Screening Status Mental Emosional dan Edukasi Keterampilan Koping Pada Remaja di SMPN Satap 6 Motui

Fitri Wijayati, Sitti Rachmi Misbah, Prishilla Sulupadang

Sari


ABSTRAK

 

Kesehatan mental emosional merupakan kemampuan untuk mengatasi stress dan mengelola emosi dimana seseorang mampu berpikir jernih dan membuat keputusan yang baik. Screening status mental emosional adalah langkah awal untuk membantu mitra menekan angka kenakalan remaja di wilayah tersebut serta untuk mewujudkan generasi yang sehat secara mental emosional. Metode pengabdian ini berupa screening, penyuluhan, dan demonstrasi/modelling.  Screening status mental emosional dan implementasi edukasi keterampilan koping bertujuan sebagai salah satu upaya menyehatkan jiwa secara emosional. Sasaran program adalah Remaja di SMP Negeri Satap 6 Kecamatan Motui.  Kegiatan pengabdian dilakukan 2 hari yang mana hari ke-1 dilakukan screening dengan menggunakan skrining pengukuran status mental emosional dengan menggunakan instrument Adolescent Emotion Regulation Strategies Questionnaire (AERS) dan hari ke-2 dilakukan edukasi dan demonstrasi.dan 1 hari. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 30 orang. Pengukuran keberhasilan    program berdasarkan peningkatan signifikan pengetahuan tentang kesehatan.  Hasil kegiatan menunjukkan screening pengukuran status mental emosional siswa SMPN Satap 6 Kecamatan Motui sebagian besar (18 siswa) menunjukkan emosi adaptif (60,0%), dan terdapat 12 siswa dengan emosi maladaptif (40,0%). Program Kemitraan Masyarakat yang akan dilakukan yaitu screening status mental emosional, lalu mengimplementasikan edukasi keterampilan koping sebagai salah satu upaya menyehatkan jiwa secara emosional.

 

Kata KunciScreening Status Mental Emosional, Edukasi Keterampilan Koping, Remaja.

 

 

ABSTRACT

 

Mental emotional health is the ability to cope with stress and manage emotions where a person can think clearly and make good decisions. Screening mental emotional status is the first step to help partners reduce the number of juvenile delinquency in the area and to realize a mentally emotionally healthy generation. This service method is in the form of screening, counseling, and demonstration/modeling.  Screening of mental emotional status and implementation of coping skills education aims as an effort to nourish the soul emotionally. The program targets are adolescents at SMP Negeri Satap 6 Motui District.  The service activities were carried out for 2 days, of which the 1st day was carried out screening using the screening measurement of emotional mental status using the Adolescent Emotion Regulation Strategies Questionnaire (AERS) instrument and the 2nd day was carried out education and demonstration. and 1 day. The number of students involved was 30 people.    Measurement of program success is based on a significant increase in knowledge about health.  The results of the activity showed screening measurements of the mental emotional status of students of SMPN Satap 6 Motui District mostly showed adaptive emotions (60.0%), and there were 12 people with maladaptive emotions (40.0%). The Community Partnership Program that will be carried out is screening emotional mental status, then implementing coping skills education as an effort to nourish the soul emotionally.

 

Keywords: Emotional Mental Status Screening, Coping Skills Education, Adolescents.


Kata Kunci


Screening Status Mental Emosional, Edukasi Keterampilan Koping, Remaja.

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ardiansyah, S., Ichlas, T., Suprapto, Yunike, Febriani, I., Saripah, E., Kuntoadi, G., Zakiyah, Kusumowati, I., Rahayu, M., Putra, E., Kurnia, H., Narulita, S., Juwariya, T., & Akhriyansyah, M. (2023). Kesehatan Mental. Pt Global Eksekutif Teknologi.

Firdaus, Z. K., & Syariah, P. S. (2023). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kesehatan Mental , Studi Mengenai Kesehatan Mental Mahasiswi Mahad Aisyah Binti Abu Bakar , Bogor. 1(2), 93–98.

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Ra Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). Https://Doi.Org/10.30829/Raudhah.V10i1.1408

Gallegos, C., Connor, K., & Zuba, L. (2021). Addressing Internet Gaming Disorder In Children And Adolescents. Nursing, 5(12), 34–38. Https://Doi.Org/10.1097/01.Nurse.0000800088.75612.0f

Hockenberry, Marilyn J., Wilson, D., Rodgers, Cheryl, C. (2021). Wong’s Essentials Of Pediatric Nursing (11th Editi). Elsevier Inc.

Janah, E. N., Nuraeni, A., & Rosyidah, A. N. (2024). Keperawatan Keluarga 2.

Kurniasari, C. I. (2023). Factors Affecting Adolescent Coping With Narcissistic Personality: Literature Review. Indonesian Journal Of Global Health Research, 2(5), 257–264. Https://Doi.Org/10.37287/Ijghr.V2i4.250

Malfasari, E., Febtrina, R., Herniyanti, R., Timur, L. B., Sekaki, P., Tim, L. B., Kota, P., & Pekanbaru, K. (2020). Kondisi Mental Emosional Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 241–246.

Mangal, A., Thakur, A,. Nimavat, K.A., Dabar, D., & Yadav, S. B. (2020). Screening For Common Mental Health Problems And Their Determinants Among School-Going Adolescent Girls In Gujarat, India. Journal Family Med Prim Care, 9(1), 264–270. Https://Doi.Org/Doi: 10.4103/Jfmpc.Jfmpc_732_19

Muthmainah. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Koping Anak (Mpk2a) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Negatif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 90–102. Https://Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V15i1.47439

Pace, U., Urso, G.D., Ruggieri, S., & Schimmenti, A. (2021). The Role Of Narcissism, Hyper-Competitiveness And Maladaptive Coping Strategies On Male Adolescent Regular Gamblers: Two Mediation Models. Journal Of Gambling Studies, 37(2), 571–582. Https://Doi.Org/10.1007/S10899-020-09980-Z

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., Azizah, F. N., & Tangerang, U. M. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 157–163.

Rådman, G., Claréus, B., & Daukantaitė, D. (2023). Adolescents’ Emotion Regulation Strategies Questionnaire–Extended: Further Development And Associations With Mental Health Problems In Adolescence. Assessment, 31(2), 482–501. Https://Doi.Org/10.1177/10731911231164619

Rahmawati, D., Fahrudin, A. & Abdillah, R. (2021). Hubungan Kontrol Diri Dengan Stres Akademik Akibat Pembelajaran Hybrid Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Smk X Kota Bekasi. Khidmat Sosial: Journal Of Social Work And Social Services, 2(2), 135–153.

Rahmy, H. A. & M. (2021). Depresi Dan Kecemasan Remaja Ditinjau Dari Perspektif Kesehatan Dan Islam. Demos: Journal Of Demography, Ethnography And Social Transformation, 1(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.30631/Demos.V1i1.1017

Sanjiwani, A., Wati, N., Dewi, N., Lisnawati, K., Sudarma, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Koping Pada Remaja Melalui Edukasi Teknik Mindful S.T.O.P Di Desa Penglipuran. Abdimas Galuh, 5(2), 1447–1455. Https://Doi.Org/10.25157/Ag.V5i2.11434

Setyo, H. S. &, & Pratiwi, P. H. (2020). Perilaku Menyimpang Remaja Pada Keluarga Single Parent (Studi Kasus Desa Bawukan, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten). Jurnal Pendidikan Sosiologi, 9(3), 2–20.

Sumirah, S., Binari, S., Musli, & Miftahuddin, M. (2023). Metode Pembelajaran Demonstrasi Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal Of Science Education, 1(2), 397–412. Https://Doi.Org/10.56436/Mijose.V1i2.165

Vucenovic, D., Sipek, G., & Jelic, K. (2023). The Role Of Emotional Skills (Competence) And Coping Strategies In Adolescent Depression. European Journal Of Investigation In Health, Psychology And Education, 13(3), 540–552. Https://Doi.Org/10.3390/Ejihpe13030041

Wijaya, E., Dhian Ika Prihananto, Siti Aizah, Ratih Ayu Kinasih, Cyndi Fitriana Nursita, & Sapto Widy Wijayanto. (2023). Edukasi Manajemen Koping Pada Remaja Terhadap Problematika Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 28–33. Https://Doi.Org/10.29407/Dimastara.V2i2.20092




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v8i8.13963

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.