Kualitas Pelayanan Kesehatan Berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas di Kota Banjarmasin

Noor Amaliah, Dessy Hadrianti, Hendry Irawan

Sari


ABSTRACT

 

The quality of health services will influence the level of patient satisfaction. This will also have an influence or impact on health facilities such as community health centers. Based on data from WHO in 2020, it is estimated that between 5.7 and 8.4 million people die every year in low and middle income countries due to low quality health services. The aim of this research is to determine the relationship between the quality of health services and the level of satisfaction of outpatients in the Di Kota Banjarmasin Community Health Center working area in 2024. This research is quantitative with a cross sectional research design. The population of this study was the number of outpatients seeking treatment in January 2024, 2,172 people. The sample was 96 respondents using the Accidental Sampling sampling technique. The instrument used was a questionnaire sheet on the quality of health services and the level of satisfaction which was tested using Spearman rank. The p value was 0.001 < α value 0.05 and it could be concluded that he Quality of Health Services has an effect on the Level of Satisfaction of Outpatients in the Work Area of the Banjarmasin City Health Center. in 2024. , it is hoped that it can provide input or information for the Community Health Center to improve the quality of health services and increase patient satisfaction.

 

Keywords: Quality of Heakth Services, Helth Center, Satisfacion Level

 

 

ABSTRAK

 

Kualitas pelayanan kesehatan akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Hal itu juga akan memberikan pengaruh atau dampak bagi fasilitas kesehatan seperti puskesmas. Berdasarkan data dari WHO pada tahun 2020, diperkirakan antara 5,7 hingga 8,4 juta jiwa meninggal setiap tahunnya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah karena rendahnya kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Wilayah Kerja Puskesmas Di Kota Banjarmasin tahun 2024. Penelitian berjenis kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini adalah jumlah pasien rawat jalan yang berobat pada bulan Januari 2024 sebanyak 2.172 orang. Sampel sebanyak 96 respondendengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner kualitas pelayanan kesehatan dan tingkat kepuasan yang diuji dengan Spearman rank didapatkan nilai p value 0,001 < nilai α 0,05 dan dapat disimpulkan  Kualitas  Pelayanan Kesehatan berpengaruh terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Banjarmasin tahun 2024, diharapkan dapat menjadi bahan masukan atau informasi bagi pihak Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan meningkatkan kepuasan pasien.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Tingkat Kepuasan


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Tingkat Kepuasan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ahmad, H., Antoni, A., Napitupulu, M., & Permayasa, N. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Indonesian Health Scientifie Journal, 6(2), 195–204.

Amos, J., Rahmawati, Kartika, M. N. D., Wahyurianto, Y., Aji, S. P., Suprapto, Maisyarah, Mahaza, & Pinandari, A. W. (2022). Administrasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Get Press (Asmalinda (ed.); Cetakan Pe). PT.Global Eksekutif Teknologi.

Amaliah, N., Patmisari, B., & Aripin, Z. (2024). Pengetahuan Dan Masa Kinerja Berhubungan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Rsud Di Banjarmasin. Jurnal Kesehatan Sriwijaya, 11.

Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504. https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246

Azzahrah, S. F., & Yamini, E. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pasien RSUD Labuang Baji,Kota Makassar, Sulawesi Selatan). Jurnal Bisnis Manajemen, 1(2), 425–434.

Efridayanti, T. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Diwilayah Kerja Puskesmas Aek Batu. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Journal homepage: http://jrmb. ejournal-feuniat. net/index. php/JRMB, 37, 44.

Hariyako, Y., Yanuarius, D., & Susisantoro, A. (2021). Efektivitas pelayanan kesehatan masyarakat oleh puskesmas di kabupaten manggarai. 17(2), 169–178.

Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). LEGISLATIF, 3(2), 385–398.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Lampus, V, S, C., Umboh, A., & Manampiring, E, A. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUPProf. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 150–160.

Maarif, I., Haeruddin, & Sumiati. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal Of Muslim Community Health (JMCH), 4(2), 79–88.

Mahfudhoh, & Muslimin, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum DaerahKota Cilegon. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesehatan, 8(1), 39–46.

Meilinawati, R., & Fatmawati, S. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Cawas II. Jurnal Psikologi, 19(2), 1–8.

Najib, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 35. https://doi.org/10.26798/manise.v1i1.666

Noviyanti. (2019). Faktor Pelayanan Yang Profesional Terhadap Kepuasan Pasien. Pasuruan Jawa Timur : CV. Penerbit Qiara Media.

Panggabean, N. T., & Marpaung, P. A. (2019). Gambaran Aplikasi Pengingat Pasien Tb Paru Berbasis Sms Gateway Di Puskesmas Glugur Darat. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 4(2), 655–660. https://doi.org/10.52943/jipiki.v4i2.89

Rahma Neville Sani, A., Millati, R., Keperawatan Dan Ilmu Kesehatan, F., & Artikel Abstrak, I. (2024). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Gawat Darurat (Igd). Journal Of Emergency Nursing Care, 1(1), 2024.

Saiful, & Lexy, K. (2023). Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Tentang Sarana Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Jurnal Ilmiah Kesmas IJ (Indonesia Jaya), 23(2), 84–91.

Santi, N. A., Aramico, B., & Hasnur, H. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2300–2306. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/17085

Saragih, D. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Poliklinik Rawat Jalan HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Daerah Djasamen Saragih Tahun 2023. Antigen : Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Ilmu Gizi, 1(3), 01–07.

Sihaloho, F. M. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.

Sholeh, M. I. (2023). Pengakuan dan reward dalam manajemen sdm untuk meningkatkan motivasi guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212-234.

Suciati, G., & Zaman, C. (2023). Analisis Kepuasam Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohammad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 11(1), 102. https://doi.org/10.31596/jkm.v11i1.1444

Suriani, R. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan “Keandalan” dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di IRNA Ambun Pagi RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 3(1).

Wenderi, M. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Haruai Kabupaten Tabalong Tahun 2022. universitas muhammadiyah banjarmasin.

Yuniasih, I., Nelfianti, F., & Ruswandi, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mangunjaya Kabupaten Bekasi. Mabiska Jurnal, 5(1), 69–79. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/11165

Zulailiah, Y., Hadrianti, D., & Saherna, J. (2022). Stres Pada Pasien Gagal Ginjal Yang Menjalani Hemodialisa di Rsud Ulin Banjarmasin. Jikes: Jurnal Ilmu Kesehatan, 40–46.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i8.21408

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License