Nurturing, Caring, And Parenting Patterns For Early Childhood In Sekar Melati Playgroup

Pujiati Setyaningsih* -  Universitas Bhakti Kencana, Indonesia
Jumiatun Jumiatun -  Universitas Bhakti Kencana, Indonesia
Shinta Ayu Nani -  Universitas Bhakti Kencana, Indonesia

Masa usia dini merupakan masa golden age (masa keemasan) dimana pada masa ini anak sudah mulai peka dan sensitif dengan lingkungan sekitarnya sehingga akan dengan mudah menyerap apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan. Usia ini merupakan pribadi unik dengan pola tumbuh kembang pada komponen fisik, kognitif, social, emosional, kreatif, linguistic dan komunikasi yang khas pada tahapan yang dilalui anak. Oleh karena itu pemberian stimulus yang tepat pada anak sangat dibutuhkan apabila menginginkan setiap aspek perkembangan tercapai secara optimal. Peran dari ibu, bapak, keluarga dan masyarakat serta lingkungan menjadi penting, mengingat pada masa ini adalah ”masa keemasan” sangat tergantung bagaimana kita memenuhi hak dasar anak akan pola asih, asah dan asuh, agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal dan akan berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya. Penelitian ini bersifat deskriptif bertujuan menggambarkan pola asah asih serta asuh yang diberikan orang tua kepada anak nya pada usia dini. Hasil penelitian kepada 35 responden diperoleh (68,6%) pola asahnya baik menunjukkan bahwa orang tua dalam memberikan stimulasi untuk mengembangkan kemampuan intelektual, keterampilan, kreatifitas serta sosial anak sebagian sudah baik. Pola asih orang tua pada anak yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan emosional melalui kasih saying & perhatian (88,6%) sudah baik, serta (62,9%) pola asuh yang berkaitan dengan cara merawat, membimbing serta mendidik anak dalam kehidupan sehari-hari juga sudah baik. Pola asah asih dan asuh saling berkaitan sehingga diharapkan ketiganya berjalan seimbang agar tumbuh kembang anak akan lebih optimal baik secara fisik, mental, emosional serta social.

 

Kata Kunci: Asah, Asih, Asuh, Usia, Dini

 

ABSTRACT

 

Early childhood is a golden age when children begin to be sensitive to their surroundings and easily absorb what they see, hear, and feel. This age is a unique period of personal growth and development in terms of physical, cognitive, social, emotional, creative, linguistic, and communication skills that are characteristics of the stage children go through. Therefore, providing appropriate stimuli to children is essential if we want every aspect of their development to be achieved optimally. The role of mothers, fathers, families, communities, and the environment is important, considering that this period is a “golden age” that depends heavily on how we fulfill children's basic rights to love, guidance, and care so that they can grow and develop optimally, which will affect their future lives. This descriptive study aims to describe the patterns of nurturing, caring, and parenting that parents provide to their children in early childhood. The results of the study of 35 respondents show that (68.6%) of the nurturing patterns are good, indicating that parents are already good at providing stimulation to develop their children's intellectual abilities, skills, creativity, and social skills. The caring pattern of parents towards children in relation to fulfilling emotional needs through affection and attention (88.6%) was good, and (62.9%) of the parenting patterns related to caring for, guiding, and educating children in daily life were also good. Nurturing, caring, and parenting are interrelated, so it is hoped that all three will be balanced so that children's growth and development will be more optimal physically, mentally, emotionally, and socially.

 

Keywords: Nurturing, Caring, Parenting, Age, Early

 

  1. Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, Supeningsih, Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, Fitriani, Puspita, Y., Saputro, A. N. C., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, N. A. H. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Widina Bhakti Persada Bandung.
  2. Arta, D. Y., & Prahesti, S. I. (2024). Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1940–1946. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6675
  3. Dahlan, M. S. (2019). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Epidemiologi Indonesia.
  4. Elan, E., & Handayani, S. (2023). Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2951–2960. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2968
  5. Elminah, E., Hesrawati, E. D., & Syafwandi, S. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial pada anak usia dini. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 574–580.
  6. Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168.
  7. Hayyu, A. N., Amanda, D., Septiani, N. A., Nugraheni, O. D., Pertiwi, A. D., & Sjamsir, H. (2022). Pola Asuh Orang Tua Strict Parents terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood Journal, 3(1), 56–64.
  8. Hikmawati, L., Arbarini, M., & Suminar, T. (2023). Pola asuh anak usia dini dalam penanaman perilaku sosio emosional anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1447–1464.
  9. Kemenkes, R. I. (2016). Pedoman pelaksanaan stimulasi, deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
  10. Kurnia, N., & Supriyadi. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Emosional Anak. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(3), 2468–2473. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.961
  11. Lesnussa, G. C., & Wijayaningsih, L. (2023). Dampak pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak usia dini 4-5 tahun. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 381–387.
  12. Lubis, J., Sintiya, S., Lestari, S., & Khadijah, K. (2022). Pola Asuh Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2080–2089.
  13. Mainnah, M.-, Fajriah, H., & Roemin, L. (2021). POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK USIA DINI DI TK TIGA SERANGKAI DESA MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 80. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8536
  14. Marzuki, M., Alam, L., Judijanto, L., Utomo, J., & Ferian, F. (2025). Pentingnya Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 3(8), 679–688.
  15. Nisa, U., & Cahyo, E. D. (2023). Pengaruh perhatian orang tua terhadap perkembangan moral anak usia dini di TK Rejo Asri. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(2), 109–118.
  16. Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
  17. Pasiningsih. (2021). FAMILY-SCHOOL PARTNERSHIPS OF INDONESIAN FAMILIES ENGAGED IN POSTGRADUATE STUDY. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/JIV.1601.1
  18. Rahayu, A., Rahman, F., & Lenie, M. (2018). Gizi 1000 hari pertama kehidupan. CV Mine.
  19. Rahmadaniah, I. (2020). Perbandingan Pijat Oksitosin Dan Senam Nifas Terhadap Penurunan Involusi Uterus. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 12(1).
  20. Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah, K. (2022). Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2360–2370.
  21. Rambe, A. A., Supriadi, U., Firmansyah, M. I., Dwietama, R. A., Putri, A. N. C., Rahardja, M. N. A., & Marbun, J. (2024). Pendekatan Kasih Sayang dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadits Nabi Muhammad SAW. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 438–452.
  22. Regina, N. T., & Hidayat, E. N. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. WELVAART: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 5(1), 129–145.
  23. Sinta, L. El, & El, L. (2019). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Neonatus, Bayi dan Balita. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.
  24. Tahirah, I., Ismawati, Megawati, Herman, & Rusmayadi. (2024). Pentingnya Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 10(1).
  25. Tobing, S., & Nurjannah, N. (2024). Pola Asuh Anak Menurut Baumrind dengan Pola Asuh Perspektif Islam. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–20.
  26. United Nations Children’s Fund. (2020). Situasi Anak di Indonesia – Tren, Peluang, dan Tantangan Dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. UNICEF Indonesia.
  27. Utaminingtyas, F. (2019). Pengaruh pemberian stimulasi terhadap perkembangan anak umur 12-24 bulan di Desa Lembu, Bancak. Jurnal Kebidanan, 117–127.
  28. Yulinawati, C., Ismail, D., Haksari, E. L., & Rokhanawaty, D. (2020). Penerapan Metode Bermain sebagai Stimulasi untuk Meningkatkan Perkembangan Anak. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(2), 147–152.
  29. Zulminiati, Santi, Ida, & Andi. (2023). Urgensi Pola Asuh Anak Usia Dini (Parenting Early Children). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1958–1963.
  30. .

Open Access Copyright (c) 2025 JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)