HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN CBT PADA MAHASISWA BARU DI FAKULTAS KEDOKTERAN UMUM UNIVERSITAS MALAHAYATI TAHUN 2019

Sri Maria Puji Lestari, Esteria Marhayuni, Octa Reni Setiawati, Muhammad Nizar Nugraha Kamil

Sari


Kualitas tidur adalah kepuasan seseorang terhadap tidur, sehingga seseorang tidak memperlihatkan perasaan lelah, mudah gelisah, lesu dan apatis, kehitaman di sekitar mata, kelopak mata bengkak, konjungtiva merah, mata perih, perhatian terpecah-pecah, sakit kepala dan sering menguap atau mengantuk. Kecemasan mahasiswa dapat dipengaruhi dari banyak faktor, salah satunya adalah kualitas tidur. Mengetahui hubungan kualitas tidur dengan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian CBT pada mahasiswa baru. Penelitian kuantitatif dengan metode analitik dan desain cross sectional, populasi adalah Mahasiswa baru fakultas kedokteran umum Universitas Malahayati tahun 2019. Dari 106 responden yang diteliti didapatkan distribusi frekuensi kualitas tidur buruk sebanyak 76 orang (71,7%). Distribusi frekuensi kecemasan terlihat bahwa mahasiswa yang tidak ada kecemasan sebanyak 28 orang (26,4%). Ada hubungan kualitas tidur dengan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian CBT pada mahasiswa baru di fakultas kedokteran umum Universitas Malahayati tahun 2019 dengan nilai p-value = 0,033.

Kata Kunci


Kualitas Tidur; Kecemasan; CBT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, D. P., Iryani, D., & Isrona, L. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas 5(1):139-144.

Demur, D. R. D. N. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Terpasang Infus di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukit tinggi. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal) 5(2):150-155.

Hastuti, R. Y., Sukandar, A., & Nurhayati, T. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di STIKES Muhammadiyah Klaten. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan 11(22):9-21.

Hidayat Aa, (2009). Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika

Kaplan H.I, Sadock B.J, Grebb J.A. (1997). Sinopsis Psikiatri Jilid 1. Edisi Ke-7. Terjemahan Widjaja Kusuma. Jakarta: Binarupa Aksara.

Kaplan H.I, Sadock B.J, Grebb J.A. (2010). Sinopsis Psikiatri Jilid 2. Terjemahan Widjaja Kusuma. Jakarta: Binarupa Aksara. P.

Kesuma, S.K., Rozalina, &Zakiah, M., (2017). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Kedokteran Yang Mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Tahun 2017. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura 3(2).

Nilifda, H., Nadjmir, N. & Hardisman, H., (2016). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas 5(1):243-249.

Potter Pa, Perry Ag, (2010). Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Fitriani Dn, Trans. Jakarta: Salemba Medika.

Ratnaningtyas, T. O., & Fitriani, D. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Edu Masda Journal 4(1), 21-31.

Setyawan, A.B., (2017). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pasien Pre Operasi Di Ruang Angsoka Rumah Sakit Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmiah Sehat Bebaya 1(2):110-116.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i3.2931

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.