Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Pemeriksaan Kualitas Air di Labkesda Kabupaten Lampung Selatan

Yulia Astari, Wayan Wayan, Dhiny Easter Yanti, Samino Samino, Fitri Eka Sari

Sari


ABSTRACT

 

Based on the results of the South Lampung Regency LABKESDA report, of the 1,071,727 South Lampung residents whocarry out water quality checks is still low, namely in 2022 there are 154 (0.014%) who carry out water quality checks and in 2023 there are 171 (0.015%) who carry out water quality checks. water quality inspection. Thepurpose of this research is to determine the analysis of the use of health services in water quality checks atLABKESDA South Lampung Regency in 2024. This type of research is qualitative research with a case study approach. There  were  7  informants  for  this  research,  namely,  the  Head  of  the  South Lampung District Health Service,the Head of Administration for the South Lampung LABKESDA, Community Health Center Officers, Clinic Officers,PDAM  Officers,  and  2  members of  the  public.  Informants were  taken  using purposive sampling. Datacollection uses in-depth interview techniques and data analysis techniques using Content Analysis. The results of theresearch show that the Analysis of Health Service Utilization  in  Water  Quality  Inspections  at  LABKESDA,  South  Lampung Regency, Obstacles and Obstacles are still quite high funding and long distances for the community toreach. The benefits can improve health rates, especially in the use of clean water sanitation. The community isconfident and supports the water quality inspection services at LABKESDA South Lampung. Accessibility in checkingwater quality regarding distance is very affordable, but for sub-district areas it is quite far. The availability offacilities and infrastructure at LABKESDA is good and adjusted to applicable regulations. The suggestion of thisresearch is that the government can pick up the ball and increase cooperation with all Community Health Centersand Pustu to facilitate the implementation of good services.

 

Keywords: Facilities, Obstacles, Utilization, LABKESDA

 

 

ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil laporan LABKESDA Kabupaten Lampung Selatan bahwa dari 1.071.727 jumlah penduduk Lampungselatan yang melakukan pemeriksaan kualitas air masih rendah, yaitu pada tahun 2022 terdapat 154 (0,014%) yangmelakukan pemeriksaan kualitas air dan pada tahun 2023 terdapat 171 (0,015%) yang melakukan pemeriksaankualitas air.  Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui Analisis pemanfaatan pelayanan kesehatan pada pemeriksaan  kualitas  air  di  LABKESDA  Kabupaten  Lampung  Selatan  Tahun 2024. Jenis penelitian  ini  yaitu  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan  Studi kasus. Terdapat 7 informan penelitian ini yaitu, Kepala DinasKesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Kepala Tata Usaha LABKESDA Lampung Selatan, Petugas Puskesmas, PetugasKlinik, Petugas PDAM, dan 2 orang masyarakat. Pengambilan informan dengan cara Purposive Sampling. Pengumpulandata menggunakan teknik wawancara mendalam dan teknik analisis data menggunakan Content Analysis. Hasilpenelitian bahwa Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Pemeriksaan   Kualitas   Air   di   LABKESDA   Kabupaten   Lampung   Selatan Hambatan Dan Kendala yaitu masih cukup tingginya pembiayaan dan jarak yang jauhuntuk dijangkau masyarakat. Manfaatnya dapat meningkatkan angka kesehatan terutama dalam penggunaan sanitasiair bersih. Keyaninan masyarakat yakin dan mendukung pelayanan pemeriksaan kualitas air di LABKESDA Lampungselatan. Aksebilitas dalam pemeriksaan kualitas air terkait jarak sangat terjangkau  namun  untuk  daerah  kecamatan  agak  jauh.  Ketersediaan  fasilitas sarana  dan  prasarana  yang  ada  di  LABKESDA  sudah  baik  dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.  Saran penelitian ini, yaitu agar pemerintah dapat jemput bola danmenambah kerjasama kepada seluruh Puskesmas dan Pustu untuk mempermudah terlaksananya pelayanan dengan baik.

 

Kata KunciFasilitas, Hambatan, Pemanfaatn, LABKESDA


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abas, R., Marwati, E., & Kurniawan, D. (2019). Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kelurahan Rum di Wilayah Kerja Puskesmas Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Biosainstek, 2(01), 23–32.

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutik, I., & Faridi, A. (2021). Metodologo Penelitian Kesehatan (R. Watrianhos & J. Simarmata (eds.); Ke-1). Yayasan Kita Menulis.

Anokwuru, A., Fakoya, A., & Okebugwu. (2019). perbedaan pencemaran coliform pada air Ground 1, 2 dan 3 dengan metode Dry Compact EC di RSUD Dr.Moewardi. Jurnal Muhammadiyah Surakarta, 11(2), 10–14.

Arifin, S., Rahman, F., Wulandari, A., & Vina Yulia anhar. (2019). Buku ajar manajemen kesehatan (Issue June).

Basith, Z. A., & Prameswari, G. N. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di

Birawida, A. B. (2019). Buku Laut Dan Kesehatan Perspektif Kesehatan Lingkungan (Y. S. Baso (ed.); Pertama). Pusat Kajian Media, Sumber Belajar Dan E-Learning Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin.

BPS Lamsel. (2023). Data Penduduk Menurut Pekerjaan. https://kerinjing- rajabasa.desa.id/data-statistik/pekerjaan

BPS. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin di

Depot Air Minum Di Kota Bengkulu. Jurnal Media Kesehatan, 5(1), 01–06.

Dewanti, R. A., & Sulistyorini, L. (2018). Analisis Kualitas Bakteriologis Air Minum Isi Ulang Di Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 39.

Dewi, C., & Nurjannah, A. (2020). Hubungan Model 4a (Four As) Dalam Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Non PBI Di RSUD Kabupaten Pangkep. Jurnal Promotif Preventif, 3(1), 1–

Ekawati, S., Darmawansyah, D., & Marzuki, D. S. (2022). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rsud H. Padjonga Dg. Ngalle Takalar. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 115–124.

Fatimah, S., & Indrawati, F. (2019). Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di

Hamidi. (2018). Metode Penelitian Kualitatif; Pendekatan Praktis Penulisan

Ilmayanti, N. A., Rusydi, A. R., & Andayanie, E. (2022). Pemanfaatan pelayanan kesehatan poli interna di RSUP Dr. Tadjuddin chalid kota makassar. Window of Public Health, 3(4), 2893–2902.

Jubaidi, J. (2018). Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Air Minum Pada

Kabupaten Jombang Jawa Timur. 3, 383–394.

Kabupaten Lampung Selatan (Jiwa), 2019-2021. BPS.Go.Id.

Kemenkes RI. (2021). Data Dan Informasi Dampak Perubahan Iklim Sektor Kesehatan Berbasis Bukti Di Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 7(1), 104–116.

Kementrian Kesehatan RI. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Operasional Penggunaan Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Kesehatan Tahun Anggaran 2021. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 1–114.

Kepmenkes RI. (2003). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesin

LABKESDA Lamsel. (2024). Profil Labkesda Kabupaten Lampung Selatan.

Labkesda.Lampungselatankab.Go.Id.

Lago, A. Y. A. (2021). Optimalisasi Kepatuhan Petugas Keperawatan Terkait Pengisian Identitas Pasien Pada Lembar Permintaan Pemeriksan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara.

Lilis, C. (2019). Kualitas Pelayanan Penyediaan Air Bersih Di Perusahaan Daerah Air Minum Polewali Mandar. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Maila, I. El. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jalan Geriatric Ditinjau Dari Mutu Pelayana, Persepsi Dan Respon (Pertama (ed.); Tim Strada). Srada Press. 1

Merangin. (2018). Kepuasan Masyarakat Peserta BJPS Kesehatan Terhadap

Niah, N. S. (2019). Manajemen Pelaksanaan Pelayanan Puskesmas Di

Notoatmojo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan (Ke-2). Pt. Rineka Cipta. Permenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014.

PelayananDi UPTD Puskesmas Tegal Selatan. Galang Tanjung, 2504, 1–9.

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia.

Permenkes RI. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor

Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Nuha Medika.

Proposal Dan Laporan Penelitian (N. Indriyani (ed.)). UMM Press Malang.

Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development,

Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development,

Putri, R. (2020). Hubungan Kualitas Air (pH) dan Personal Hygiene dengan Keluhan Penyakit Kulit di Desa Sumberrahayu Kecamatan Moyudan kabupaten Sleman Yogyakarta. Eprints.Uad.Ac.Id, 00, 1–12.

Rajawali Press.

Safitri, N. A. (2020). korelasi antara karakteristik pasien dengan minat untuk memanfaatkan ulang pelayanan rawat jalan di laboratorium Rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Convention Center Di Kota Tegal, 938,

Sari, D. P. R. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Patient Safety Dengan Kepatuhan Penerapan Ssc (Surgical Safety Checklist) Di Kamar Operasi Rs Permata Bunda Malang. Jurnah Kesehatan Perawatan.

Septia Sari, R., Desnita Tasri, Y., & Shakila, R. (2021). Sosialisasi Manajemen Klinis untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi Profesional Perekam Medis. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 147–158.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo

Suparyanto. (2017). Pelayanan Kesehatan (Health Service). https://dr- suparyanto.blogspot.com/2011/02/pelayanan-kesehatan-health-service.html

Tentang Laboratorium Kesehatan. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Peran Dinas Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air Di Kota Metro. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27.

Widiyastuty, F., Suryawati, C., & Arso, S. P. (2023). Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas oleh Masyarakat di Daerah Perbatasan Kecamatan Entikong. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(1), 64–78.

wiwitan, D. (2020). Sistem Pelayanan Kesehatan. Chem. Lerr., 12(July), 321–324.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v5i6.17211

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler