Pendampingan Mitra Usaha Laundry dalam Strategi Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial
Sari
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Kegiatan dilakukan melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan kepada mitra usaha Laundry Keluarga di Padang, Sumatera Barat, yang terdiri dari pemilik dan pekerja sebanyak tiga orang. Kegiatan Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra mencakup penggunaan platform seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business, serta optimalisasi Google Maps Business dalam promosi usaha. Rencana program pengabdian masyarakat ini dirancang dengan metode pendekatan partisipatif (participatory approach), di mana mitra dilibatkan secara aktif dalam setiap tahapan mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi hasil. Model pendampingan yang diterapkan berorientasi pada pengembangan kapasitas (capacity building). Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 56 menjadi 82 pada posttest, serta penurunan standar deviasi dari 24,72 menjadi 9,66, menandakan peningkatan yang merata di antara peserta. Selain itu, terjadi pergeseran kategori pengetahuan dari 50% peserta pada kategori rendah menjadi 75% peserta pada kategori tinggi pascapelatihan. Penerapan WhatsApp Business dan Google Maps Business juga berhasil meningkatkan keterampilan digital mitra dan memperluas jangkauan pasar, yang berdampak pada peningkatan penjualan melalui media sosial dari 5% menjadi 20% dari total penjualan bulanan. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas digital usaha mitra secara nyata dan aplikatif.
Kata Kunci: Promosi Usaha, Usaha Laundry, Pemasaran Digital, Media Sosial
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Dwiyatma, R., & Indrawijaya, S. (2024). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Bisnis Laundry Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(03), 830–844. Https://Doi.Org/10.22437/Jmk.V13i03.32175
Ferdian, M., Laila, R., & Muzdalifah, L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital Menggunakan Whatsapp Business Dan Go-Food Bagi Umkm. Journal Of Comprehensive Science (Jcs), 2(6).
Hamdi, K., Yadewani, D., & Wijaya, R. (2021). Media Sosial Instagram Dalam Mendukung Promosi Usaha Sebagai Sebuah Pilihan Atau Paksaan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 1(2), 73–77.
Hartono, R., & Yudianto, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Business Sebagai Media Promosi Usaha Mama Naura Shop Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 77–81.
Kotler, P., Molan, B., Sarwiji, B., & Lane, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Vol. 1). Indeks.
Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (Gmb) Dalam Promosi Pariwisata Di Kota Kupang Dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (Jukanti), 2(2), 8–15.
Mukti, A., & Raharjo, R. J. H. (2025). Penggunaan Digital Marketing Dalam Menjalankan Usaha Laundry Agios Living Oleh Pengurus Santri Dan Santriwati Di Pondok. Journal Of Human And Education (Jahe), 5(1), 873–879. Https://Doi.Org/10.31004/Jh.V5i1.2116
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Purwanto, A., Asbari, M., Novitasari, D., Cahyono, Y., Wardana, W., Suryani, P., Fahmi, K., Mustofa, A., Rochmad, I., & Wahyuni, I. S. (2021). Peningkatan Kualitas Produk Dengan Pelatihan Iso 9001: 2015 Sistem Manajemen Mutu Pada Industri Packaging Di Tangerang. Journal Of Community Service And Engagement, 1(02), 28–34.
Santi, I. H., & Erdani, B. (2021). Technology Acceptance Model (Tam). Penerbit Nem.
Simawartin, P., & Roza, T. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Strategi Pemasaran Dan Penjualan Produk Umkm. Ikraith-Ekonomika, 8(2), 314–327. Http://117.74.115.107/Index.Php/Jemasi/Article/View/537
Suryanto, & Cahaya, Y. F. (2022). Peningkatan Kinerja Ukm Laundry Melalui Marketing Mix. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 166–178.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i10.22311
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.