PERAN PEER ASSISTED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ABULYATAMA

Nana Trebna Zulvia, Syarifah Nora Andrianty, Yuni Rahmayanti

Sari


Metode pembelajaran di fakultas kedokteran bermacam-macam, salah satunya yaitu Peer Assisted Learning (PAL) yang digunakan pada praktikum anatomi. Peer Assisted Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan peer tutor sebagai pengajar. Sampai sekarang belum ada keseragaman secara nasional dalam kurikulum materi dan model pembelajaran anatomi di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan Clinical Teaching Preference Questionnaires (CTPQ). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil 1. Peran peer mentor dibagi menjadi lima kategori yaitu rendah 6.9%, sedang 23%, tinggi 51.7% dan sangat tinggi 18.4%. Hasil ujian pratikum anatami didapatkan mahasiswa yang ujian praktikum anatomi sebanyak lulus 31% dan tidak lulus (69%). Dilakukan uji chi-square didapatkan nilai (P value =0.775) yang berarti tidak terdapat hubungan antara peran peer assisted learning dengan nilai ujian.

Kata Kunci


Metode Pembelajaran; Peer Asissted Learning; Peer Tutor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardian A, Munadi S. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22(4):455–66. Diunduh pada tanggal 1 April 2020 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7843.

Arif IM. (2018). "Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Peer Assisted Learning (PAL) Pratikum Anatomi Dengan Hasil Ujian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung". [Skripsi]. Lampung: Universitas Lampung.

Adekoya YM, Ed M, Olatoye RA, Ph D. (2011). Effect of Demonstration , Peer-Tutoring , and Lecture Teaching Strategies on Senior Secondary School Students ’ Achievement in an Aspect of Agricultural Science. Pacific Journal Science Technology 12(1):320–32. Diunduh pada tanggal 17 Juni 2020dari https://www.researchgate.net/profile/Olatoye_Ademola/publication/265811937_Effect_of_Demonstration_Peer-Tutoring_and_Lecture_Teaching_Strategies_on_Senior_Secondary_School_Students'_Achievement_in_an_Aspect_of_Agricultural_Science/links/55bbfbfb08aed621de0dc76f.pdf

Ali A. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum Anatomi Fisiologi Tumbuhan Jurusan Pendidikan Biologi Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017. Jurnal Biotek 5:144–54. Diunduh pada tanggal 17 April 2020 dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3454

Azwar S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi. II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andriaty SN, Findyartini A, Werdhani RA. (2016). Studi Eksplorasi Kemungkinan Penyebab Kegagalan Mahasiswa Dalam Uji kompetensi Dokter Indonesia, Studi Kasus Di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatana. Jurnal Serambi 3(2):1–12. Diunduh pada tanggal 27 Juni 2020dari http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/296

Khairunnisa C. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Kelulusan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Malikussaleh. Jurnal Samudera 9(1):1-22.

Saharnauli J, Verawaty S. (2015). Metode Pembelajaran Peer Assisted Learning Pada Pratikum Anatomi. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 4(2):58–64. Diunduh pada tanggal 27 Juni 2020 dari https://dev.jurnal.ugm.ac.id/jpki/article/view/25282

Suryadi RA, Rukmini E. (2014). Perspektif Mahasiswa Terhadap Visualized Peer-Assisted Stundent ’ Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia. Damianus Journal Medicine 13(2):95–109. Diunduh pada tanggal 1 April 2020 dari http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/duludamianus/article/view/238

Unsta NLR. (2017). Aplikasi Tutorial Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Menggunakan Web.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i3.2967

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.