Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Anc Dengan Kepuasan Ibu Hamil Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Gang Sehat Kota Pontianak
Sari
AKI tercatat sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup. Sedangkan AKB sebesar 40 per 1.000 kelahiran. Pada tingkat layanan kesehatan primer, beberapa layanan fasilitas kesehatan, termasuk kesehatan ibu dan anak, tercatat terhenti selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi kualitas pelayanan antenatal dengan kepuasan ibu hamil pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian yaitu seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Gang Sehat Kota Pontianak pada tahun 2021. Sampel dipilih dari ibu yang melakukan kunjungan ANC dari bulan Agustus hingga Desember 2021 dengan sampel 90 orang yang diambil dengan teknik konsekutif. Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis menghasilkan nilai p-value untuk dimensi persepsi kualitas pelayanan dengan kepuasan p<0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi kualitas pelayanan keandalan, daya tanggap, bukti nyata, jaminan, dan empati dengan kepuasan ibu hamil pada masa pandemi COVID-19 di Puskesmas Gang Sehat Kota Pontianak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Badan Pusat Statistik (2015). Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015.
Badan Pusat Statistik (2017). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017.
Dinas Kesehatan Kota Pontianak (2020). Data Cakupan Pelayanan Antenatal Tahun 2019.
Dinas Kesehatan Kota Pontianak (2021). Data Cakupan Pelayanan Antenatal Tahun 2020.
Fharyn, M. (2021). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasan Ibu Hamil Trimester 3 di Wilayah kerja Puskesmas
Seberang Padang Kota Padang Tahun 2021. Padang: Universitas Andalas.
Hamidiyah, A. dan Hidayati, N. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care dengan Kepuasan Ibu Hamil di Puskesmas Banyuputih Kabupaten Situbondo. Oksitosin. 5(2): 119-125. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v5i2.353.
Hanifah, L. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Persepsi Terhadap Kualitas Layanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Via SMS Gateway di RSUD Tugurejo Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 6(5): 104 116. https://doi.org/10.14710/jkm.v6i5.21983.
Kementerian Kesehatan RI (2020). Laporan Kajian Cepat Kesehatan: Memastikan Keberlangsungan Layanan Kesehatan Esensial Anak dan Ibu di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan RI (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas, dan Bayi Baru Lahir di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Jakarta: Kemenkes RI.
Menteri Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 97 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, serta Pelayanan Kesehatan Seksual. Kemenkes RI. Jakarta. 2014.
Murti, NH., Widjanarko, B., Rahfiludin, MZ. (2018). Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Kepuasan Ibu Hamil terhadap Kualitas Pelayanan Kelas Ibu Hamil di Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. 6(2): 121-131. https://doi.org/10.14710/jmki.6.2.2018.121-131.
Nurpahmi I, dan Emilia. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Kualitas Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Bulan Juni Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Kesehatan. 8(2): 35-40.
Nwaeze IL, Enabor OO, Oluwasola TAO, Aimakhu CO (2013). Perception And Satisfaction With Quality Of Antenatal Care Services Among Pregnant Women At The University College Hospital, Ibadan, Nigeria. Annals of Ibadan Postgrad Medicine. 11(1): 22-28.
Parasuraman, A., Zeithaml VA. (1998) SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. 64(1): 12-37.
Prawirohardjo, S. (2014). Ilmu Kebidanan. Jakarta: Bina Pustaka.
Restya, W. dan Delmisa, I. (2019). Persepsi Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien di Puskesmas Peukan Baro Kabupaten Pidie. Jurnal Psikolog An-Nafs. 14 (1): 43-51.
Rikhly FM, Atik Mawarni FA. (2015). Kepuasan Ibu Hamil Dan Persepsi Kualitas Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Tanjung Kabupaten Sampang Madura. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 11(2): 174-181. https://doi.org/10.14710/mkmi.11.2.174-181.
Sari, Puspa. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Review. Jurnal Sains Kesehatan. 2(4): 548-557. ISSN 2303-0267, e-ISSN: 2407-6082.
Shannon, FQ. et al. (2017). Effects of The 2014 Ebola Outbreak on Antenatal Care and Delivery in Liberia: A Nationwide Analysis. Public Health Action. 7(1): 88-93. https://doi.org/10.5588/pha.16.0099.
Tadesse, E. (2020). Antenatal Care Service Utilization of Pregnant Women Attending Antenatal Care in Public Hospitals During the COVID-19 Pandemic Period. International Journal of Women’s Health. 12: 1181-1188. https://doi.org/10.2147/IJWH.S287534.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i8.19836
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.