Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Pemeriksaan Kualitas Air di Labkesda Kabupaten Lampung Selatan
Sari
ABSTRACT
Based on the results of the South Lampung Regency LABKESDA report, of the 1,071,727 South Lampung residents whocarry out water quality checks is still low, namely in 2022 there are 154 (0.014%) who carry out water quality checks and in 2023 there are 171 (0.015%) who carry out water quality checks. water quality inspection. Thepurpose of this research is to determine the analysis of the use of health services in water quality checks atLABKESDA South Lampung Regency in 2024. This type of research is qualitative research with a case study approach. There were 7 informants for this research, namely, the Head of the South Lampung District Health Service,the Head of Administration for the South Lampung LABKESDA, Community Health Center Officers, Clinic Officers,PDAM Officers, and 2 members of the public. Informants were taken using purposive sampling. Datacollection uses in-depth interview techniques and data analysis techniques using Content Analysis. The results of theresearch show that the Analysis of Health Service Utilization in Water Quality Inspections at LABKESDA, South Lampung Regency, Obstacles and Obstacles are still quite high funding and long distances for the community toreach. The benefits can improve health rates, especially in the use of clean water sanitation. The community isconfident and supports the water quality inspection services at LABKESDA South Lampung. Accessibility in checkingwater quality regarding distance is very affordable, but for sub-district areas it is quite far. The availability offacilities and infrastructure at LABKESDA is good and adjusted to applicable regulations. The suggestion of thisresearch is that the government can pick up the ball and increase cooperation with all Community Health Centersand Pustu to facilitate the implementation of good services.
Keywords: Facilities, Obstacles, Utilization, LABKESDA
ABSTRAK
Berdasarkan hasil laporan LABKESDA Kabupaten Lampung Selatan bahwa dari 1.071.727 jumlah penduduk Lampungselatan yang melakukan pemeriksaan kualitas air masih rendah, yaitu pada tahun 2022 terdapat 154 (0,014%) yangmelakukan pemeriksaan kualitas air dan pada tahun 2023 terdapat 171 (0,015%) yang melakukan pemeriksaankualitas air. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui Analisis pemanfaatan pelayanan kesehatan pada pemeriksaan kualitas air di LABKESDA Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Terdapat 7 informan penelitian ini yaitu, Kepala DinasKesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Tata Usaha LABKESDA Lampung Selatan, Petugas Puskesmas, PetugasKlinik, Petugas PDAM, dan 2 orang masyarakat. Pengambilan informan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulandata menggunakan teknik wawancara mendalam dan teknik analisis data menggunakan Content Analysis. Hasilpenelitian bahwa Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pemeriksaan Kualitas Air di LABKESDA Kabupaten Lampung Selatan Hambatan Dan Kendala yaitu masih cukup tingginya pembiayaan dan jarak yang jauhuntuk dijangkau masyarakat. Manfaatnya dapat meningkatkan angka kesehatan terutama dalam penggunaan sanitasiair bersih. Keyaninan masyarakat yakin dan mendukung pelayanan pemeriksaan kualitas air di LABKESDA Lampungselatan. Aksebilitas dalam pemeriksaan kualitas air terkait jarak sangat terjangkau namun untuk daerah kecamatan agak jauh. Ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana yang ada di LABKESDA sudah baik dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Saran penelitian ini, yaitu agar pemerintah dapat jemput bola danmenambah kerjasama kepada seluruh Puskesmas dan Pustu untuk mempermudah terlaksananya pelayanan dengan baik.
Kata Kunci: Fasilitas, Hambatan, Pemanfaatn, LABKESDA
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Abas, R., Marwati, E., & Kurniawan, D. (2019). Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kelurahan Rum di Wilayah Kerja Puskesmas Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Biosainstek, 2(01), 23–32.
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., & Faridi, A. (2021). Metodologo Penelitian Kesehatan (R. Watrianhos & J. Simarmata (eds.); Ke-1). Yayasan Kita Menulis.
Anokwuru, A., Fakoya, A., & Okebugwu. (2019). perbedaan pencemaran coliform pada air Ground 1, 2 dan 3 dengan metode Dry Compact EC di RSUD Dr.Moewardi. Jurnal Muhammadiyah Surakarta, 11(2), 10–14.
Arifin, S., Rahman, F., Wulandari, A., & Vina Yulia anhar. (2019). Buku ajar manajemen kesehatan (Issue June).
Basith, Z. A., & Prameswari, G. N. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di
Birawida, A. B. (2019). Buku Laut Dan Kesehatan Perspektif Kesehatan Lingkungan (Y. S. Baso (ed.); Pertama). Pusat Kajian Media, Sumber Belajar Dan E-Learning Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.
BPS Lamsel. (2023). Data Penduduk Menurut Pekerjaan. https://kerinjing- rajabasa.desa.id/data-statistik/pekerjaan
BPS. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin di
Depot Air Minum Di Kota Bengkulu. Jurnal Media Kesehatan, 5(1), 01–06.
Dewanti, R. A., & Sulistyorini, L. (2018). Analisis Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang Di Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 39.
Dewi, C., & Nurjannah, A. (2020). Hubungan Model 4a (Four As) Dalam Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Non PBI Di RSUD Kabupaten Pangkep. Jurnal Promotif Preventif, 3(1), 1–
Ekawati, S., Darmawansyah, D., & Marzuki, D. S. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rsud H. Padjonga Dg. Ngalle Takalar. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 115–124.
Fatimah, S., & Indrawati, F. (2019). Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di
Hamidi. (2018). Metode Penelitian Kualitatif; Pendekatan Praktis Penulisan
Ilmayanti, N. A., Rusydi, A. R., & Andayanie, E. (2022). Pemanfaatan pelayanan kesehatan poli interna di RSUP Dr. Tadjuddin chalid kota makassar. Window of Public Health, 3(4), 2893–2902.
Jubaidi, J. (2018). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Air Minum Pada
Kabupaten Jombang Jawa Timur. 3, 383–394.
Kabupaten Lampung Selatan (Jiwa), 2019-2021. BPS.Go.Id.
Kemenkes RI. (2021). Data Dan Informasi Dampak Perubahan Iklim Sektor Kesehatan Berbasis Bukti Di Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 7(1), 104–116.
Kementrian Kesehatan RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Operasional Penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2021. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1–114.
Kepmenkes RI. (2003). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesin
LABKESDA Lamsel. (2024). Profil Labkesda Kabupaten Lampung Selatan.
Labkesda.Lampungselatankab.Go.Id.
Lago, A. Y. A. (2021). Optimalisasi Kepatuhan Petugas Keperawatan Terkait Pengisian Identitas Pasien Pada Lembar Permintaan Pemeriksan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara.
Lilis, C. (2019). Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Di Perusahaan Daerah Air Minum Polewali Mandar. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Maila, I. El. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jalan Geriatric Ditinjau Dari Mutu Pelayana, Persepsi Dan Respon (Pertama (ed.); Tim Strada). Srada Press. 1
Merangin. (2018). Kepuasan Masyarakat Peserta BJPS Kesehatan Terhadap
Niah, N. S. (2019). Manajemen Pelaksanaan Pelayanan Puskesmas Di
Notoatmojo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan (Ke-2). Pt. Rineka Cipta. Permenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014.
PelayananDi UPTD Puskesmas Tegal Selatan. Galang Tanjung, 2504, 1–9.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia.
Permenkes RI. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor
Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Nuha Medika.
Proposal Dan Laporan Penelitian (N. Indriyani (ed.)). UMM Press Malang.
Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development,
Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development,
Putri, R. (2020). Hubungan Kualitas Air (pH) dan Personal Hygiene dengan Keluhan Penyakit Kulit di Desa Sumberrahayu Kecamatan Moyudan kabupaten Sleman Yogyakarta. Eprints.Uad.Ac.Id, 00, 1–12.
Rajawali Press.
Safitri, N. A. (2020). korelasi antara karakteristik pasien dengan minat untuk memanfaatkan ulang pelayanan rawat jalan di laboratorium Rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Convention Center Di Kota Tegal, 938,
Sari, D. P. R. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Patient Safety Dengan Kepatuhan Penerapan Ssc (Surgical Safety Checklist) Di Kamar Operasi Rs Permata Bunda Malang. Jurnah Kesehatan Perawatan.
Septia Sari, R., Desnita Tasri, Y., & Shakila, R. (2021). Sosialisasi Manajemen Klinis untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi Profesional Perekam Medis. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147–158.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo
Suparyanto. (2017). Pelayanan Kesehatan (Health Service). https://dr- suparyanto.blogspot.com/2011/02/pelayanan-kesehatan-health-service.html
Tentang Laboratorium Kesehatan. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29
Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Peran Dinas Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air Di Kota Metro. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.
Widiyastuty, F., Suryawati, C., & Arso, S. P. (2023). Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas oleh Masyarakat di Daerah Perbatasan Kecamatan Entikong. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(1), 64–78.
wiwitan, D. (2020). Sistem Pelayanan Kesehatan. Chem. Lerr., 12(July), 321–324.
DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i6.17211
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Publisher: Universitas Malahayati Lampung
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
kostenlose besucherzähler