Effectiveness Of Pregnancy Classes On Mothers Knowledge About Maternal And Child Health
Latar belakang. Untuk mendukung pencapaian target MMR dan AKB, penting bagi para ibu untuk meningkatkan pengetahuannya. Percepatan penurunan AKI dan AKB dapat dilakukan dengan memastikan setiap ibu mempunyai akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas. Ibu hamil pada masa kehamilan memerlukan pengetahuan tentang perawatan, pencegahan, komplikasi atau komplikasi selama kehamilan dan kehamilan risiko tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang kesehatan kehamilan adalah dengan Program Kelas Kehamilan.
Tujuan. Efektivitas Kelas Kehamilan Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Kesehatan Ibu dan Anak
Metode. Desain quasi eksperimental dua kelompok pre post test. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu seluruh ibu hamil yang pernah mengikuti Kelas Kehamilan di Puskesmas Kecamatan Kemayoran pada bulan Maret 2023. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di poliklinik KIA Puskesmas Kecamatan Kemayoran pada kelas ibu hamil mengenai pengetahuan ibu tentang Kesehatan Ibu dan Anak diperoleh rata-rata nilai signifikansi (p-value=0,000). Nilai p-value lebih kecil dari (0,05) dan nilai t-value lebih besar dari tabel, artinya mengikuti kelas ibu hamil lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang Kesehatan Ibu dan Anak. Penyampaian pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran yang efektif akan menentukan penyampaian informasi pembelajaran dengan baik. Penggunaan edukasi dengan aplikasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan mengubah pola pikir ibu hamil mengenai pentingnya menjaga kesehatan selama kehamilan dan pada akhirnya meningkatkan kepatuhan ibu hamil dalam menjalankan program perencanaan kelahiran dan pencegahan komplikasi (P4K) dibandingkan dengan klasikal. pendidikan.
Kata Kunci : Kelas Ibu, Kelas Ibu Hamil
ABSTRACT
Background. To support the achievement of MMR and IMR targets, it is important for mothers to increase their knowledge. Accelerating the reduction in MMR and IMR can be done by ensuring that every mother has access to quality health services. Pregnant women during pregnancy need knowledge about care, prevention, complications or complications during pregnancy and high-risk pregnancies. One effort to increase mothers' knowledge about pregnancy health is the Pregnancy Class Program.
Objective. The Effectiveness of Pregnancy Classes on Mothers' Knowledge About Maternal and Child Health
Method. Quasi experimental two group pre post test design. The sample in this study was a total sampling, namely all pregnant women who had taken the Pregnancy Class at the Kemayoran District Health Center in March 2023. The data collection method used a questionnaire.
Results. Based on the results of research conducted at the Kemayoran District Community Health Center KIA polyclinic for pregnant women's classes regarding mothers' knowledge about Maternal and Child Health, the average significant value was obtained (p-value=0.000). The p-value is smaller than (0.05) and the t-value is greater than the table, which means that attending classes for pregnant women is more effective in increasing mothers' knowledge about Maternal and Child Health. Delivering education using effective learning media will determine the delivery of learning information well. The use of education with applications is more effective in increasing knowledge and changing the mindset of pregnant women regarding the importance of maintaining health during pregnancy and ultimately increasing the compliance of pregnant women in carrying out birth planning and complication prevention (P4K) programs compared to classical education.
Keywords: Mother's Class, Pregnant Mother's Class
- Azhar, K., Dharmayanti, I., Tjandrarini, D. H., & Hidayangsih, P. S. (2020). The influence ofpregnancy classes on the use of maternal health services in Indonesia. BMC PublicHealth, 20, 372. https://doi.org/10.1186/s12889-020-08492-0
- Fajrin, F. I., & Khusna, N. S. N. (2021). Mewujudkan Kehamilan yang Sehat MelaluiOptimalisasi Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil. Community Empowerment, 6(12), 2176–2180. https://web.archive.org/web/20220205105744id_/https://journal.unimma.ac.id
- Fatriani, R. (2018). Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamiltentang Inisiasi Menyusui Dini. Jurnal Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 6(2), 149–158. https://doi.org/10.47218/jkpbl.v6i2.52
- Ilmiyani, S. N., Yusuf, N. N., & Susilamayanti, D. (2021). Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadapPeningkatan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Kesehatan Kehamilan di UPTD PuskesmasBagu. Jurnal Medika Hutama, 02(02), 782–789.https://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/171
- Karuniawati, B., & Fauziandari, E. N. (2021). Kelas Ibu Hamil dalam upaya PeningkatanPengetahuan Perawatan Kehamilan dan Perawatan Bayi Baru Lahir di PrambananSleman. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 264–268.https://doi.org/10.30994/jceh.v4i2.239
- Kemenkes RI. (2021). Profil Kesehatan Indonesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatanindonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf
- Kementerian PPN. (2020). Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi - Edisi II TujuanPembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals (TPB/SDGs).Kementerian PPN. https://sdgs.bappenas.go.id/website/wpcontent/uploads/2020/10/Buku-Pedoman-Rencana-Aksi-SDGs.pdf
- Kuswanti, I., & Rochmawati, L. (2021). Efektifitas Media Audio Visual sebagai upaya PromosiKesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Pencegahan PenularanHiv dari Ibu ke Anak (PPIA). Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(1), 87–94.https://doi.org/10.36419/jki.v12i1.441
- Lestari, D., Dewi, P. D. P. K., & Tangkas, N. M. K. S. (2022). Efektivitas Pelaksaan Kelas IbuHamil terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Anak di MasaPandemi COVID-19 di Wilayah KerjaPuskesmas Buleleng I. Jurnal PengabdianKesehatan, 5(2), 156–169. https://doi.org/10.31596/jpk.v5i2.223
- Lucia, S., Purwandari, A., & Pesak, E. (2015). Pengaruh Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil terhadapPengetahuan tentang Persiapan Persalinan. Jidan (Jurnal Ilmiah Bidan), 3(1), 61–65.https://ejurnal.poltekkes-manado.ac.id/index.php/jidan/article/download/361/327
- Mardha, M. S., & Panjaitan, I. S. M. (2020). Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Keikutsertaandalam Kelas Senam Hamil di Rumah Sakit Colombia Asia. Window of Health : JurnalKesehatan, 3(2), 168–175.https://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/597
- Mizawati, A., & Patroni, R. (2019). The Influence of Pregnancy Class in ImprovingKnowledge and Skills of Pregnant Mother about Maternal and Child Health. AtlantisPress, 14, 80–85. https://doi.org/10.2991/icihc-18.2019.21
- Munawarah, Z., & Hidayati, N. (2021). Pengaruh Kelas Ibu Hamil terhadap TingkatPengetahuan Ibu Hamil tentang Tanda Bahaya Kehamilan di Wilayah Kerja PuskesmasBanyumulek. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Farmasi, 9(2), 81–85.https://doi.org/10.51673/jikf.v9i2.875
- Nasir, N. M., Amran, Y., & Nakamura, Y. (2017). Changing Knowledge and Practices ofMothers on Newborn Care through Mother Class: An Intervention Study in Indonesia.Journal of Tropical Pediatrics, 63(6), 440–446. https://doi.org/10.1093/tropej/fmx010
- Pratami, I. M. (2021). Peningkatan Pengetahuan pada Ibu Hamil tentang Kelas Ibu sebagaiUpaya Pencapaian Program Kelas Ibu Hamil. Jurnal ABDIMAS-HIP, 2(2), 89–91.https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol2.iss2.146
- Rahmilasari, G. (2021). Hubungan Keikutsertaan Ibu Hamil pada Kelas Ibu dengan InisiasiMenyusu Dini dan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Asuhan Ibu dan Anak, 6(2), 73–82.https://doi.org/10.33867/jaia.v6i2.267
- Sandi, A., & Neviyarni, N. (2021). Ingatan II : Pengorganisasian,Lupa dan Model-ModelIngatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 115–123.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.191
- Utami, Y. (2016). Peran Kelas Ibu Hamil dalam Keberhasilan ASI Eksklusif. Jurnal Elektronik2TRIK: Tunas-Tunas Riset Kesehatan, 6(3), 123–127.http://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2trik/article/view/6
- Wulandari, D. A., & Utomo, I. H. (2021). Responsivitas Dinas Kesehatan KabupatenKaranganyar dalam Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan AngkaKematian Bayi (AKB) di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Wacana Publik, 1(1), 117–127. https://doi.org/10.20961/wp.v1i1.50895