Pengaruh Karakteristik Siswa terhadap Pengetahuan tentang PHBS Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar
Sari
ABSTRACT
School children's health is an effort that needs to be accustomed to in the learning process, so that children have an awareness of healthy behavior habits. This awareness must be instilled in all children, so that they can apply healthy behavior at school or in everyday life. Several studies have stated that health disorders in school-age children are susceptible to health problems caused by environmental factors and poor lifestyles. Based on the results of the initial survey, it was found that students often buy snacks around the school, brush their teeth only once a day, and students often suffer from diarrhea. This is possible because the implementation of clean and healthy living behaviors in schools is still low. One factor in the low implementation of clean and healthy living behaviors is knowledge. The purpose of this study was to determine the effect of characteristics on students' knowledge about the implementation of clean and healthy living behaviors. The characteristics of the students studied were class level, gender and age. While the variables are student characteristics, namely class level, gender and age as independent variables while knowledge is the dependent variable. The research design developed was quantitative analytic. The population of this study was all students from grades I to VI of SDN 1 Sukamentri. The results of the study showed that class level with student knowledge p value 0.001 and OR value 4.375. gender with student knowledge p value 0.32 and OR value 0.85. Age with student knowledge p value 0.001 and OR value 5.327. Conclusion; there is an influence between class level and student knowledge. There is no influence between gender and student knowledge and there is an influence between age and student knowledge.
Keywords: Knowledge, Clean and healthy living behavior, Elementary School Students
ABSTRAK
Kesehatan anak sekolah merupakan upaya yang perlu dibiasakan dalam proses pembelajaran, sehingga anak memiliki kesadaran terhadap kebiasaan berperilaku sehat. Kesadaran tersebut harus tertanam pada semua anak, agar dapat menerapkan perilaku sehat di sekolah ataupun pada kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian menyebutkan gangguan kesehatan pada anak usia sekolah rentan timbulnya masalah kesehatan yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan pola hidup kurang baik. Berdasarkan hasil survey awal, ditemukan bahwa siswa sering jajan di sekitar sekolah, menggosok gigi hanya satu kali dalam sehari, dan siswa sering menderita penyakit diare. Hal ini dimungkinkan masih rendahnya pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah. Salah satu faktor rendahnya pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat adalah pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik dengan pengetahuan siswa tentang pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat. Karakteristik siswa yang diteliti adalah tingkatan kelas, jenis kelamin dan usia. Sedangkan variabelnya adalah karakteristik siswa yaitu tingkatan kelas, jenis kelamin dan usia sebagai variabel independen sedangkan pengetahuan sebagai variabel dependen. Rancangan penelitian yang dikembangkan adalah analitik kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I sampai dengan kelas VI SDN 1 Sukamentri. Hasil penelitian menunjukan tingkatan kelas dengan pengetahuan siswa p value 0,001 dan nilai OR 4,375. jenis kelamin dengan pengetahuan siswa p value 0,32 dan nilai OR 0,85. Usia dengan pengetahuan siswa p value 0,001 dan nilai OR 5,327. Kesimpulan ; adanya pengaruh antara tingkatan kelas dengan pengetahuan siswa. Tidak ada pengaruh antara jenis kelamin dengan pengetahuan siswa dan ada pengaruh antara usia dengan pengetahuan siswa.
Kata Kunci: Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aini, Siti Qurratul, and Faizin Syamwil. 2020. “Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah.” MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management 2(2): 149–56.
Amalia, Nastiti. 2017. “Penggunaan Benda Tiruan Pada Modifikasi Tempat Sampah Terhadap Perilaku Siswa Buang Sampah Pada Tempatnya Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Triharjo Pandak Bantul.”
Aminah, Siti, Yayah Huliatunisa, and Ina Magdalena. 2021. “Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar.” jurnal JKFT 6(1): 18–28.
Anisa, Diah Nur, and Ery Khusnal. 2012. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia Sekolah Di SD 2 Jambidan Banguntapan Bantul.”
Aqida, Ainia Nurul. “Pengaruh Pelatihan Siswa Pemantauan Jentik Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Ketrampilannya Di Sekolah Dasar Kecamatan Pamulang Tahun 2017.”
Ar-Rasily, Oktarisa, and Puspita Dewi. 2016. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Orang Tua Mengenai Kelainan Genetik Penyebab Disabilitas Intelektual Di Kota Semarang.” Jurnal Kedokteran Diponegoro 5(4): 1422–33.
Arikunto, Suharsimi. 2013. “Metodologi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.” Rineka Cipta, Jakarta.
Atikah, Proverawati. 2012. “Rahmawati Eni.” Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nuha Medika, Yogyakarta Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Carolina, Putria, Meilitha Carolina, and Rizki Muji Lestari. 2016. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sumber Informasi Dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Keluarga Di Wilayah Kerja Pustu Pahandut Seberang Kota Palangka Raya Tahun 2016.” EnviroScienteae 12(3): 330.
Darsini, Darsini, Fahrurrozi Fahrurrozi, and Eko Agus Cahyono. 2019. “Pengetahuan; Artikel Review.” Jurnal Keperawatan 12(1): 13.
Desiyanto, Fajar Ardi, and Sitti Nur Djannah. 2013. “Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman.” Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health) 7(2): 75–82.
Fitriani, Neng Lia, and Septian Andriyani. 2015. “Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Sikap Anak Usia Sekolah Akhir (10-12 Tahun) Tentang Makanan Jajanan Di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat Tahun 2015.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 1(1): 7–26.
Gustina, Erni, Fakhri Abdussalam, and Wawan Saputra. 2018. “Peningkatan Perilaku Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui PHBS Di Desa Gondanglegi Dan Pucangan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.” Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 59–64.
IKE, WULANDARI. 2019. “Hubungan Antara Sanitasi Dasar Rumah Dan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Balerejo Kabupaten Madiun.”
Inayah, Rofidatul, A Arfajah, and Latifa Aini. 2018. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember.” The Indonesian Journal of Health Science: 137–40.
Ispriantari, Aloysia. 2017. “Pengaruh Metode Course Review Horay Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Sekolah.” Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti 5(1): 1–5.
Kanro, Rahmat, Yasnani Yasnani, and Syawal Saptaputra. 2017. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah Dasar Negeri 08 Moramo Utara Desa Wawatu Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2(6).
Kemenkes, R I. 2011. “Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS).” Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Lestari, Suci Novi, Elis Hartati, and Mamat Supriyono. 2016. “Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Sekolah Pada Siswa SD Kembangarum 02 Semarang Barat.” Karya Ilmiah.
Lina, Henico Putri. 2016. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa Di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang.” Jurnal Promkes 4(1): 92–103.
Maryunani, Anik. 2013. “Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS).”
Maula, Fafika Hikmatul. 2020. “Model Pendidikan Karakter Qur’ani Di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 174–89.
Prativi, Gilang Okta. 2013. “Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani.” Journal of Sport Sciences and Fitness 2(3).
Purnomo, Rafri Aditya, Endang Zulaicha Susilaningsih, S Kp, and M Kep. 2016. “Perilaku Mencuci Tangan Dan Kejadian Diare Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Desa Kalikotes Klaten.”
Puspitawati, Yuli et al. 2022. “Promosi Kesehatan Gigi Menggunakan Media Fliphchart Terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar: Dental Health Promotion Using Fliphchart Media On Knowledge Of Elementary School Student.” JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy 3(1): 21–25.
Rahmy, Hafifatul Auliya, Nurul Prativa, Rahmania Andrianus, and Mesa Putri Shalma. 2020. “Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.” Buletin Ilmiah Nagari Membangun 3(2).
Sari, Desi Ranita, and Amelia Zainur Rasyidah. 2019. “Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 3(1): 45–57.
Sucipto, Adi et al. 2023. “Skrining Pada Masyarakat Komorbid Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Melalui Kegiatan Posbindu.” Tepis Wiring: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1): 12–19.
Sulastri, Ketut, I Nyoman Purna, and I Nyoman Gede Suyasa. 2014a. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur Ii.” Journal of Environmental Health 4: 99–106.
———. 2014b. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Anak Sekolah Tentang Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Puskesmas Selemadeg Timur II.” Journal of Environmental Health.
Suryani, Linda. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa/I Sekolah Dasar Negeri 37 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.” STIKes Payung Negeri Pekanbaru.
Susanto, Ahmad. 2013. “Teori.” Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i8.20785
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License