Hubungkan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap
Sari
ABSTRACT
Therapeutic communication is communication that is consciously planned with the aim of providing healing for the patient. Lack of knowledge of nurses in implementing therapeutic communication, level of education, attitudes of nurses, and the environment can influence patient dissatisfaction when receiving the nursing care that will be provided. The relationship of mutual trust between nurses and patients that is formed through therapeutic communication is a tool that plays a very important role in improving the patient's healing process. The aim of this research was to determine the relationship between nurses' therapeutic communication and patient satisfaction at the Betha Medika Hospital. This type of research is quantitative, correlational with a cross-sectional design, the sampling technique uses an incidental sampling method with a sample size of 85 respondents. The data collection technique uses an analytical questionnaire using the Chi-square test. The research results showed that 74 (87.1%) nurses had carried out therapeutic communication, while 11 (12.9%) nurses had not carried out therapeutic communication. The Chi-Square test shows a p-value of 0.000 < 0.05, which means there is a relationship between nurses' therapeutic communication and patient satisfaction. The conclusion from this research is that there is a relationship between nurse therapeutic communication and patient satisfaction in inpatient care.
Keywords: Therapeutic Communication, Patient Satisfaction
ABSTRAK
Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar dengan tujuan untuk memberikan kesembuhan bagi pasien. Kurangnya pengetahuan perawat dalam menerapkan komunikasi terapeutik, tingkat pendidikan, sikap perawat, lingkungan dapat mempengaruhi ketidakpuasan pasien ketika menerima asuhan keperawatan yang akan diberikan. Hubungan saling percaya antara perawat dan pasien yang terbentuk melalui komunikasi terapeutik merupakan alat yang sangat berperan untuk meningkatkan proses penyembuhan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rawat inap Rs.Betha Medika. Jenis penelitian ini kuantitatif kolerasional dengan desain cross-sectional, Teknik pengambil sampel dengan metode acidental sampling dengan jumlah sampel 85 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner analisis yang digunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan perawat sudah melakukan komunikasi terapeutik sebanyak 74 (87.1%), sedangkan perawat yang tidak komunikasi terapeutik sebanyak 11 (12.9%). Uji Chi-Square menunjukkan nilai p-value 0,000 < 0,05 yangbearti menunjukan ada hubungan antara komunikasi terapeurik perawat dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rawat inap.
Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adi Santosa, Erma Gustina, & Syntia Rahutami. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`Arif Baturaja, 8(2), 175–188. Https://Doi.Org/10.52235/Cendekiamedika.V8i2.252
Basri, B. (2019). Hubungan Komunikasi Teraupetik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rsud Poso. Indonesian Journal Of Nursing Sciences And Practice, 92–100. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Ijnsp/Article/View/4276
Dora, M. S., Ayuni, D. Q., & Asmalinda, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 10(2), 101. Https://Doi.Org/10.35730/Jk.V10i2.402
Ghozali, I. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien: Literature Review Naskah Publikasi. Http://Digilib.Unisayogya.Ac.Id/6380/1/Naskah Publikasi_Ibnu Al Ghozali_1810201157 - Ibnu Al Ghozali.Pdf
Husaini, F. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (M. Fikri (Ed.); Cetakan Ke). Quadrant.
Librianty, N. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat. Jurnal Ners, 3(23), 103–111. Http://Journal.Stkiptam.Ac.Id/Index.Php/Ners
Marni. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Nosu Kabupaten Mamasa. In Skripsi.
Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan. Salemba Medika.
Saprianingsih, A. (2020). Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip. Stikes Borneo Cendekia Medika.
Sari, C., Ma’rufi, Chandra, F., Nurhikmah, & Zamli. (2024). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Mega Buana Palopo. 11(1), 119–127.
Soleman, N., & Cabu, R. (2021). Correlation Of Nurse Therapeutic Communications With Patient Satisfaction Levels In The Inpatient Room At Maba Hospital. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 48–54. Http://E-Jurnal.Lppmunhena.Ac.Id/Index.Php/Leleani
Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik (Edisi 2). Ecg.
Tri Utami, A. (2013). Pengaruh Kulaitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasen. Jkmp (Issn. 2338-445x), 1, 83–96.
Zuhroidah, I., Hidayati, W., Marliyana, M., Gowi, A., Ifadah, E., Novariani, N., Husniawati, N., Handayani, D., Fitri, F. E., Agustina, M., & Others. (2024). Buku Ajar Komunikasi Terapeutik Keperawatan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Laeceqaaqbaj
Adi Santosa, Erma Gustina, & Syntia Rahutami. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan. Cendekia Medika: Jurnal Stikes Al-Ma`Arif Baturaja, 8(2), 175–188. Https://Doi.Org/10.52235/Cendekiamedika.V8i2.252
Basri, B. (2019). Hubungan Komunikasi Teraupetik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rsud Poso. Indonesian Journal Of Nursing Sciences And Practice, 92–100. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Ijnsp/Article/View/4276
Dora, M. S., Ayuni, D. Q., & Asmalinda, Y. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Kesehatan, 10(2), 101. Https://Doi.Org/10.35730/Jk.V10i2.402
Ghozali, I. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien: Literature Review Naskah Publikasi. Http://Digilib.Unisayogya.Ac.Id/6380/1/Naskah Publikasi_Ibnu Al Ghozali_1810201157 - Ibnu Al Ghozali.Pdf
Husaini, F. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (M. Fikri (Ed.); Cetakan Ke). Quadrant.
Librianty, N. (2019). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat. Jurnal Ners, 3(23), 103–111. Http://Journal.Stkiptam.Ac.Id/Index.Php/Ners
Marni. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Nosu Kabupaten Mamasa. In Skripsi.
Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan. Salemba Medika.
Prasetyo Kusumo, M. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Jogja. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 72–81. Https://Doi.Org/10.18196/Jmmr.6130
Saprianingsih, A. (2020). Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Vip. Stikes Borneo Cendekia Medika.
Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik (Edisi 2). Ecg.
Tri Utami, A. (2013). Pengaruh Kulaitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasen. Jkmp (Issn. 2338-445x), 1, 83–96.
Zuhroidah, I., Hidayati, W., Marliyana, M., Gowi, A., Ifadah, E., Novariani, N., Husniawati, N., Handayani, D., Fitri, F. E., Agustina, M., & Others. (2024). Buku Ajar Komunikasi Terapeutik Keperawatan. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Laeceqaaqbaj
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i4.19033
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License