Peningkatan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UMKM di BUMDes Amarta, Pandowoharjo, Sleman

Alfriadi Dwi Atmoko, Ainul Yaqin

Sari


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pemahaman manajemen keuangan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) yang berjualan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amarta, Pandowoharjo Kabupaten Sleman dengan memanfaatkan teknologi secara sederhana guna mengetahui jenis pengeluaran secara pribadi maupun secara bisnisnya. Permasalahan mitra saat ini adalah mitra tidak pernah membuat laporan keuangan sehingga laba-rugi bisnis mereka tidak nampak dan tidak tahu asal usulnya. Permasalahan lain adalah mitra tidak bisa mengidentifikasi pengeluaran-pengeluaran yang berhubungan dengan bisnis mereka. Permasalahan lain adalah para pelaku UMKM tidak dapat membuat perencanaan alokasi anggaran yang baik untuk bisnis mereka. Atas permasalahan tersebut maka pengabdi memberikan pelatihan mengenai manajemen keuangan bagi pelaku UMKM agar dapat membuat laporan keuangan bisnis mereka dan membuat perencanaan strategis guna pembuatan keputusan di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melakukan pelatihan dengan menggunakan sarana power point untuk sosialisasinya dan microsoft exel untuk membuat perencanaan keuangan. Setelah proses tersebut dilakukan Focus Groub Discussion (FGD) dan tanya jawab. Metode yang digunakan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan manajemen keuangan dan analisis bagi para pelaku UMKM yang ada di BUMDes Amarta. Hasil pengabdian ini adalah para pelaku UMKM di BUMDes Amarta dapat membuat laporan periode menganai pendapatan dan beban usaha meraka dan mampu merencanakan hasil penjualan dan beban yang dijadikan analisis dalam penentuan harga jual dan laba yang diinginkan oleh mereka. Para peserta juga sudah mampu dan disiplin dalam membuat catatan periode pada transaksi usaha mereka. Saran yang diajukan dalam pengandian ini adalah para peseta harus selalu aktif dalam mencatat transaksi pada usaha mereka agar tingkat kesehatan usaha mereka dapat diketahui.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Santi, S. K., & Wulandari, T. (2018). Peran Modal Sosial dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Jurnal Social Studies, 7(2), 145-157

Suastika, I. N. (2017). Village Enterprises (a Case Study of Rural Enterprise-Based Social Capital At the Purwakerti Village Community). South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 12(4), 26–29.




DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v3i1.8317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung