Screening Dini Pada Siswa Siswi Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Johar Baru

Contriana Yusinta Bere, Enna Rossalina, Novita Marcelina Kana Wadu, Jesika Pasaribu, Catharina Dwiana W, Maria Lousiana, Sada Rasmaida, Agnes Maharani Puji Wulandari, Maria Astrid, Fitriana Suprapti, Lucia Utami, Waisaktini Margaret

Sari


ABSTRAK

 

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya promotif dan preventif yang dilaksanakan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Salah satu bentuk pelayanan UKS adalah kegiatan screening kesehatan atau penjaringan, yang bertujuan untuk mendeteksi dini permasalahan kesehatan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan di lima sekolah dasar wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, pada tanggal 5–7 Maret 2024. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling, melibatkan 523 siswa kelas 4 hingga 6. Kegiatan dilakukan dalam dua tahap, yaitu pendataan awal dan pemeriksaan langsung yang mencakup kebersihan diri, kesehatan gigi dan mulut, status gizi, penglihatan, pendengaran, serta indikasi anemia. Data dianalisis secara deskriptif dan diuji secara inferensial menggunakan uji Chi-Square (χ²). Hasil menunjukkan bahwa 70% siswa memiliki kuku kotor/panjang, 60% mengalami masalah gigi dan mulut, 15,1% memiliki gangguan penglihatan, 8% terindikasi anemia, dan 14% mengalami status gizi tidak normal. Uji Chi-Square menunjukkan adanya hubungan signifikan antara jenis kelamin dan kejadian karies gigi (χ² = 4,61; df = 1; p = 0,032), namun tidak signifikan pada anemia (χ² = 1,80; df = 1; p = 0,179). Kesimpulannya, masih banyak siswa yang memerlukan perhatian khusus dalam aspek kebersihan dan kesehatan. Diperlukan intervensi edukatif dan pendampingan berkelanjutan dari guru, orang tua, serta kolaborasi lintas sektor dengan puskesmas untuk memperkuat perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: Screening Dini, UKS, PHBS, Siswa Sekolah Dasar, Kesehatan Anak

 

 

ABSTRACT

 

The School Health Unit (UKS) is a promotive and preventive program implemented in schools to improve the health status of students. One of its services is health screening, aimed at the early detection of health problems among students. This activity was carried out in five elementary schools under the jurisdiction of the Johar Baru Community Health Center, Central Jakarta, from March 5 to 7, 2024. This study employed a descriptive quantitative method with a total sampling technique involving 523 students from grades 4 to 6. The screening was conducted in two stages: initial data collection and direct examinations, including assessments of personal hygiene, oral health, nutritional status, vision, hearing, and signs of anemia. Data were analyzed descriptively and further tested using the Chi-Square (χ²) statistical test. Results showed that 70% of students had dirty/long fingernails, 60% experienced oral health problems, 15.1% had vision impairment, 8% were suspected of anemia, and 14% had abnormal nutritional status. Chi-Square analysis indicated a significant association between gender and the incidence of dental caries (χ² = 4.61; df = 1; p = 0.032), but no significant association with anemia (χ² = 1.80; df = 1; p = 0.179). In conclusion, many students require more attention regarding personal hygiene and general health. Sustainable educational interventions and support from teachers, parents, and cross-sector collaboration with health centers are essential to foster clean and healthy living behaviors in schools.

 

Keywords: Early Screening, School Health Unit, Personal Hygiene, Elementary Students, Child Health


Kata Kunci


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat; Screening Dini; Anak Sekolah Dasar; Usaha Kesehatan Sekolah

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aini, N. (2017). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(2), 134–142.

Andriani, R. (2018). Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 89–97.

Astuti, D. (2017). Perilaku Hidup Sehat Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(1), 45–52.

Firdaus, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(2), 112–119.

Hidayati, N. (2019). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Sehat Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(2), 189–196.

Kartika, R. (2016). Phbs Di Sekolah: Studi Kasus Di Sd Negeri X. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(4), 245–255.

Mulyani, S. (2019). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Rural. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(3), 91–98.

Natalia, S., & Anggraeni, S. (2022). Skrining Kesehatan Anak Sekolah Sebagai Upaya Deteksi Kesehatan Sejak Dini. Journal Of Community Engagement In Health, 5(1), 47–50. Https://Doi.Org/10.30994/Jceh.V5i1.340

Nugroho, A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Sehat Dalam Meningkatkan Phbs Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(4), 307–315.

Pratiwi, E. (2015). Implementasi Program Phbs Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 33–40.

Rachmawati, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Hidup Bersih Anak Sekolah. Jurnal Promosi Kesehatan, 10(3), 178–185.

Rahman, A. (2021). Peran Komunitas Sekolah Dalam Meningkatkan Phbs Siswa. Jurnal Promosi Kesehatan, 13(4), 234–241.

Sari, W. (2019). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar Di Daerah Perkotaan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(3), 210–218.

Setiawan, A. (2016). Pengaruh Phbs Terhadap Kesehatan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9(3), 72–79.

Susanti, T. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Perilaku Phbs Pada Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 12(3), 115–122.

Utami, W. (2019). Strategi Peningkatan Phbs Melalui Pendidikan Kesehatan Di Sd. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 98–106.

Wahyuni, E. (2020). Phbs Di Lingkungan Sekolah: Tantangan Dan Solusi. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 15(1), 78–85.

Yulianti, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 15(2), 97–106.

Zulfikar, R. (2020). Edukasi Phbs Pada Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Perdesaan. Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 18(1), 203–211.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i8.19014

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.