Analisis Determinan Perilaku Personal Hygiene Peserta Didik SMP Negeri 5 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang

Arnis Armang, Pratiwi Ramlan, Mardhatillah Mardhatillah

Sari


ABSTRACT

 

The impacts that often arise due to lack of personal hygiene include disorders in the human body such as cavities and toothaches due to caries, the appearance of lice in the hair, and problems with nails. In addition, the habit of not washing hands properly can lead to worm infections and diarrhea. Based on Indonesian statistical data in 2022, out of a total of 69.4 million adolescents in Indonesia, 63 million of them still have poor hygiene behavior, which reflects limited knowledge, inadequate facilities, and lack of social support. This study aims to examine the determinants of behavior and its relationship with personal hygiene among students of SMP Negeri 5 Panca Rijang. This research is expected to provide insight into the various factors that influence students' personal hygiene in an effort to maintain their personal health. The method used in this research is quantitative method, data collection techniques are questionnaires, literature study and observation, using a cross sectional study approach with chi-square test. The population in this study were all students of SMP Negeri 5 Panca Rijang, namely 98 people with sample collection, namely total sampling technique. The results revealed that there was no significant relationship between the level of knowledge and personal hygiene behavior of students, as indicated by a p-value of 0.517. This value is higher than the significance limit (p < 0.05), thus indicating that adequate knowledge is not always followed by good personal hygiene behavior in learners. In contrast, analysis of facility availability showed a significant relationship with students' personal hygiene behavior, with a p-value of 0.005 which is lower than the significance limit (p < 0.05). This indicates that the availability of adequate facilities plays an important role in improving personal hygiene behavior. In addition, there is also a significant relationship between social support and students' personal hygiene behavior, with a p-value of 0.016 which is also smaller than the significance limit (p < 0.05), which indicates that sufficient social support can encourage increased personal hygiene behavior in students.

 

Keywords: Social Support, Facility Availability, Knowledge, Personal Hygiene.

 

 

ABSTRAK

 

Dampak yang sering timbul akibat kurangnya kebersihan diri meliputi gangguan pada tubuh manusia seperti gigi berlubang dan sakit gigi akibat karies, munculnya kutu di rambut, serta masalah pada kuku. Selain itu, kebiasaan tidak mencuci tangan dengan benar dapat menyebabkan infeksi cacingan dan diare. Berdasarkan data statistik Indonesia tahun 2022, dari total 69,4 juta remaja di Indonesia, sebanyak 63 juta di antaranya masih memiliki perilaku kebersihan yang kurang baik, yang mencerminkan adanya keterbatasan pengetahuan, fasilitas yang belum memadai, serta kurangnya dukungan sosial. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji faktor-faktor penentu perilaku serta hubungannya dengan personal hygiene di kalangan siswa SMP Negeri 5 Panca Rijang. Penelitian ini diharapkan memberikan dampak berupa wawasan mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi personal hygiene peserta didik dalam upaya untuk menjaga kesehatan pribadi mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, studi pustaka dan observasi, menggunakan pendekatan cross sectional study dengan uji chi-square. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 5 Panca Rijang yaitu 98 orang dengan pengumpulan sampel yaitu teknik total samplingHasil penelitian mengungkapkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku personal hygiene peserta didik, yang ditunjukkan oleh nilai p-value sebesar 0,517. Nilai ini lebih tinggi dari batas signifikansi (p < 0,05), sehingga menunjukkan bahwa pengetahuan yang memadai tidak selalu diikuti oleh perilaku personal hygiene yang baik pada peserta didik. Sebaliknya, analisis terhadap ketersediaan fasilitas menunjukkan adanya hubungan signifikan dengan perilaku personal hygiene peserta didik, dengan nilai p-value sebesar 0,005 yang lebih rendah dari batas signifikansi (p < 0,05). Hal ini menandakan bahwa ketersediaan fasilitas yang memadai berperan penting dalam meningkatkan perilaku personal hygiene. Selain itu, terdapat pula hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan perilaku personal hygiene peserta didik, dengan nilai p-value 0,016 yang juga lebih kecil dari batas signifikansi (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa dukungan sosial yang cukup dapat mendorong peningkatan perilaku personal hygiene pada peserta didik.

 

Kata Kunci: Dukungan Sosial, Ketersediaan Fasilitas, Pengetahuan, Personal Hygiene


Kata Kunci


Dukungan Sosial; Ketersediaan Fasilitas; Pengetahuan; Personal Hygiene

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ananda Muhamad Tri Utama. (2022). Pengaruh Pemberian Edukasi Dengan Media Audiovisual Tentang Personal Hygiene Terhadap Pengetahuan Masyarakat Pasca Bencana Banjir Di Dusun Uroeng Bak U Desa Blang Perlak Kabupaten Bireuen. 9(4), 356–363.

Citra, K. (2021). Kondisi Fasilitas Wash Di Sekolah Indonesia Saat Ini: Mencuci Tangan Untuk Membuka Kembali Sekolah Dengan Aman Untuk Semua.

D Sitanggang, H., Linnobi, W., & Martias, I. (2021). Personal Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Suku Laut Duano Di Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan Terpadu, 1(1), 13–19. Https://Doi.Org/10.53579/Jitkt.V1i1.6

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan ; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.

Dinkes Sidrap. (2023). Profil Kesehatan Kabupaten Sidenreng Rappang 2023. 1–23.

Finantika , Amalia Ade & Diniyah, K. (2023). Gambaran Pengetahuan Personal Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Di Sman 1 Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul.

Hamidi, A. L., & Marpuah, S. (2024). Development Of The Clean And Healthy Living Behavior Improvement Model (Phbs) With A Teori Lawrence Green Approach To Santri In Islamic Boarding Schools. Advances In Humanities And …, 5(1), 1–9. Https://Publisher.Uthm.Edu.My/Periodicals/Index.Php/Ahcs/Article/View/14880

Hidayanti, F., & Suwandi, Febrian Rahmat. (2022). Determinan Perilaku Personal Hygiene Pada Penjamah Makanan Di Rumah Makan. 3, 472–477.

Irawatie, A., & Riyantini, R. (2023). Edukasi Personal Hygiene Dan Gizi Seimbang Sebagai Implementasi Revitalisasi Uks Bagi Murid Sekolah Dasar. 7(3), 129–147.

Latifah, S. I. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Pengetahuan Dan Kesehatan Fisik Dengan Personal Hygiene Pada Lansia. Riset Media Keperawatan, 4(1), 17–23. Http://Ojs.Stikessaptabakti.Ac.Id/Index.Php/Jrmk/Article/Download/251/187

Murti Et Al. (2024). Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Personal Hygiene Siswa Sdn 19 Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Tahun 2022. Jurnal Riset Kesehatan Masyarakat, 4(2), 48–54. Https://Doi.Org/10.14710/Jrkm.2024.22137

Pandowo, & Kurniasari. (2019). Pemahaman Personal Hygiene Melalui Pendidikan Kesehatan Pada Penghuni Lapas Perempuan Klas Ii B Yogyakarta. Journal Of Community Empowerment, 1(1), 18–23.

Pertiwi, W. E., & Karmila, K. (2020). Determinan Personal Hygiene Pada Siswa-Siswi Asrama. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(04), 239–247. Https://Doi.Org/10.33221/Jikm.V9i04.733

Rahmadani, Y. & Dwiseli, F. (2023). Penyuluhan Personal Hygiene Pada Petani Rumput Laut Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pengabdian Mandiri, 2(3), 310–324. Https://Bnr.Bg/Post/101787017/Bsp-Za-Balgaria-E-Pod-Nomer-1-V-Buletinata-Za-Vota-Gerb-S-Nomer-2-Pp-Db-S-Nomer-12

Rahmi, A., & Hamdanesti, R. (2023). Determinan Tindakan Personal Higiene Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Lapai. Ilnu Kesehatan, 21–30.

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. Https://Doi.Org/10.52626/Jg.V4i1.96

Salsabila, B., & Ramadan, Z. H. (2023). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sdn 177 Pekanbaru. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(3), 1171–1181. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i3.1581

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Sma Kelas X. Philanthropy: Journal Of Psychology, 5(1), 59. Https://Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V5i1.3270

Serviens, V. L. (2020). Tinjauan Umum Fasilitas. 18–61.

Sibua, N. F., Arman, & Nurul Ulfah Mutthalib. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Personal Hygiene Organ Reproduksi Eksterna Remaja Putri Di Smp Negeri 30 Makassar. Window Of Public Health Journal, 4(1), 36–47. Https://Doi.Org/10.33096/Woph.V4i1.499

Sonia, Heryanto, E., Oktavia, L., & Yustati, E. (2024). Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Kulit Di Uptd Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Oku. Indonesian Journal Of Health And Medical, 2(1), 39–42. Https://Ijohm.Rcipublisher.Org/Index.Php/Ijohm/Article/View/240/202

Sulaiman, Z., Ramlan, P., Said, S., & Dkk. (2024). Desain Pendidikan Phbs (Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat) Di Sekolah. In Eureka Media Aksara.

Syatriani, S., Nurleli, Hardiyanti, T., & Akhsan, M. N. (2024). Gambaran Sanitasi Kantin Dan Status Gizi Murid Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Cendana Putih. Jurnal Promotif Preventif, 7(2), 250–259. Http://Journal.Unpacti.Ac.Id/Index.Php/Jpp

Syelina, A., & Sihura, S. S. G. (2024). Hubungan Pengetahuan , Dukungan Keluarga Dan Promosi Kesehatan Dengan Personal Hygiene Saat Menarche Pada Siswi Sdn Pabuaran 01 Cibinong Tahun 2023. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 587–597.

Triasmari, U., Nugraha Kusuma, A., Studi, P., Masyarakat, K., Stikes, F., & Serang, I. (2019). Determinan Personal Hygiene Pada Anak Usi 9-12 Tahun. Faletehan Health Journal, 6(1), 37–44. Www.Journal.Lppm-Stikesfa.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Fhj

Wana, R. N. A., & Azizah, N. (2025). Hubungan Pengetahuan Personal Hygiene Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Remaja Smpn 1 Deli Tua The Relationship Between Personal Hygiene Knowledge And Personal Hygiene Behavior During Menstruation Of Smpn 1 Deli Tua Adolescents During Menst. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, 24(1), 60–67.

Widya, E., & Kasni, A. (2024). Analisis Faktor Determinan Perilaku Konsumsi Tablet Tambah Darah Pada Siswi Di Smpn 4 Kota Payakumbuh. 9(3), 126–141.

Wikipedia. (2024). Perilaku Kesehatan. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Perilaku_Kesehatan

Winoto, P. M. P., Hatmanti, N. M., Setiawan, A. H., & Rofik, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Guru Dan Tenaga Kependidikan Sebagai Upaya Penguatan Program Uks. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 18–33. Https://Doi.Org/10.31943/Abdi.V6i1.129

Wulandari, W., Rahayu, A. S., & Sari, A. A. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Pedagang Makanan Jajanan Di Pasar Tradisional Surakarta. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(3), 16467–16474. Https://Doi.Org/10.31004/Prepotif.V7i3.20681

Yusnita, R., & Irpansyan, N. (2021). Efektifitas Health Education Terhadap Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Pada Siswa. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health And Science Community, 5(2), 270–277. Https://Doi.Org/10.35971/Gojhes.V5i2.10030

Zulkifli, Arman, Andi Nurlinda, Nur Ulmy Mahmud, & Hasriwiani Habo Abbas. (2024). Gambaran Kecacingan Pada Siswa Kelas Iii Dan Iv Sekolah Dasar Negeri Mannuruki. Window Of Public Health Journal, 5(1), 117–124. Https://Doi.Org/10.33096/Woph.V5i1.575




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i8.21574

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License