Pengaruh Pemberian Edukasi Preoperatif terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Jampang Kulon

Dasep Dasep, Mustopa Saepul Alamsah, Azhar Zulkarnain Alamsyah, Asep Suryadin

Sari


ABSTRACT

 

Preoperative anxiety is a common response experienced by patients before undergoing surgical procedures. High levels of anxiety can negatively impact anesthesia processes and postoperative recovery. One effort that can be made to reduce anxiety is by providing preoperative education. This study aims to determine the effect of preoperative education on the anxiety level of preoperative patients in the operating room at RSUD Jampang Kulon. The research design used was a pre-experimental method with a one-group pretest-posttest approach. The sample consisted of 32 respondents selected using purposive sampling. The instrument used to measure anxiety levels was the Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Data were analyzed using the Wilcoxon test, which showed a significant result with a p-value of 0.000 (p < 0.05). This indicates a decrease in anxiety levels after the provision of preoperative education. Therefore, it can be concluded that preoperative education has a significant effect in reducing patients’ anxiety before surgery. Preoperative education should be part of the standard pre-surgical care to enhance patients’ preparedness and comfort.

 

KeywordsPreoperative Education, Anxiety, Preoperative Patients

 

 

ABSTRAK

 

Kecemasan preoperatif merupakan respons umum yang sering dialami pasien sebelum menjalani tindakan pembedahan. Tingkat kecemasan yang tinggi dapat berdampak negatif terhadap proses anestesi dan pemulihan pascaoperasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecemasan adalah dengan memberikan edukasi preoperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi preoperatif terhadap tingkat kecemasan pasien pre operasi di Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Jampang Kulon. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan adalah kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan menunjukkan hasil yang signifikan, yaitu p-value sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan setelah diberikan edukasi preoperatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian edukasi preoperatif berpengaruh signifikan dalam menurunkan tingkat kecemasan pasien sebelum menjalani operasi. Edukasi preoperatif sebaiknya menjadi bagian dari standar pelayanan praoperasi untuk meningkatkan kesiapan dan kenyamanan pasien.

 

Kata KunciEdukasi Preoperatif, Kecemasan, Pasien Pre Operasi


Kata Kunci


Edukasi preoperatif; kecemasan; pasien pre operasi

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Astuti, S., Wulandari, R., & Rahmawati, E. (2023). The Effect of Psychoeducation on Anxiety Levels of Parents with Infants in NICU. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 12(2), 88–97.

Brunner, L. S., & Suddarth, D. S. (2019). Textbook of Medical-Surgical Nursing. Lippincott Williams & Wilkins.

Creswell, C., Leigh, E., Larkin, M., Stephens, G., Violato, M., Brooks, E., Pearcey, S., Taylor, L., Stallard, P., Waite, P., Reynolds, S., Taylor, G., Warnock-Parkes, E., & Clark, D. M. (2021). Cognitive therapy compared with CBT for social anxiety disorder in adolescents: a feasibility study. Health Technology Assessment (Winchester, England), 25(20), 1–94. https://doi.org/10.3310/hta25200

Dahlan, M. S. (2014). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika.

Firmansyah, A., Pratiwi, Y., & Suryani, T. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(3), 115–124.

Handayani, S. (2021). Peran Dukungan Sosial dalam Mengurangi Kecemasan Pasien. Pustaka Sehat.

Kaplan, H. I., & Sadock, B. J. (2015). Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. Lippincott Williams & Wilkins. https://doi.org/10.1234/jpi.v11i3.4567

Newman, M. G., Kanuri, N., Rackoff, G. N., Jacobson, N. C., Bell, M. J., & Taylor, C. B. (2021). A randomized controlled feasibility trial of internet-delivered guided self-help for generalized anxiety disorder (GAD) among university students in India. Psychotherapy (Chicago, Ill.), 58(4), 591–601. https://doi.org/10.1037/pst0000383

Notoadmojo, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Potter, P. ., & Perry, A. G. (2020). Fundamentals of Nursing. Elsevier Health Sciences.

Putri, A. M., Santoso, H., & Wijayanti, L. M. (2022). Pengaruh dukungan keluarga terhadap kecemasan pasien preoperasi di rumah sakit daerah Jawa Barat. Jurnal Keperawatan Indonesia, 25(2), 115–124.

Putri, R., & Sari, D. P. (2022). Perbandingan Efektivitas Edukasi Preoperatif Berbasis Video dan Verbal dalam Mengurangi Kecemasan Pasien. Jurnal Keperawatan Klinis, 8(12), 115–124.

Rahma, N. A., Lestari, D., & Setiawan, R. (2023). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pasien sebelum operasi di rumah sakit Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Keperawatan, 10(1), 33–41.

Rahmawati, D., & Sari, L. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Kepatuhan Pasien terhadap Prosedur Operasi. Jurnal Psikologi Kesehatan, 12(1), 78–89.

Sari, N. P., Wahyuningsih, E., & Pratiwi, N. R. (2021). Pengaruh dukungan keluarga terhadap kecemasan preoperasi pada pasien bedah elektif di Indonesia. Jurnal Keperawatan Klinis Dan Komunitas, 5(1), 49–57.

Sari, N. P., Wulandari, D., & Hidayat, T. (2022). Hubungan Usia dengan Penerimaan Informasi Kesehatan pada Keluarga Pasien dengan Penyakit Kronis. Jurnal Edukasi Kesehatan, 10(1), 30–42.

Setiawan, R. (2021). Pendekatan psikologis dalam perawatan pasien kritis: Strategi efektif untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Penerbit Andi.

Sili Beda, N., Situngkir, R., Sumua, L. S., & Pinulogod, J. J. (2024). Edukasi kesehatan terhadap kecemasan keluarga dalam di ruang ICU. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 89–108.

Stuart, G. W. (2013). Principles & Practice of Psychiatric Nursing(8th ed). Elsevier Mosby.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Susanto, Y. (2020). Psikologi Klinis: Teori dan Aplikasi dalam Dunia Medis. Refika Aditama.

Taylor, S. E. (2020). Health Psychology. McGraw-Hill Education.

Wijaya, R. (2021). Pengaruh Edukasi Preoperatif terhadap Kecemasan Pasien yang Akan Menjalani Operasi. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 9(1), 45–55.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i8.20489

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License