Pemberdayaan Masyarakat dalam Promosi Snack Bar Kalabu (Kalamansi dan Ubi Ungu)
Sari
ABSTRAK
Snack Bar Kalabu (Kalamansi dan Ubi Ungu) merupakan produk bernilai jual tinggi dengan menggabungkan jeruk kalamansi dengan ubi ungu sebagai alternatif camilan sehat untuk penderita diabetes dan mendukung terciptanya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Produk ini belum pernah dipromosikan di Wilayah Anggut Atas. Pelatihan dan edukasi tentang promosi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta dilakukan pretest danpostest. Peserta dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Pengujian secara statistik untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah dilakukan edukasi tentang promosi snack bar kalabu. Hasil statistic menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan ibu-ibu rumah tangga setelah dilakukan edukasi. Dan hasil diskusi ditetapkan logo dan kemasan yang menarik untuk produk snack bar kalabu di jual dan menjadi peluang bisnis guna meningkatkan ekonomi masyarakat.
Kata Kunci: Kalamansi, Promosi, Snack Bar, Ubi Ungu
ABSTRACT
Kalabu Snack Bar (a combination of Kalamansi and Purple Sweet Potato) is a high-value product that combines kalamansi citrus with purple sweet potato as a healthy snack alternative for individuals with diabetes while supporting the Healthy Living Community Movement (GERMAS). This product has not yet been promoted in the Anggut Atas area. Training and education on promotion are crucial to enhancing the knowledge and skills of housewives. The activities were carried out using lecture, discussion, and Q&A methods, accompanied by pretests and posttests. The participants in this program were housewives. Statistical testing was conducted to determine the impact of education on promoting the Kalabu snack bar before and after the sessions. Statistical results revealed an increase in the housewives' knowledge after the education. Through discussions, an appealing logo and packaging design for the Kalabu snack bar were established, turning the product into a business opportunity to improve the community’s economy.
Keywords: Kalamansi, Promotion, Snack Bar, Purple Sweet Potato
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Alfiana, Listiana, Sm, Kakaly S, Rais, R, Husnita, L, & Asfahani. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi. Community Development Journal, Vol.4 No. 4 Tahun 2023, Hal. 7113-7120.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal Of Indonesian Tourism, Hospitality And Recreation, 1(2), 83–96. Https://Doi.Org/10.17509/Jithor.V1i2.13769.
Buchari A. 2018. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Fraccastoro, S, Gabrielsson, M, & Pullins, E. B. (2021). The Integrated Use Of Social Media, Digital, And Traditional Communication Tools In The B2b Sales Process Of International Smes. International Business Review, 30(4), 101776. Https://Doi.Org/10.1016/J.Ibusrev.2020.101776.
Harini, N, Suhariyanto, D, Indriyani, Novaria, N, Santoso, A, & Yuniarti, E. 2023. Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee : Indonesian Journal Of Community Research And Engagement. Vol 4 No 2, 2023, 10.37680/Amalee.V4i2.2834.
Kusmana, E., & Garis, R. R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pertanian Oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (Ppl) Wilayah Binaan Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(4), 460–473.
Litbang. 2019. Jeruk Kalamansi, Kecil Kaya Manfaat Terhadap Kesehatan. Info Teknologi 22 Januari 2019. Https://Www.Litbang.Pertanian.Go.Id/Info-Teknologi/3450/
Maryanti, E., Fitriani, D., & Sani, F. (2018). Diversifikasi Residu Produk Olahan Home Industry Sirup Jeruk Kalamansi Di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan Ipteks, 15(1), 47–54. Https://Doi.Org/10.33369/Dr.V15i1.4234
Muria Herlina. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pinggiran Hutan: Strategi Meningkatkan Penghasilan Melalui Berkebun Dan Pembuatan Sirup Jeruk Kalamansi. Edupreneur || Vol. 2, No 1, Maret 2019. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kewirausahaan.
Noviyanty, Y. 2019. Identifikasi Senyawa Flavonoid Dari Ekstrak Etanol Kulit Buah Jeruk Kalamansi (Citrus X Microcarpa Bunge). Jurnal Ilmiah Pharmacy, 6(2).
Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemasaran Digital Pada Bumdes Blulukan Gemilang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–14.
Nurdin, A. H. M. 2019. Pengembangan Masyarakat Dan Pemberdayaan Ekonomi Di Indonesia (Edisi Pert). Bandung: Cv Cendekia Press.
Permadi, R. N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk Umkm. Avant Garde, 10(1), 15. Https://Doi.Org/10.36080/Ag.V10i1.1695.
Puspita, Chaterina Dwi & Neli Agustina. 2018. Pola Konsumsi, Elastisitas Pendapatan, Serta Variabel-Variabel Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (Studi Kasus Di Provinsi Bengkulu Tahun 2018). Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistics Dalam Mendukung Implementasi Sdg’s. Https://Prosiding.Stis.Ac.Id/Index.Php/Semnasoffstat/Article/Download/46/78/
Puspitarini, Ds & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. Https://Doi.Org/10.34010/Common.V3i1.1950
Rahmat, H. K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 91–107. Https://Doi.Org/10.31604/Jips.V7i1.2020.91-107.
Rikantasari, S, Ulya, V. F., Auliya, A, & Fathonah, F. 2023. Pendampingan Pengolahan Jagung Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Journal Of Community Engagement In Economics, 1(1), 17–28.
Seppewali, A, Yanti Rw, Said Sm, Adivar A, Nengsi Ba, Afiah An. 2024. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Potensi Wisata Pantai Dan Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Promosi Potensi Hasil Laut Desa Karama. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, Vol. 4, No. 3, December 2024 Hal. 797-804. 10.46306/Jub.V4i3.276.
Tjiptono. (2001). Manajemen Pemasaran Dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Bpfe
Yani, A & Wayan, R. 2020. Studi Potensi Ubi-Ubian Spesifik Lokal Dan Upaya Pengembangannya Dalam Mendukung Kemandirian Pangan Di Provinsi Bengkulu. Agrosains: Jurnal Penelitian Agronomi 22(1):45-51. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Agrosains/Asticle/Vie/36009
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i5.18978
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.