APAKAH INTENSITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM BERHUBUNGAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI: ANALISIS KORELASI PADA MAHASISWA BARU

Panji Candra Ramadhan* -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Aprillia Mega Rosdiana -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Billah Ahsanul Karima -  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

Supp. File(s): Data Set Plagiarism Check

ABSTRACT: DOES INSTAGRAM USAGE INTENSITY RELATED TO SELF CONFIDENCE: CORRELATION ANALYSYS OF COLLEGE FRESHMAN STUDENT

 

New students tend to think positively and are confident about their ability to use Instagram social media. This study aims to determine the level of intensity of using Instagram social media, the level of self-confidence, and the relationship between the intensity of the use of social media with the confidence of freshman college studentd majoring in management at UIN Malang Class of 2021.The sample were 73 freshman who have an Instagram account and access it at least one hour per day.  The scale used to collect data is the intensity scale of Instagram social media use and the self-confidence scale. The data analysed by correlational test to determine the relationship between the intensity of social media use and self-confidence. The results of this study found that the intensity of using Instagram social media was not related to self-confidence. It means that the high and low intensity of using Instagram social media has no effect on the high and low level of student self-confidence.

 

Keywords: College Freshman Students,  Instagram Usage Intensity, Self Confidence

 

Mahasiswa baru cenderung memiliki cara berpikir yang positif dan percaya diri terhadap kemampuannya dalam memanfaatkan media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas penggunaan media sosial Instagram, tingkat kepercayaan diri, serta hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan kepercayaan diri mahasiswa baru jurusan manajemen UIN Malang Angkatan 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 mahasiswa baru yang memiliki akun instagram dan mengaksesnya minimal satu jam per hari. Skala yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni skala intensitas penggunaan media sosial Instagram dan skala kepercayaan diri. Data dianalisis menggunakan uji korelasional untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan kepercayaan diri. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa intensitas penggunaan media sosial instagram tidak berhubungan dengan kepercayaan diri. Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya intensitas penggunaan media sosial instagram tidak berpengaruh dengan tinggi rendahnya tingkat kepercayaan diri mahasiswa.

 

Kata Kunci : Mahasiswa Baru, Intensitas Penggunaan Instagram, Kepercayaan Diri

Supplement Files

Keywords : Intensitas Penggunaan Instagram, Kepercayaan Diri, Mahasiswa Baru

  1. Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–23.
  2. Annur, C. M. (2021). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia , Mayoritas Usia Berapa ? Katadata.Co.Id, November, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/15/ada-91-juta-pengguna-instagram-di-indonesia-mayoritas-usia-berapa
  3. Ardari, C. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Remaja Awal (Vol. 85, Issue 1). Universitas Sanata Dharma.
  4. Asnawi. (2020). Pedoman akademik 2020-2021. Pedoman Akademik, 123.
  5. Chafsoh, A. M. (2020). Munculnya Culture Shock Pada Mahasiswa Baru Dalam Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sejarah Artikel, 1(1), 1–11.
  6. Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Rajawali Pers.
  7. Constine. (2016). Instagram launches “Stories,” a Snapchatty feature for imperfect sharing | TechCrunch. Techcrunch.Com, 1–10. https://techcrunch.com/2016/08/02/instagram-stories/
  8. Dewi, C. M., Putri, A. S., Zamzam Nugraha, M. P., & Haq, A. H. B. (2021). Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi : Studi Korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653
  9. Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara.
  10. Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Gaya Media Pratama.
  11. Mailanto. (2016). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89% : Okezone techno. Okezone.Com, 1–5.
  12. Permana, T. C., & Prihartanti, N. (2020). Hubungan Antara Eksistensi Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83338
  13. Poushter, J., Bishop, C., & Chwe, H. (2018). Social Media Use Continues to Rise in Developing Countries but Plateaus Across Developed Ones. Pew Research Center, June.
  14. Ranggamukti, B. (2011). Hubungan antara kepercayaan diri dengan frekuensi mengakses situs jejaring sosial.
  15. Santrock, J. W. (2007). Adolescence. McGraw-Hill.
  16. Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau, 53(9), 1–13.
  17. Sonia, A., Nur, A., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109.
  18. Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
  19. Umami, M., & Rosdiana, A. M. (2022). Intensitas Bermedia Sosial dan Self Awareness pada Remaja. Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9, 133–145.
  20. Winasty, D. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kecanduan Media Sosial ( Instagram ) Pada Mahasiswa. Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3(7), 1–13.

Open Access Copyright (c) 2022 Jurnal Psikologi Malahayati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.