Gambaran Pengetahuan Tentang Epilepsi dan Pertolongan Pertama pada Guru di Salah Satu Sekolah Dasar Di Bandar Lampung
Abstract
Epilepsi adalah salah satu gangguan neurologis kronis yang paling umum yang diderita oleh orang di semua kelompok usia di dunia. Penyakit ini ditandai dengan aktivitas listrik abnormal di otak yang menyebabkan kejang atau perilaku tidak biasa, sensasi, dan terkadang kehilangan kesadaran. Peneliti ingin mengukur pengetahuan Guru di salah satu sekolah dasar di Bandar Lampung dikarenakan Guru dapat mendeteksi awal terhadap epilepsi pada anak sekolah dasar yang menghabiskan banyak waktunya di sekolah. Tujuan penelitian ini menggambarkan pengetahuan Guru terhadap epilepsi dan pertolongan pertama. Desain penelitian ini adalah studi deskriptif yang menggambarkan pengetahuan Guru. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 32 orang dengan menggunakan metode total sampling diperoleh responden sebanyak 28. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri 40 pertanyaan mengenai pengetahuan tentang epilepsi dan 20 pertanyaan mengenai pertolongan pertama pada epilepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru mengenai epilepsi 58,9% dan 66% pengetahuan mengenai pertolongan pertama pada epilepsi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengetahuan guru tentang epilepsi dan pertolongan pertama pada Epilepsi memiliki pengetahuan yang cukup. Angka ini menunjukkan bahwa mayoritas responden mengetahui langkah-langkah penting yang harus diambil ketika seseorang mengalami serangan epilepsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuhamdah, S. M. A., Naser, A. Y., & Abualshaar, M. A. R. (2022). Knowledge of and Attitude towards Epilepsy among the Jordanian Community. Healthcare (Switzerland), 10(8). https://doi.org/10.3390/healthcare10081567
Almalki, D. M., Kotb, M. A., bin Saqyan, T. M., Alkahtani, S. M., Alshaikhi, A. M., & Alanazi, L. F. (2023). Knowledge and attitude toward epilepsy and seizure first aid among school teachers in Al-Kharj City, Saudi Arabia. World Family Medicine Journal /Middle East Journal of Family Medicine, 21(1). https://doi.org/10.5742/mewfm.2023.95256027
AlMuslim, N., Aldawood, M., Almulhim, I., Alhaddad, R., AlQahtani, A., & Almubarak, A. (2023). Knowledge of Epilepsy and Seizure First Aid Among Teachers in Eastern Province, Saudi Arabia. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.33418
Alsulami, H., Alhadhrami, S., Alshareef, B., Alqurashi, R., Alzahrani, A., & Alkhotani, A. (2022). Assessment of Knowledge and Attitude Regarding Epilepsy and Seizure First Aid Among Male Teachers in Mecca Region, Saudi Arabia: A Cross-Sectional Study. Cureus. https://doi.org/10.7759/cureus.30945
Blagoeva, D., & Popova, T. (2022). Teachers’ Awareness Of Disorders In Students With Epilepsy. Journal of IMAB - Annual Proceeding (Scientific Papers), 28(4), 4700–4703. https://doi.org/10.5272/jimab.2022284.4700
Fitriyani, F. W. , T. T. D. (2023). Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Epilespi Dan Pertolongan Pertama Saat Serangan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019 Dan 2021. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 10(6).
Habib, S. S. , A. J. , A. M. , A. N. , A. A. , & A. M. (2023). Knowledge, attitude and practices of schoolteachers toward epilepsy and students with epilepsy.
Hrušková, M., Shonová, K., Ondřichová, L., & Čermáková, A. (2022). First Aid In Education.
Komala Sari, N., Herlina, N., Jhonet, A., Kedokteran, F., & Malahayati, U. (2021). Hubungan Riwayat Kejang Demam Dengan Kejadian Epilepsi Pada Anak ≤ 5 Tahun Di Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2018-2019. Jurnal Kebidanan Malahayati), 7(3), 453–458. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kebidanan
Makhado, T. G., Lebese, R. T., & Maputle, M. S. (2023). Development and Validation of Epilepsy Life Skills Guidelines for Primary School Learners and Teachers in Limpopo and Mpumalanga Provinces. Children, 10(7). https://doi.org/10.3390/children10071194
Margaret J JacksonA. (2014). Panduan ringkas: diagnosis dan penatalaksanaan epilepsi pada orang dewasa.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Epilepsi pada Anak. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/367/2017, 87(1,2), 13–21. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-
%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Toudou-Daouda, M., & Ibrahim-Mamadou, A. K. (2020). Teachers’ knowledge about epilepsy and their attitudes toward students with epilepsy: A cross-sectional survey in the City of Tahoua (Niger). Neuropsychiatric Disease and Treatment, 16, 2327–2333. https://doi.org/10.2147/NDT.S276691
Tschudnig, M., Sommer, M., & Simon, U. K. (2023). Stakeholder Views of Epilepsy in the Biology Classroom: A Qualitative Exploratory Pilot Study. Education Sciences, 13(2). https://doi.org/10.3390/educsci13020172
WHO. (2019). Epilepsy : Report by the director - general. Development, 1(October), 1–6. https://apps.who.int/iris/handle/10665/355987
Yuni Valentri L.Tobing. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Mengenai Epilepsi Di Lingkungan X Kelurahan Tegal Sari Mandala II Medan.
Yusifa, S. S., & , Salva Nurul Baiety Sam, Rendi Restiana Sukardi, D. M. I. (2021). Manajemen Epilepsi Pada Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Jenis Gangguan Kognitif. 1(005), 198–205.
DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i4.16694
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.