Intervensi Unggulan Metode Peer Group Menggunakan Video Animasi Edukasi PHBS terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak di SDN 14 Telaga Biru

Dewi Modjo, Andi Akifa Sudirman, Novitasari Novitasari

Sari


ABSTRAK

 

Anak usia sekolah rawan akan masalah kesehatan sehingga dibutuhkan upaya yaitu dengan menerapkan PHBS di sekolah yang dapat diberikan melalui edukasi kesehatan menggunakan metode peer group, media kesehatan ini lebih menatik perhatian siswa dengan media video animasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengetahui intervensi unggulan metode peer group menggunakan video animasi edukasi PHBS terhadap pengetahuan anak di SDN 14 Telaga Biru. Desain penelitian pra-eksperimental dengan one group pre post test design, populasi siswa kelas V SDN 14 Telaga Biru sebanyak 18 siswa, jumlah sampel 18 orang dengan menggunakan teknik total sampling dan data dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pengetahuan sebelum diberikan intervensi unggulan metode peer group menggunakan video animasi edukasi PHBS adalah 3.67 dengan standar deviasi 0.907 dan sesudah diberikan intervensi unggulan metode peer group menggunakan video animasi edukasi PHBS adalah 12.06 dengan standar deviasi 2.667. Hasil uji statistik Wilcoxon didapatkan p-value 0.000 (<α 0.05). Disimpulkan ada pengaruh intervensi unggulan metode peer group menggunakan video animasi edukasi PHBS terhadap pengetahuan anak di SDN 14 Telaga Biru.

 

Kata Kunci: Peer Group, Pengetahuan, PHBS

 

 

ABSTRACT

 

School age children are prone to health problems so efforts are needed, namely implementing PHBS in schools which can be provided through health education using the peer group method. This health media attracts students' attention more with animated video media. The aim of the research is to find out the superior intervention of the peer group method using animated PHBS educational videos on children's knowledge at SDN 14 Telaga Biru. Pre-experimental research design with one group pre post test design, the population of class V students at SDN 14 Telaga Biru was 18 students, the sample size was 18 people using total sampling techniques and the data was analyzed using the Wilcoxon statistical test.The research results showed that the average knowledge before being given the superior intervention using the peer group method using animated PHBS educational videos was 3.67 with a standard deviation of 0.907 and after being given the superior intervention using the peer group method using animated PHBS educational videos was 12.06 with a standard deviation of 2.667. The results of the Wilcoxon statistical test obtained a p-value of 0.000 (<α 0.05). It was concluded that there was an influence of the superior intervention of the peer group method using animated PHBS educational videos on children's knowledge at SDN 14 Telaga Biru.

 

Keywords: Knowledge, Peer Group, PHBS


Kata Kunci


Peer Group, Pengetahuan, PHBS

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agusri, Andriyani, S., Maidarti, Paramita, P., Maidelwita, Y., & Nurfatimah. (2024). Buku Ajar Promosi Kesehatan. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251.

Dirman, R., Fatmasari, D., & Wiyantini, T. (2022). Modul Edukasi Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Melalui Video sebagai Upaya Peningkatan Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Kader. Pustaka Rumah Cinta.

Faisal, M. A., Rosadi, D., Budiwinata, W., Qadrinnisa, R., Yolanda, Z., & Susanto, W. (2023). Peer Group Anxiety Disorder dalam Upaya Pencegahan Kecemasan Remaja. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hasan, M., Sholihannisa, L. U., Kusuma, N., Rochmatun, S., Suyitno, M., Putri, A., Arifuddin, & Salkiah, B. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., & Supardi. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Inayah, Metty, & Widodo, S. T. M. (2019). Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Melalui Peer Education. Seminar Nasional UNRIYO, 37–42.

Izomi, S., Ellis, R., Ikhwan, M. N., Taufiqa, Z., Mahaly, S., & Yanto, N. (2024). Perkembangan Peserta Didik. CV Gita Lentera Redaksi.

Julia, J. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Musik Berbasis Digital untuk Sekolah Dasar. CV Caraka Khatuliswa.

Kemenkes RI. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI). Kemenkes BKPK.

Khairunnisa, A., Maryanah, A., Nabila, S. P., & Luli, M. K. (2022). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa-Siswi MI Muhammadiyah 01 Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 2(1), 141–147.

Nildawati, Awaliah, R., Jufri, H., & Aliah, A. (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Propinsi Sulawesi Selatan Indonesia. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1), 134–141.

Niruri, R., Rakhmawati, R., Saputri, R. N., & Farida, Y. (2023). Efektifitas Media untuk Peningkatan Pengetahuan dan Sikap pada Perilaku Hidup Bersih-Sehat Siswa Sekolah Dasar saat Adaptasi Kebiasaan Baru Era COVID-19. JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 8(3), 291.

Nur, N. H., & Sudarman, S. (2021). Pengaruh Peer Group Health Education terhadap Peningkatan Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 530–535.

Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Mustar, T., Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah. (2021). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Yayasan Kita Menulis.

Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman, Z. (2022). Efektivitas Video Animasi Berbasis Animaker Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 11–17.

Putri, R. B., Fitriani, S., & Prasetyono, J. D. (2023). Pengaruh Metode Video Animasi Dan Demonstrasi Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Sekolah Di Lapak Pemulung Kebagusan Binaan Yayasan Indonesia Hijau Jakarta. Proceeding Seminar …, 153–158.

Resiyanthi, N. K. A., Maepiani, N. K., & Sari, N. A. M. E. (2021). Gambaran Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan, 13(2), 113–121.

Risdaniar, Sumi, S. S., & Alfiah. (2022). Pengaruh Media Video Pendidikan Phbs Pada Anak Terhadap Pengetahuan Pencegahan Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dan Penelitian Keperawatan, 1, 562–568.

Rosa, A. T., Gumelar, W., Septiati, Y., Hanurwaty, N., Kurniawan, E., Rahayu, I., & Hendriawan, E. (2023). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Menuju Sekolah Sehat melalui Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nasya Expanding Management.

Sari, D. Y., Adriani, S. W., & Asmuji, A. (2023). Pengaruh Peer Educator Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN Patrang 02 Jember. Health & Medical Sciences, 1(1), 1–11.

Suryani, D., & Syahputra, O. (2021). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Sarana Dan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Asrama Riau, Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Dan Pengelolaan Lingkungan, 2(1), 88–93.

Waryamah, C. (2024). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i8.19661

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.