Peningkatan Kesehatan pada Hipertensi Berbasis Perawatan Jangka Panjang

Putu Inge Ruth Suantika, Ni Kadek Sutini, Ni Luh Dwi Indrayani, Ni Putu Desy Ratna Wulan Dari, Putu Vera Megawati, I Gede Rendy ArizonaVallentino, Muhammad Syukri

Sari


ABSTRAK

 

Hipertensi menjadi salah satu masalah kesehatan global dengan prevalensi yang terus meningkat. Pengelolaan hipertensi memerlukan pendekatan komprehensif, termasuk intervensi nonfarmakologis seperti senam hipertensi berbasis perawatan jangka panjang. Dalam hal ini, pendekatan Interprofessional Education (IPE) dan Interprofessional Collaboration (IPC) berperan penting dalam memastikan kolaborasi yang efektif antarprofesi kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan edukasi kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hipertensi, keterampilan melaksanakan senam hipertensi secara mandiri, serta memperkuat kerja sama lintas profesi melalui IPE dan IPC. Kegiatan dilakukan melalui penyuluhan menggunakan media power point, leaflet, dan video senam, serta evaluasi pengetahuan peserta dengan pre-test dan post-test. Pelaksanaan mengintegrasikan prinsip IPE dan IPC dalam pendekatannya. Terdapat peningkatan pengetahuan lansia terhadap hipertensi yang ditunjukkan dari hasil post test lebih tinggi daripada skor pre test. Lansia juga mampu melakukan senam hipertensi secara mandiri dengan panduan video, didukung oleh kerja tim yang kolaboratif antarprofesi. Penyuluhan berbasis media edukasi dengan pendekatan IPE dan IPC efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan hipertensi..

 

Kata Kunci: Hipertensi, IPE, IPC, Edukasi, Perawatan Jangka Panjang

 

 

ABSTRACT

 

Hypertension is one of the most significant global health problems, with an increasing prevalence each year. Managing hypertension requires a comprehensive approach, including nonpharmacological interventions such as long-term hypertension exercise programs. In this context, Interprofessional Education (IPE) and Interprofessional Collaboration (IPC) play a crucial role in ensuring effective collaboration among healthcare professionals to improve service quality and community education. The aims is to enhance community knowledge about hypertension, develop skills in independently performing hypertension exercises, and strengthen interprofessional collaboration through IPE and IPC. The program was conducted through health education using power point presentations, leaflets, and exercise videos. Pre-test and post-test evaluations were used to measure participants’ knowledge. The implementation incorporated IPE and IPC principles in its approach. There was an increase in the elderly's knowledge about hypertension, as indicated by the post-test results being higher than the pre-test scores.. Participants were also able to independently perform hypertension exercises guided by educational videos, supported by effective interprofessional team collaboration. Health education using interactive media, supported by IPE and IPC approaches, effectively improved community knowledge and skills in hypertension management..

 

Keywords: Hypertension, IPE, IPC, Health Education, Long-Term Care.


Kata Kunci


hipertensi, senam hipertensi, IPE, IPC, edukasi kesehatan, perawatan jangka panjang

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alpsoy, Ş. (2020). Exercise And Hypertension. Physical Exercise For Human Health, 153-167.

Berek, P. A., & Fouk, M. F. W. (2020). Kepatuhan Perawatan Diri Pasien Hipertensi: A Systematic Review. Jurnal Sahabat Keperawatan, 2(01), 44-55.

Calisanie, N. N. P., & Lindayani, L. (2021). Pengaruh Intervensi Self-Management Terhadap Self-Care Dan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Risenologi, 6(1a), 24-30.

Esmailiyan, M., Amerizadeh, A., Vahdat, S., Ghodsi, M., Doewes, R. I., & Sundram, Y. (2023). Effect Of Different Types Of Aerobic Exercise On Individuals With And Without Hypertension: An Updated Systematic Review. Current Problems In Cardiology, 48(3), 101034.

Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 2049-2059.

La & Nurmiaty. (2020). Modul Interprofesional Education (Ipe). Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari.

Lestari, N. K. Y., Pramesti, T. A., Trisnadewi, N. W., Idayani, S., & Ferry, I. G. P. A. (2023). Implementasi Self Care Management Pada Penderita Hipertensi. Bhakti Community Journal, 2(2), 43-54.

Luthfiani, R., Lina, N., & Maywati, S. (2021). Pengaruh Penyuluhan Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Pra Lansia Mengenai Hipertensi. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 17(2).

Putri, S. E., Rekawati, E., & Wati, D. N. K. (2021). Effectiveness Of Self-Management On Adherence To Self-Care And On Health Status Among Elderly People With Hypertension. Journal Of Public Health Research, 10(1_Suppl), Jphr-2021.

Putriana, N. A., & Saragih, Y. B. (2020). Pendidikan Interprofessional Dan Kolaborasi Interprofesional. Majalah Farmasetika, 5(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.24198/Mfarmasetika.V5i1.25626

Ridwan, E. S., & Nurwanti, E. (2016). Gaya Hidup Dan Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 2(2), 67. Https://Doi.Org/10.21927/Jnki.2014.2(2).67-70

Rosalina, E. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Hipertensi Pada Lansia Di Kampung Sawah Jakarta Utara. Carolus Journal Of Nursing, 4(1), 1-12.

Suantika, Putu Inge Ruth., Putri, Ni Made Manik Elisa (2022). Penatalaksanaan Hipertensi Pada Pkk Banjar Padang Tawang Canggu. Jurnal Abdimas Itekes Bali, 1(2), 120-124.

Suprayitno, E., & Huzaimah, N. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Pencegahan Komplikasi Hipertensi. Selaparang, 4(1), 518-521.

Surya, D. O., Efendi, Z., Afrizal, A., Thohir, I., Sugiarti, Y., Hasmi, V., ... & Desnita, R. (2024). Pemanfaatan Media Audio Visual Berbasis Rabab Pasisia Dalam Penatalaksanaan Hipertensi Pada Lansia. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 487-492.

Who. (2023). Global Report On Hypertension. In Universitas Nusantara Pgri Kediri (Vol. 01).

Wijoyo, E. (2017). Pengembangan Pasien Virtual Untuk Peningkatan Pendekatan Interprofessional Education (Ipe) Dalam Dunia Pendidikan Keperawatan Di Indonesia. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2. Https://Doi.Org/10.30651/Jkm.V2i1.967




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i5.19518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.