Pengaruh Permainan Terapeutik Menggambar terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di Ruang Anak RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo
Sari
Hospitalisasi seringkali menciptakan peristiwa traumatik dan penuh stress dalam iklim ketidakpastian bagi anak dan keluarga, baik itu prosedur efektif yang telah direncanakan sebelumnya ataupun keadaan darurat yang terjadi akibat trauma. Untuk mencegah terjadinya dampak hospitalisasi maka perlu diberikan penanganan dampak hospitalisasi, salah satu caranya adalah dengan permainan terapeutik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainan terapeutik menggambar terhadap penurunan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia pra sekolah di RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One group pre-test and post-test design yang memberikan perlakuan atau intervensi pada subyek penelitian kemudian efek perlakuan tersebut diukur dan dianalisis. Pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 15 sampel. Hasil analisis rata-rata frekuensi tingkat kecemasan anak sebelum diberikan permainan menggambar adalah 36,40 dengan standar deviasi 1,965 dan rata-rata frekuensi batuk anak sesudah diberikan madu adalah 28,00 dengan standar deviasi 2,162 serta p-value 0,000 yang artinya ada pengaruh permainan terapeutik menggambar terhadap penurunan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di ruang anak RSIA Sitti Khadijah Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Anak, Kecemasan, Menggambar
ABSTRACT
Hospitalization often creates a traumatic and stressful event a climate of uncertainty for children and families, whetever it is a pre-planned effective procedure or an emergency situation that occurs due to trauma. To prevent the impact of hospitalization, it is necessary to provide treatment for the impact to hospitalization, one way is trough therapeutic play. This study is a quantitative research using a One group pre-test and post-test design design that provides treatment or intervention to the research subject and then the effect of the treatment is measured and analyzed. This sampling uses purposive sampling with a total of 15 samples. The results of the analysis of the average frequency of children's cough before being given drawing game was 36,40 with a standard deviation of 1,965 and the average frequency of children's cough after being given honey was 28,00 with a standard deviation of 2,162, and a p-value of 0.000 which means that there is an influence of therapeutic drawing games on reducing anxiety due to hospitalization in preschool children in the children's ward of the Sitti Khadijah Hospital for Women and Children, Gorontalo City.
Keywords: Children, Anxiety, Draw
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
A. Pulungan, Z. S., Purnomo, E., & Purwanti A., A. (2017). Hospitalisasi Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Anak Toddler. Jurnal Kesehatan Manarang, 3(2), 58. https://doi.org/10.33490/jkm.v3i2.37
Bata, V. A., Kep, S., Wa, N., Erty, O., Anggraeni, N. F., Kep, S., & Kes, M. (n.d.). Buku Ajar Keperawatan Anak.
Damanik, S. M., & Sitorus, E. (2020). Buku Materi Pembelajaran Praktikum Keperawatan Anak. http://repository.uki.ac.id/2733/1/BukuMateriPembelajaranPraktikumKeperawatanAnak.pdf
Dr. Farida, M. M. P. (2020). Mengambar_Melalui_Ekspresi_Bebas-Anak_Usia_Dini.pdf. In Deepublish.
Edtik, L. (2022). Pengaruh Penerapan Family Centered Care Terhadap Kejadian Trauma Pemasangan Infuse Pada Anak. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(November), 1377–1386.
Ersyad Ithok, A., Nurhayati, S., & Immawati. (2022). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Gambar Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Application of Coloring Picture Play Therapy To Reduce an Anxiety Level in Preschool Age Children (3-5 Years). Jurnal Cendikia Muda, 2(2), 220–226.
Gerungan, N. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rsup. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 105–113. https://doi.org/10.35974/jsk.v6i2.2404
Ilmiah, J., & Kesehatan, I. (2018). 3 1,2,3. 8487(3), 239–252.
Jamilah. (2020). Penerapan Kegiatan Menggambar Untuk Mengembangkan Motorik Anak Di Ra Assyifa Medan Johor. Jurnal Ansiru PAI, 4, 69–77.
Kumbara, H., Metra, Y., & Ilham, Z. (2018). Analisis tingkat kecemasan. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(2), 28–35. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/12299/10616
Mulyanti, S., & Kusmana, T. (2020). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal BIMTAS: Jurnal Kebidanan Umtas, 2(1), 20–26. https://www.journal.umtas.ac.id/index.php/bimtas/article/view/333
Pujiyanto, T. I., & Basith, M. S. (2019). Hubungan Penerapan Metode Tim dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Ruang Nakula RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang. Jurnal Smart Keperawatan, 6(2), 134. https://doi.org/10.34310/jskp.v6i2.282
Purnamasari, A., Andas, A. M., Prima, A., & Harahap, D. (2022). Efektivitas Terapi Bermain Menggambar terhadap Kecemasan Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun di Ruang Perawatan Anak Rumah Sakit Umum Daerah Konawe. Jurnal Surya Medika, 8(1), 188–193. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i1.3466
Ramadhan, F., Jumari, & Yuliza, E. (2022). Terapi Bermain Menggambar Efektif Menurunkan Kecemasan Anak 3–6 Tahun Akibat Hospitalisasi. Journal of Nursing Education and Practice, 1(3), 73–79. https://doi.org/10.53801/jnep.v1i3.46
Reza, M., & Idris, M. (2018). Efektifitas Terapi Bermain (Mewarnai) Terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Ruang Melati Rsud Kota Bekasi. Afiat, 4(02), 583–592. https://doi.org/10.34005/afiat.v4i02.708
Safira, N., Irdawati, & Purnamadewi, S. (2023). Terapi Bermain Puzzle dalam Menurunkan Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (Semnaskep), 1, 1–9.
Tampubolon, L. F., Ginting, A., Natio, B. C., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Elisabeth, S. (2024). Pengaruh Terapi Menggambar Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2022. 4, 3468–3476.
Wahyuni, N. T., C, D. S., Hara, M. K., Puspitasari, F. A., Anitarini, F., Ludyanti, L. N., & Hunggumila, A. R. (n.d.). Buku Ajar.
Wowiling F. E. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Pada Tingkat Kecemasan dan Anak Usia Pra-Sekolah akibat Hospitalisasi di Ruangan Irina RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-Journal.Unsrat.Ac.Id, 2(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5164
Zellawati, A. (n.d.). Terapi bermain untuk mengatasi permasalahan pada anak. 164–175.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i8.19662
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License