Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Sekolah di SDN Rawabunga 11, Jakarta Timur

Junita Maratur Silitonga, Sri Laela, Ria Anugrahwati, Nadia Oktiffany Putri, Edi Gunawan

Sari


ABSTRAK

 

Masa usia sekolah merupakan periode penting dalam perkembangan anak, di mana aspek fisik, kognitif, emosional, dan sosial berkembang secara signifikan. Optimalisasi perkembangan anak usia sekolah menjadi prioritas untuk memastikan anak mencapai potensi maksimalnya dalam berbagai dimensi kehidupan. Perkembangan anak usia sekolah yang tidak optimal dapat memberikan dampak negatif yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan anak, baik dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk mengoptimalisasi perkembangan anak usia sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan melalui intervensi terintegrasi, diawali dengan Pendidikan Kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan terapi kelompok terapeutik dan terapi bermain. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 10 Desember 2024 di SDN Rawabunga 11 Jakarta Timur. Peserta yang terlibat sebanyak 60 anak usia sekolah. Setelah dilakukan Pendidikan Kesehatan dan terapi kelompok terapeutik, serta terapi bermain, terjadi peningkatan kemampuan kognitif, psikomotor, bahasa, emosional, spiritual, dan psikososial pada anak usia sekolah.Optimalisasi perkembangan anak usia sekolah diharapkan mampu menciptakan individu yang sehat, berdaya saing, dan berkarakter kuat di masa depan.

 

Kata Kunci: Anak Usia Sekolah,  Terapi  Bermain, Terapi Kelompok Terapeutik

 

 

ABSTRACT

 

The school age period is an important period in a child's development, where physical, cognitive, emotional and social aspects develop significantly. Optimizing the development of school-aged children is a priority to ensure children reach their maximum potential in various dimensions of life. The suboptimal development of school age children can have a significant negative impact on various aspects of children's lives, both in the short and long term. The aim of this community service activity is to optimize the development of school-age children. The method of implementing activities is through integrated intervention, starting with Health Education, then continuing with therapeutic group therapy and play therapy. The activity was held on Tuesday, December 10, 2024 at SDN Rawabunga 11, East Jakarta. The participants involved were 60 school age children. After health education and therapeutic group therapy, as well as play therapy, there was an increase in cognitive, psychomotor, language, emotional, spiritual and psychosocial abilities in school-age children. Optimizing the development of school-age children is expected to be able to create healthy, competitive and characterful individualis strong in the future.

 

Keywords: School Age Children, Play Therapy, Therapeutic Group Therapy


Kata Kunci


Anak usia sekolah, terapi bermain, terapi kelompok terapeutik

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ardiani, N. D., & Irdianty, M. S. (2023). Penanganan Epistaksis (Mimisan) Pada Anak Di Desa Bulu, Karanganyar. Jurnal Peduli Masyarakat, 5(2).

Dewi, A. R. (2022). (Peer Group) Anak Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Sekolah Di Gedong Tataan Pesawaran. Jurnal Pengabdi Masyarakat, 1(2).

Dewi MP, S. N., & Irdamurni I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidik Dasar, 7(1).

Dorsey, S., McLaughlin, K. A., Kerns, S. E. U., Harrison, J. P., Lambert, H. K., Briggs, E. C., Revillion Cox, J., & Amaya-Jackson, L. (2017). Evidence Base Update for Psychosocial Treatments for Children and Adolescents Exposed to Traumatic Events. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 46(3), 303–330. https://doi.org/10.1080/15374416.2016.1220309

Fatimah, S., & Putri, D. A. K. (2017). Hubungan Kebiasaan Menyikat Gigi dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak SD di SDN Jatiwarna III Kota Bekasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Handayani, F., & Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidik Dasar, 6(11).

Hasibuan, Shinta. Y., Keliat, B. A., & Hargiana, G. (2023). Penerapan Terapi Kelompok Terapeutik, Psikoedukasi Keluarga, Peran Kader Dan Guru Dalam Peningkatan Kesehatan Jiwa Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3).

Irdawati. (2020). Keperawatan anak sehat (1st ed.). Muhammadiyah University Press.

Khasanah, N. N., Susanto, H., & Rahayu, W. F. (2019). Gambaran Kesehatan Gigi dan Mulut serta Perilaku menggosok gigi anak usia sekolah. Jurna LIlmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(4), 327–334.

Laela, S., & Hartati, S. (2024). Efektivitas Terapi Kelompok Terapeutik Anak terhadap Perkembangan Psikososial anak usia sekolah.

Malfasari, E., Herniyanti, R., Devita, Y., Adelia, G., & Putra, I. D. (2020). Pendidikan kesehatan jiwa pada tahap perkembangan usia sekolah. Jurnal Masyrajat Mandiri, 4(6), 1066–1071.

Kasim, M., & Refanus, A. (2024). Penyuluhan Penanganan Awal Epistaksis (Mimisan) Menggunakan Instagram Reels. Jurnal Abdimas Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2).

Nova, R., Keliat, B. A., & Mustikasari. (2020). Penerapan Terapi Kelompok Terapeutik Terhadap Perkembangan Industri Anak Dengan Pemberdayaan Keluarga, Guru Dan Kader Kesehatan Jiwa.

Pardede, J. A. (2020). Kesiapan Peningkatan Perkembangan Anak Usia Sekolah.

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Terapi bermain pada anak sakit.

Stuart, G. W., & Keliat, B. A. (2016). Prinsip dan praktik keperawatan Kesehatan jiwa (1st ed.). Elsevier.

Sunarsih, T. (2018). Tumbuh kembang anak (1st ed.). Rosdakarya.

Townsend, M. (2015). Psychiatric mental health nursing : Concept of care in evidence based practice, eighth edition. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/Psychiatric%20Mental%20Health%20Nursing%20Concepts%20of%20Care%20in%20Evidence-Based%20Practice%20by%20Mary%20C.%20Townsend%20DSN%20%20PMHCNS-BC%20(z-lib.org).pdf

Usraleli, U., & Magdalena, M. (2021). Pengaruh Terapi Kelompok Terapeutik dan Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Menghadapi Menarche pada Siswi Di Kelurahan Delima Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 818. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1569




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i5.19191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.