Pendampingan dan Permberdayaan Sekolah melalui Kegiatan UKS dalam Pengenalan Bahaya Hipertensi Pada Remaja melalui Novel “The Silent Killer” di Madrasah Aliyah Nurul Iman

Khoirul Latifin, Sigit Purwanto, Zulian Effendi, Zikran Zikran

Sari


ABSTRAK

 

Dewasa ini banyak kejadian hipertensi pada remaja, hipertensi yang terjadi pada usia remaja dapat berdampak pada berbagai ganggauna Kesehatan pada organ tubuh, salah satu gangguan pada sistem kardiovaskuler seperti serangan jatung atau infark miokard. Kejadian hipertensi di remaja cenderung tidak dideteksi sejak awal, sampai muncul gejala lain yang menjadi komplikasi dari hipertensi tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang hipertensi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeteksi masalah hipertensi. Kegiatan ini menggunakan metode Pendidikan Kesehatan dengan menggunakan cerita pendek berupa “Novel The Silent Killer’ untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan melakukan pelatihan keterampilan dalam melakukan deteksi dini hipertensi dengan menggunakan alat tensi digital. Pemilihan peserta kegiatan yaitu dengan cara total sampling dari siswa kelas 11 yang berjumlah 24 siswa. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini dievaluasi dengan melakukan pre test dan post test. Respon peserta selama mengikuti kegiatan mulai dari pembukaan yang dilakukan oleh kepala sekolah sampai akhir kegiatan sangat antusias didbuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang hipertensi. Deteksi dini masalah Kesehatan dengan hipertensi pada remaja dapat menjadi pencegah terjadinya komplikasi pada sistem kardiovaskuler.

 

Kata Kunci: Hipertensi, Pendidikan Kesehatan, Siswa.

 

 

ABSTRACT

 

Nowadays, there are many cases of hypertension in teenagers. Hypertension that occurs in adolescence can have an impact on various health disorders in the body's organs, one of which is disorders in the cardiovascular system such as heart attacks or myocardial infarction. Hypertension in adolescents tends not to be detected early, until other symptoms appear which are complications of the hypertension. The aim of this activity was to increase students' knowledge about hypertension and improve students' ability to detect hypertension problems. This activity used the Health Education method using a short story in the form of "The Silent Killer Novel" to increase students' knowledge and conduct skills training in early detection of hypertension by using a digital blood pressure monitor. The selection of activity participants was done by means of total sampling from 24 students in grade 11. This community service activity was evaluated by conducting a pre-test and post-test. The response of participants during the activity starting from the opening by the principal until the end of the activity was very enthusiastic as evidenced by the increase in students' knowledge about hypertension. Early detection of health problems with hypertension in adolescents could prevent complications in the cardiovascular system. 

 

Keywords: Hypertension, Health Education, Student.


Kata Kunci


Hipertensi; Pendidikan Kesehatan; Siswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alfia, L. (2020). Studi Literatur Tentang Persepsi Penderita Hipertensi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, s. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. (2019). Jumlah Kasus 10 Penyakit Terbanyak di Provinsi Sumatera Selatan 2015 – 2019. Retrieved Juni 06, 2021, from https://sumsel.bps.go.id

Bhinnety, M. (2015). Struktur dan Proses Memori. Buletin Psikologi, 74-88.

Bustan, M. N. (2016). Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewayani, B. M., Agustina, H., & Puspitasari, D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Penegtahuan Masyarakat Awam Tentang Kanker Ovairum di Kecamatan Ujung Berung Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 828-831.

Feber, J., & Ahmed, M. (2010). Hypertension in Children: New Trends and Challenges. Clinical science Vol. 119, No. 4, 151 - 161.

Fitri, D. R. (2015). Diagnose Enforcement and Treatment Of High Blood Pressure. Jurnal Majority Vol. 4, No. 3, 47-51.

Fitriany, J., Ramayati, R., Supriatmo, Rusdidjas, Rina, O., & Siregar, R. (2015). Blood Pressure and Lipid Profiles in Adolescents with Hypertensive Parents. Paediatria Indonesiana Vol. 55, No. 6, 333 - 338.

Flynn, J. T. (2017). 2017 AAP Guidelines for Childhood Hypertension. Retrieved Oktober 12, 2021, from American Academy of Pediatrics: https://solutions.aap.org

Hapsari, B. A., Yuniarti, & Sulistyowati, E. (2015). Efektivitas Konseling Gizi dengan Media Buku Saku terhadap Pengetahuan, Sikap Mengenai Pencegahan Hipertensi, dan Kebiasaan Makan Natrium dan Serat pada Remaja di SMAN 15 Semarang . Jurnal Riset Gizi Vol. 3, No. 1, 46 - 52.

Irnani, H., & Sinaga, T. (2017). Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan, Praktik Gizi Seimbang dan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Nutrition , 58-64.

Kemdikbud RI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi V. Retrieved Juli 02, 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kemenkes. (2021, Juni 05). Retrieved from Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018: https://www.kemkes.go.id

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018. Retrieved Juni 05, 2021, from https://www.kemkes.go.id

Khoirunna'il, S. M. (2020). Pengaruh Metode Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Melalui Media Puzzle Terhadap Persepsi Gaya Hidup Sehat dan Hasil Belajar Biologi di MAN 4 Jombang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Skripsi.

Kit, B. K., Kuklina, E., Carroll, M. D., Ostchega, Y., Freedman, D. S., & Ogden, C. L. (2015). Prevalence of and Trends in Dyslipidemia and Blood Pressure Among Us Children and Adolescents. JAMA Pediatr Vol 169, No. 3, 272-9.

Krishman, G., Lazim, Z. M., & Yosuf, N. M. (2011). Sexuality Education Through Short Stories. The Southeast Asian Journal of English Language Studies, 75-88.

Muhadi. (2016). JNC 8: Evidence-based Guideline Penanganan Pasien Hipertensi Dewasa. CDK Journal Vol. 43, No. 1, 54-59.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Teori Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Pusdatin Kemenkes RI. (2019). Hipertensi Si Pembunuh Senyap. Retrieved Juni 29, 2021, from https://www.pusdatin.kemkes.go.id

Saing, J. H. (2005). Hipertensi pada Remaja. Sari Pediatri Vol. 6, No. 4, 159 - 165.

Saloso, I., & Riyadi, H. (2011). Pengaruh Media Audio (Lagu Anak - Anak) dan Media Visual (Kartu Bergambar) Terhadap Pengetahuan Gizi (PUGS dan PHBS) serta Tingkat Penerimaannya Pada Anak Usia Sekolah Dasar Negeri di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Septianingsih, D. G. (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pasien Hipertensi dengan Upaya Pengendalian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Samata. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Shaumi, N. R., & Achmad, E. K. (2019). Kajian Literatur: Faktor Risiko Hipertensi pada Remaja di Indonesia. Media Litbangkes Vol. 29, No. 2, 115 - 122.

Siswanto, Y., & Afandi, A. (2019). Peningkatan Pengetahuan Tentang Hipertensi pada Remaja. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Indonesia, 50-56.

Siswanto, Y., & Lestari, I. P. (2020). Status Gizi dan Merokok Sebagai Determinan Kejadian Hipertensi pada Remaja SMA. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah Stikes Kendal, 177-184.

Tarihoran, R. R. (2017). Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMA Negeri 1 Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Trisnawan, A. (2019). Mengenal Hipertensi. Semarang: Mutia Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i6.18416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.