Optimalisasi Status Gizi Anak melalui Terapi Bermain di TK Negeri Pembina Indramayu
Sari
ABSTRAK
Gizi memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini. Nutrisi merupakan bagian yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam mendukung perkembangan fisik, fungsi sistem saraf, otak, serta kemampuan intelektual dan kecerdasan. Pemenuhan kebutuhan gizi menjadi faktor utama untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan potensi genetik yang dimiliki. Kegiatan Pengabdian Masyrakat ini dibutuhkan dan dilakukan untuk membantu menemukan masalah status gizi pada anak dengan deteksi dini terkait status gizi pada anak usia prasekolah. Metode: Edukasi makanan bergizi melalui terapi bermain dan screening status gizi dengan pengukuran antropometri. Hasil: Masih terdapat anak prasekolah dengan gizi kurang (8,7%). Kesimpulan: Pemeriksaan Status Gizi pada anak prasekolah sangat penting dilakukan karena pada masa ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Nutrisi merupakan faktor penting dalam optimalisasi pertumbuhan anak untuk itu penting sekali anak dikenalkan mengenai makanan sehat melalui media terapi bermain sejak dini.
Kata Kunci: Status Gizi, Terapi Bermain, Anak Prasekolah
ABSTRACT
Nutrition plays an important role in supporting the growth and development of children at an early age. Nutrition is needed by the body, especially in supporting physical development, nervous system function, brain, as well as intellectual and intellectual abilities. Fulfillment of nutritional needs is the main factor to optimize growth and development according to the genetic potential possessed. Objective: This Community Service activity is needed and carried out to help find nutritional status problems in children with early detection related to nutritional status in preschool children. Methods: Nutritious food education through play therapy and nutritional status screening with anthropometric measurements. Results: There are still preschool children with malnutrition (8.7%). Conclusion: Nutritional status checks on preschool children are very important to carry out because during this period children experience rapid growth and development. Nutrition is an important factor in optimizing children's growth, so it is very important for children to be introduced to healthy foods through the media of play therapy from an early age.
Keywords: Nutritional Status, Play Therapy, Preschool Children
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anggraeningsih, Putri, D. M., & Yulianti, H. (2022). Hubungan Status Gizi Balita DanPerkembangan Anak Balita Di Kelurahan Liliba Kecamatan Oebobo. Jurnal Health Sains, 3(7). https://doi.org/10.33515/hs.v3i7.2310
Bella, F. D., Fajar, N. A., & Misnaniarti. (2019). Jurnal Gizi Indonesia Hubungan pola asuh dengan kejadian stunting balita dari keluarga miskin di Kota Palembang. 8(1), 31–39.
Hockenberry, M. J., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2016). Wong’s Essentials Of Pediatric Nursing (Tenth. Elsevier.
Hockenberry, M., Wilson, D., & Rodgers, C. C. (2013). Wong’s Essentials of Pediatric Nursing. Elsevier.
Ikhwan, Fattah, A. H., & Ibrahim, A. (2017). Makan Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 6.
Kusyuantomo, Y. B. (2017). Hubungan pola asuh ibu dengan status gizi balita di Rw VI kelurahan manisrejo kecamatan taman kota madiun tahun 2017.In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4)
Mardalena, I. (2021). Dasar-dasar Ilmu Gizi dalam Keperawatan Konsep dan Penerapan pada Asuhan Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Mayar, F., & Astuti, Y. (2021). Peran Gizi Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9695–9704. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2545
Saputri, M. E., Widiastuti, S., & Pamela, D.N. (2021). Pemeriksaan Gizi Pada Anak Usia Sekolah dan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Terpadu Al- Farabi Pondok Terong Cipayung Depok. Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 82–85. https://www.jceh.org/index.php/JCEH/article/view/119/106
Siti Putri Agustin, Siti Maemonah, & Widarti, L. (2023). Gambaran Status Gizi Pada Anak Prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Kloposepuluh. Jurnal Keperawatan, 17(2), 92–97. https://doi.org/10.36568/nersbaya.v17i2.87
Sumarni, Jafar, M. A., Kartika, D. I., Polanunu, N., Royani, I., & Aisyah, W. (2023). Hubungan Status Gizi dengan Konsentrasi Belajar pada Anak di SDN 427 Malewong. Fakumi Medical Journal, 3(8), 593–598.
Susanti, A. I., Didah, D., Sari, A. N., Ferdian, D., & Rinawan, F. R. (2020). Persepsi Petugas Gizi Dalam Pemantauan Status Gizi Balita Dengan Menggunakan Website Iposyandu. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(3), 376–382. https://doi.org/10.33024/jkm.v6i3.2667
Ulfa, I. L., Anggari, R. S., & Nuzula, F. (2022). Status Gizi pada Anak Pra Sekolah: Peran Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 9(2), 121–130. https://doi.org/10.55500/jikr.v9i2.156
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i4.18606
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.