penerapan Standarisasi Laporan

Keuangan UMKM bagi Pengusaha Kecil Menengah untuk Meningkatkan

Kinerja Usaha. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(03), 287-295.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.




DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v5i1.22079

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung