PERAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISWA SEKOLAH DASAR DI PANTI ASUHAN AS- SALAM HAJIMENA KECAMATAN NATAR, LAMPUNG SELATAN

Mastuti Widianingsih, Rahma Febrilia Putri, Ripi Vania Adha Rinjani, Uut Astia Ningrum

Sari


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang tanaman obat melalui pengenalan Tanaman obat keluarga (Toga) sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan dilaksanakan di Panti Asuhan As-Salam, Hajimena, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, melibatkan 25 siswa kelas VI. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi melalui poster interaktif, diskusi, dan praktek langsung menanam serta merawat Toga. Sebelum kegiatan, dilakukan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan awal siswa, diikuti dengan post-test setelah kegiatan berlangsung. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa yang signifikan, dari rata-rata skor pre-test sebesar 88,8% menjadi 99% pada post-test. Materi yang diberikan mencakup manfaat dan cara penggunaan tanaman obat seperti jahe, kunyit, lidah buaya, dan binahong. Pendekatan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap penggunaan tanaman obat tradisional. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif dalam melestarikan kearifan lokal di tengah arus modernisasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pentingnya edukasi dini tentang tanaman obat sebagai bagian dari kesehatan mandiri dan pelestarian budaya. Program serupa direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan agar siswa dapat mengintegrasikan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariani, Lusiana, Miftahurrohmah, N. dan Winarti, W. 2020. Peningkatan Pengetahuan Tentang Tanaman Obat Keluarga Kepada Siswa Sekolah Dasar Melalui Konseling, Flash Card, Dan Berkebun Bersama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6 (1): 63. https://doi.org/10.22146/jpkm.52576.

Damastuti, Annisa, F., Aditama, D., Basofi, A., Nurindiyani, A.K., Mawaddah, S., Mufid, M.R., dan Chafid, M. 2022. Sosialisasi Game Edukasi TOGA Sebagai Media Pembelajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Di SDN 3 Made Lamongan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. 2 (4): 1293-98. https://doi.org/10.54082/jamsi.416.

Khairina, S.R., Azzahro, R.F., dan Shafiyyah, S. 2022. Anti-Bacterial Ointment With Binahong Leaf Ectract. Journal Beauty and Cosmetology (JBC). 3 (2): 13-16. https://doi.org/10.26740/jbc.v3n2.p13-16

Kinanti, H.G., Puspawati, I., dan Santoso, A.P.A. 2022. Effektivitas Penyuluhan dan Pelatihan Apoteker Kecil SDN 02 Wukirsawit, Jatiyoso, Karanganyar. Epmas : Edukasi dan Pengabdian Masyarakat. II (1): 001-010.

Mulyani, W. 2022. Penyuluhan Personal Hygiene Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit Anak-Anak Panti Asuhan Hikmah Rumbai Pekanbaru. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (06): 519-522.

Panggabean, Merina, Ichwan, M., Yulfi, H., and Yosi, A. 2020. Pemberdayaan Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memanfaatkan Lahan Sekolah Sebagai Sumber Tanaman Obat Keluarga. TALENTA Conference Series: Agriculturan & Natural Resource (ANR) 3 (2): 139-42. https://doi.org/10.32734/anr.v3i2.960.

Rahmawati, H., Hidayati, I. R., Titani, M., Yunita, S. L., dan Atmadani, R. N. 2022. Petunjuk Dan Paket Materi Praktikum Preskripsi.

Santi, F., Puspita, W. D., dan Sare, E. 2023. Edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Bagi Anak di Rw 3 Kelurahan Mulyorejo Kota Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara. 4 (1).

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., dan Setyansah, R. K. 2018. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 13 (1): 101-112.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v8i1.19187

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##