PSIKOEDUKASI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI DI POSYANU MEKAR KELURAHAN PIDADA KECAMATAN PANJANG

Asri Mutiara Putri, Dewi Lutfianawati, Diah Ayu Nurjanah, Intan Rahmawati, Julianita Julianita

Sari


ABSTRAK 

Perkembangan Motorik merupakan kemampuan gerak pada anak yang menggunakan otot kasar dan otot halus dan terkoordinaasi oleh susunan syaraf secara keseluruhan. Kemampuan motorik ini sangat dibutuhkan oleh anak untuk menjalani aktivitas kesehariannya dan menunjang anak menguasai keterampilan lain yang dibutuhkan selama masa perkembangannya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan edukasi atau pemahaman terkait pentingnya perkembangan motorik pada anak usia dini. Kegiatan dilaksanakan di di Posyandu Mekar, Kelurahan Pidada, Kecamatan Panjang. Kegiatan penyuluhan dilakukan di Posyandu Mekar GG. Rajawali, RT 06, Lingkungan 3, Kelurahan Pidada, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung dengan peserta atau subjek orangtua yang datang ke Posyandu tersebut. Kegiatan psikoedukasi dilakukan dengan media flyer untuk memudahkan orang tua memahami informasy yang diberikan. Berdasarkan hasil pretes dan post test, ditemukan peningkatkan pengetahuan orang tua terkait perkembangan motorik anak dimana sebelumnya pengetahuan orang tua sebagian besar berada dalam kategori cukup meningkat menjadi kategori baik. Kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat dilanjutkan dengan memperluas cakupan peserta di kecamatan lain di Bandar Lampung. Selain itu, psikoedukasi juga dapat ditambahkan terkait aspek perkembangan anak yang lain, selain perkembangan motorik.

 

Kata Kunci: Psikoedukasi, Perkembangan Motorik, Anak Usia Dini

 

ABSTRACT

Motor development is the ability to move in children using gross and smooth muscles and coordinated by the nervous system as a whole. These motor skills are needed by children to carry out their daily activities and support them to master other skills needed during their development. This community service activity is carried out to provide education or understanding to parents regarding the importance motor skill development in early childhood. This activity carried out inthe Mekar Posyandu, Pidada Village, Panjang District. The outreach activities were carried out at the Mekar GG Posyandu. Rajawali, RT 06, Neighborhood 3, Pidada Village, Panjang District, Bandar Lampung City with participants or parents who came to the Posyandu. Psychoeduaction activities carried out through flyer disributiron to make it easier for parents to understand the information provided. Based on the result of pre test and post test, it was found that there was an increase in parental knowledge related to children’s motor development, where previouslymost of the parents’ knowledge was in the moderate catogory, increasing to a good category. Community service activities like this can be continued by expanding the coverage of participants in other sub districts in Bandar Lampung. In addition, psychoeducation can also be added related to other aspects of child development, in addtion to motor development.

 

Keywords:psychoeducation, motor development, early childhood


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Kesehatan Departmen Kesehatan Keluarga. (2016). Pedoman pelaksaaan Stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang anak. Kementerian Kesehatan RI, 53–82.

Eva Kristiani. (2018). Berguna dari Clap hand games untuk mengoptimalkan aspek cognivite dalam pendidikan anak usia dini. Prodi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tembusai, 2(2), 162–169.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Hurlock, E. B. (1998). Psikologi Perkembangan: pendekatan sepanjangrentangkehidupan.Jakarta: Erlangga.

L.Puspita, M. Umar.Perkembangan motorik Kasar dan motorik halusditinjau dari pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan anakusia 4-5 tahun.Wellness and healthy Magazine.:2020

M.Amini, B.Sujiono, S. Aisyah.Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya:2010 atau https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdmfk/PAUD4202-M1.pdf

Saputra, R., & Yunus, M. K. (2017). Tingkat Pengetahuan Orang Tua TerhadapPerkembangan Motorik Kasar Pada Balita Di PAUD Kasih Ibubengkalis. 58.

Yenny.Gambaran Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun yang Bermain Games Gadget.Prosiding Temu Ilmiah X IkatanPsikologi Perkembangan Indonesia:2017




DOI: https://doi.org/10.33024/pkmakt.v2i2.7546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit : Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Malahayati, Bandar Lampung