Hubungan Gadget Addiction dengan Mental Emosional Anak Usia Prasekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II Pontianak

Rizqy Ananda Rachmaniah* -  Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia
Berthy Sri Utami Adiningsih -  Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia
Triyana Harlia Putri -  Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia

Supp. File(s): Instrumen Riset

ABSTRACT

 

The use of gadgets in preschool children is not a new phenomenon, but due to the Covid-19 pandemic which is still endemic to this day, children often play at home. So that the duration of using gadgets increases from before and can cause children to become addicted to playing gadgets. Gadget addiction is a concern for parents if its use is excessive, which can have an impact on children's development, one of which is emotional development. To analyze the relationship between gadget addiction and mental emotional of preschool-age children during the Covid-19 pandemic at Puskesmas Perumnas II Pontianak. Quantitative research uses analytical observational design with a cross sectional approach. The sampling technique used was proportional sampling with a total sample of 100 respondents. Data analysis using pearson chi square test. Gadget addiction behavior in children as many as 31% experienced severe dependence, 37% moderate, 32% mild, and 4% non-dependent. Emotional mental development of children is 45% likely to have emotional mental problems and 55% have a normal emotional mentality. The Pearson chi square test showed that the P-value = 0.000 (<0.005).There is a relationship between gadget addiction and mental emotional in preschool children during the covid-19 pandemic at Puskesmas Perumnas II Pontianak.

 

Keywords: Gadget Addiction, Mental Emotional Problems, Preschool

 

 

ABSTRAK

 

Penggunaan gadget pada anak usia prasekolah bukanlah fenomena yang baru, tetapi akibat pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini membuat anak lebih sering bermain di rumah. Sehingga durasi penggunaan gadget meningkat dari sebelumnya dan bisa menyebabkan anak menjadi kecanduan dalam bermain gadget. Kecanduan gadget menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua jika penggunaannya sangat berlebihan, yaitu dapat berdampak pada perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan emosional. Menganalisis hubungan gadget addiction dengan mental emosional anak usia prasekolah selama masa pandemi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Perumnas II Pontianak. Penelitian kuantitatif menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Analisa data menggunakan uji pearson chi square. Perilaku gadget addiction pada anak sebanyak 31% mengalami ketergantungan berat, 37% sedang, 32% ringan, dan 4% tidak ketergantungan. Perkembangan mental emosional anak sebanyak 45% kemungkinan mengalami masalah mental emosional dan 55% memiliki mental emosional normal. Uji pearson chi square menunjukkan bahwa P-value = 0,000 (<0,005). Ada hubungan antara gadget addiction dengan mental emosional anak usia prasekolah selama masa pandemi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Perumnas II Pontianak.

 

Kata Kunci: Kecanduan Gadget, Masalah Mental Emosional, Anak Prasekolah

Supplement Files

  1. Agustin, R. (2019). Hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada anak usia preschool. (Doctoral dissertation, Stikes Hang Tuah Surabaya.)
  2. Al-Ayoubi, M. H. (2017). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini (studi di paud dan tk handayani bandar lampung). (Doctoral dissertation, Bandar Lampung)
  3. Armini, N. W., Sriasih, N. G. K., Marhaeni, G. A., & SKM, M. (2017). Asuhan Kebidanan Neonatus, bayi, balita dan anak prasekolah. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ei5LDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA8&dq=Asuhan+Kebidanan+Neonatus,+bayi,+balita+dan+anak+prasekolah.armini&ots=GGca_C0mJI&sig=TUNt2oKguXuutxQcXf5WHMqeA8&redir_esc=y#v=onepage&q=Asuhan Kebidanan Neonatus%2C bayi%2C bali
  4. As-Tsauri, M. S., Arifin, B. S., & Tarsono, T. (2021). Efek penggunaan smartphone berkelanjutan di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan psikologis anak. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 14. https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10818
  5. Baiti, Miladiani Anita Nur. (2018). Deteksi dini perkembangan mental emosional pada anak usia 3-6 tahun di tk aba ketanggungan wirobrajan. Yogyakarta : Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan Universitas Aisyiyah.
  6. Chikmah, A. ., & Fitrianingsih, D. (2018). Pengaruh durasi penggunaan gadget terhadap masalah mental emosional anak pra sekolah. Jurnal SIKLUS , 7(2), 295–299.
  7. Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://eresources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X2050050
  8. Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak negatif penggunaan gadget berdasarkan aspek perkembangan anak di sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020
  9. Darmiah. (2019). Perkembangan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI. Jurnal Pendidikan, 8(2), 94–104. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/6230
  10. Efastri, S. M, D. (2018). Hubungan ketergantungan gadget dengan pendekatan REBT terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi PG-PAUD FKIP UNILAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(14), 63–65. https://doi.org/10.15900/j.cnki.zylf1995.2018.02.001
  11. Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, banyumanik. Department of Nursing Science, Faculty of Medicine, Diponegoro University, Semarang, Indonesia.
  12. Imron, R. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 148. https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.922
  13. Ishariani, L. (2020). Penggunaan Gadget Dan Sedentary Behaviour Pada Anak Usia Prasekolah Di Taman Kanak-Kanak Aisyah Bustanul Athfal Iii Pare. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(1), 36–40. https://doi.org/10.53599/jip.v2i1.62
  14. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : KemenKes RI
  15. Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Kajian gender dan anak. Jurnal Kajian gender dan anak, 4(1), 63–82. Jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender
  16. Maretha Mudiarni M, & Qurotul Uyun. (2018). Hubungan kontrol diri dan smartphone addiction pada mahasiswa (Universitas Indonesia). https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
  17. Mauliyah, I. (2018). Perkembangan mental emosional pada anak umur 3-5 tahun ditinjau dari sikap orang tua. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.32536/jrki.v1i2.8
  18. Maylasari, S.ST., M. S., Rida Agustina, S.ST, M. S., Nindya Riana Sari, S.ST., M. S., & Freshy Windy Rosmala Dewi, S. S. (2020). Profil Anak Usia Dini (Katalog : 4103021). Jakarta : Badan Pusat Statistik.
  19. Mulyantari, A. I., Romadhona, N., Nuripah, G., Susanti, Y., & Respati, T. (2019). Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget dengan Status Mental Emosional pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.29313/jiks.v1i1.4213
  20. Najwa, N. (2021). Pola asuh orangtua dalam mengantisipasi dampak penggunaan gadget di Masa Pandemi Covid-19. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 79–92.
  21. Nurhidayah, I., Ramadhan, J. G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran orangtua dalam pencegahan terhadap kejadian adiksi gadget pada anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 129–140.
  22. Nurjanah, S. (2020). Gangguan mental emosional pada klien pandemi Covid 19 di rumah karantina. Journal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(3), 329–334.
  23. Oktaviana, S., Nisa, J., & Baruroh, U. (2019). The relationship between the use of gadgets and the development of toddlers in the village of pendawa in lebaksiu district, Tegal Regency. Indonesian Journal of Midwifery, 3(2), 44–51.
  24. Puspitasari, I. (2019). Efektivitas pendidikan kesehatan terhadap tingkat ketergantungan pemakaian gadget pada usia sekolah dasar menggunakan media komik. (Doctoral dissertation, STIKES Kepanjen Malang).
  25. Putri, D. A. (2021). Pengaruh smartphone addiction terhadap kualitas komunikasi keluarga di Kelapa Gading. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Jakarta.
  26. Rusmana, N. P. M. (2021). Peran orang tua dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak usia prasekolah di banjar perean, desa perean, kecamatan baturiti, kabupaten tabanan. (Doctoral dissertation, Stikes Bina Usada Bali).
  27. Rusmianto, A., & Putra, K. P. (2020). Studi pengetahuan orang tua tentang gawai dan pemberian gawai pada anak usia 9-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 135–141. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3475
  28. Salis Hijriyani, Y., & Astuti, R. (2020). Penggunaan gadget pada anak usia dini dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
  29. Sari, E. M. (2019). Hubungan peran orang tua dengan perilaku mental emosional anak usia prasekolah di puskesmas sedayu II Bantul Yogyakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Alma Ata Yogyakarta).
  30. Setianingsih, S. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Jurnal Gaster, 16(2), 191–205. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297
  31. Setyawan, M. (2016). Hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan kestabilan emosi pada pengguna media sosial usia dewasa awal. Sanata Dharma Univ. https://repository.usd.ac.id/5958/2/119114156_full.pdf
  32. Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh kesiapan menjadi orang tua dan pola asuh psikososial terhadap perkembangan sosial anak. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95
  33. Siami, H. (2017). Hubungan antara kualitas komunikasi interpersonal dan religiusitas dengan kepuasan perkawinan. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Untag Surabaya.
  34. Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital parenting sebagai upaya mencegah kecanduan gadget pada anak usia dini saat pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
  35. Sofia, A. (2021). Hubungan durasi penggunaan gadget dan pendampingan orang tua dengan masalah mental emosional anak usia 36-60 bulan.(Doctoral dissertation, STIKES Ngudia Husada Madura).
  36. Sri Rahayu, N. S., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal paud agapedia, 5(2), 202-210.
  37. Subekti, N., & Nurrahima, A. (2019). Gambaran keadaan mental emosional. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 3(2), 10–15.
  38. Suherman, R. . (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kecanduan gadget pada anak prasekolah. (Doctoral dissertation, stikes hang tuah surabaya).
  39. Suyami, L. S. (2009). Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Di Desa Buntalan Iclaern. Dengan Tingkat Perkembangan Sosial Anak Usia 1 - 3 Tahun, 1(6), 1–17.
  40. Triastutik, Y. (2018). Hubungan bermain gadget dengan tingkat perkembangan anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–8.
  41. Tvonenews. (2019). Anak kecanduan gadget, kerap marah jika kuota habis, Rumah Sakit Marzuki Mahdi. https://youtu.be/7xYNsQ6fu7Y
  42. Vitrianingsih, Khadijah, S., & Ceria, I. (2019). Hubungan peran orang tua dengan ketergantungan anak terhadap penggunaan gadget. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 7(1), 98–107.
  43. Wijaya, A. S., & Nugroho, N. (2021). Dampak gawai terhadap perkembangan anak usia pra sekolah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 103–114. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2667
  44. Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi dini gangguan mental dan emosional pada anak yang mengalami kecanduan gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382–392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843
  45. Yiw’Wiyouf, R., Ismanto, A., & Babakal, A. (2017). Hubungan pola komunikasi dengan kejadian temper tantrum pada anak usia pra sekolah di Tk Islamic Center Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 1–7.
  46. Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127