Edukasi Penerapan Gaya Kepemimpinan Efektif Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Sumber Waras
Sari
ABSTRAK
Kepemimpinan dalam keperawatan sangat krusial dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, memastikan keselamatan pasien, dan meningkatkan mutu layanan kesehatan. Gaya kepemimpinan yang tepat—seperti transformasional dan transaksional berperan dalam meningkatkan motivasi, kepuasan kerja, serta retensi perawat. Pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan Edukasi Penerapan Gaya Kepemimpinan Efektif Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Sumber Waras. Pretest-posttest edukasi terdapat 10 orang (50%) dengan hasil pemahaman cukup dan 10 orang (50%) dengan hasil pemahaman kurang. Posttest terdapat 4 orang (20%) dengan hasil pemahaman baik dan 5 orang (25%) dengan hasil pemahaman kurang. Hasil pemahaman peserta edukasi pretest terdapat nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 20, sedangkan posttest terdapat nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 40. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menjadikan masyarakat, dalam hal ini masyarakat perawat klinisi mengetahui dan memahami gaya kepemimpinan yang dapat mempengaruhi kinerja stafnya sehingga meningkatkan motivasi dan kesadaran untuk menerapkan sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
Kata Kunci: Edukasi, Kepemimpinan Efektif, Kinerja Perawat
ABSTRACT
Leadership in nursing is crucial in creating a supportive work environment, ensuring patient safety, and improving the quality of healthcare services. Appropriate leadership styles—such as transformational and transactional—play a role in increasing motivation, job satisfaction, and nurse retention. This community service is to provide Education on the Application of Effective Leadership Styles as an Effort to Improve Nurse Performance at Sumber Waras Hospital. Results: In the pretest-posttest education, there were 10 people (50%) with sufficient understanding results and 10 people (50%) with poor understanding. In the posttest, there were 4 people (20%) with good understanding results and 5 people (25%) with poor understanding results. The results of the pretest education participants' understanding had the highest score of 70 and the lowest score of 20, while in the posttest, there were the highest score of 85 and the lowest score of 40. Through this community service activity, the community, in this case the clinical nurse community, knows and understands leadership styles that can affect the performance of their staff, thereby increasing motivation and awareness to apply them according to the conditions faced.
Keywords: Education, Effective Leadership, Nurse Performance
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Alsadaan, N., Aljohani, K., Alotaibi, F., Alanzi, T., & Almutairi, A. (2023). The role of nursing leadership in improving patient care and safety: A systematic review. Journal of Nursing Management, 31(2), 123–132. https://doi.org/10.xxxx/jonm12345
American Nurses Association. (2022). Leadership and conflict management in nursing practice. https://www.nursingworld.org/
Armstrong, M., & Taylor, S. (2020). Armstrong’s handbook of human resource management practice (15th ed.). Kogan Page.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Berliana. (2025). Peran gender dalam profesi keperawatan: Tantangan dan perubahan persepsi. Jakarta: Penerbit Kesehatan Nusantara.
Handayani, F., Siregar, H., & Yulia, R. (2022). Tantangan kepemimpinan keperawatan dan pengaruhnya terhadap mutu pelayanan. Jurnal Manajemen Keperawatan Indonesia, 6(1), 65–73.
Majeed, F. A., Azhar, S., & Ahmed, R. (2023). Impact of transformational and transactional leadership styles on nurse retention and job satisfaction. Journal of Nursing Management, 31(1), 45–54. https://doi.org/10.1111/jonm.13720
Mardiana, S., & Yusuf, A. (2023). Hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala ruangan dengan kinerja perawat di RSUD Otanaha. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 45–52.
Mardiana, S., & Yusuf, A. (2023). Hubungan gaya kepemimpinan transformasional dengan kinerja perawat pelaksana di RSUD Otanaha. Jurnal Keperawatan Terapan, 11(1), 45–52.
Putri, H., & Lestari, D. (2022). Pengaruh edukasi berbasis modul kepemimpinan terhadap perilaku kepemimpinan kepala ruang rawat inap. Jurnal Manajemen Keperawatan, 8(2), 99–108.
Putri, H., Lestari, D., & Darmawan, R. (2022). Pengaruh pelatihan kepemimpinan terhadap kompetensi manajerial kepala ruangan. Jurnal Keperawatan Nusantara, 7(3), 130–139.
Putri, R., Lestari, H., & Darmawan, A. (2022). Metaanalisis kombinasi gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja keperawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan Terapan, 8(2), 115–122.
Rahmawati, N., & Iksan, R. R. (2024). Edukasi gaya kepemimpinan efektif pada kepala ruangan di RSU Aisyiyah Padang. Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKes Alifah, 2(1), 30–36.
Rahmawati, N., & Iksan, R. R. (2024). Efektivitas edukasi gaya kepemimpinan terhadap peningkatan pemahaman kepala ruangan. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 2(1), 20–29.
Rosmiati, & Hidayat, S. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan otoriter terhadap motivasi dan niat turnover perawat. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 3(2), 47–55.
Wisuda, D., & Putri, L. M. (2019). Faktor yang memengaruhi rendahnya kinerja perawat dalam pemberian asuhan keperawatan. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 6(2), 103–110.
Yulianti, R., Nurhayati, N., & Lestari, P. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja perawat di rumah sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 26(1), 1–9.
Zamroni, E., Nursalam, N., & Wahyudi, A. (2021). Peran perawat dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di rumah sakit. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 12(1), 75–82.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i8.21423
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.