Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Fisik Anak Usia Prasekolah 4-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Meruyung Kota Depok

Putri Aulia Nabila, Nita Sukamti, Andi Mayasari Usman

Sari


ABSTRACT

 

In developed countries 50% of preschool children aged show anti social behavior disorders. The prevalence of independence level is 53% independent, 9% dependent on parents, 38% fully dependent on parents and 17% quite independent. If it abandoned, behavioral disorder and independence will occur. This research was aimed to determine the relationship of parenting styles with social development and physical independence on preschool children. This research method used a descriptive analysis design with a cross sectional approach. The sample was 50 respondents. Sampling technique with total sampling. The research instrument used a questionnaire. The data were analyzed using a non-parametric test, namely chi square. The research results of the 50 parent respondents who applied democratic parenting were 22 respondents (44.0%) with good social development of 27 respondents (54.0%) and less physical independence was 25 respondents (50.0%). The parenting result with social development obtained p value = 0.001 (p < 0.05) and parenting with physical independence p value = 0.001 (p < 0.05). There is a relationship of parenting style with social development and independence in preschool children aged 4-6 years in Kindergarten at Meruyung Region, Depok City.

 

Keywords: Parenting Style, Social Development, Physical Independence

 

ABSTRAK

 

Negara maju 50% anak usia prasekolah menunjukan gangguan perilaku anti sosial. Prevalensi tingkat kemandirian 53% mandiri, 9% bergantung orang tua, 38% bergantung penuh dengan orang tua dan 17% cukup mandiri. Jika didiamkan akan terjadi gangguan perilaku dan ketidakmandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial dan kemandirian fisik anak usia prasekolah. Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 50 responden. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji non parametrik yaitu chi square. Hasil penelitian dari 50 responden orang tua menerapkan pola asuh demokratis sebanyak 22 responden (44,0%) dengan perkembangan sosial cukup baik 27 responden (54,0%) dan kemandirian fisik kurang mandiri yaitu 25 responden (50,0%). Hasil pola asuh dengan perkembangan sosial didapatkan nilai p= 0,001 (p<0,05) dan pola asuh dengan kemandirian fisik nilai p= 0,001 (p<0,05). Terdapat hubungan pola asuh dengan perkembangan sosial dan kemandirian pada anak usia prasekolah 4-6 tahun  di Taman Kanak-kanak Wilayah Meruyung Kota Depok. 

Kata Kunci : Pola Asuh Orang tua, Perkembangan Sosial, Kemandirian Fisik


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 88–98.

Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola asuh orangtua dan lingkungan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2).

Haryanti, P. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Usia Prasekolah.

Ismiriyam, F. V., Trisnasari, A., & Kartikasari, D. E. (2017). Gambaran Perkembangan Sosial Dan Kemandirian Pada Anak Prasekolah Usia 4-6 Tahun Di Tk Al-Islah Ungaran Barat. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 1(1).

Jojon, J., Wahyuni, T. D., & Sulasmini, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Over Protective Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah di SDN Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Maghfuroh, L., & Putri, K. C. (2017). Pengaruh finger painting terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di tk sartika i sumurgenuk kecamatan babat lamongan. Journal of Health Sciences, 10(1).

Potterton, J., Hilburn, N., & Strehlau, R. (2016). Developmental status of preschool children receiving cART: A descriptive cohort study. Child: Care, Health and Development, 42(3), 410–414.

Rima, A. (2017). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B di TK Sayang Bunda Kelurahan Pijoan. Jurnal Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B Di Tk Sayang Bunda Kelurahan Pijoan.

Rochwidowati, N. S., & Widyana, R. (2016). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 49–65.

Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171.

Sulistyowati, R. F., Mariani, M., & Sukarlan, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Anak Usia 4–6 Tahun di RA. Raudatul Jannah Sei Miai Dalam Banjarmasin. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 9(2), 58–62.

Susanti, E. (2017). Korelasi tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh terhadap kemandirian anak dalam keluarga. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(1), 13–23.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Suteja, J., & Yusriah, Y. (2017). Dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial-emosional anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696.

Tunny, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Pada Usia 1-5 Tahun Di Dusun Waimital Desa Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2016. GLOBAL HEALTH SCIENCE (GHS), 3(3), 191–195.

Utami, C. H. (2016). Hubungan Pola Asuh Autoritatif Dengan Kemandirian Anak Tk Di Banjararum Kalibawang Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(9), 904–917.

Utami, K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Negeri Pembina Lombok Barat 2017. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula.

Wina, L., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 1(1).

Zukhri, S., & Suryani, L. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Perkembangan Sosial Anak Usia 1-3 Tahun Di Desa Buntalan Klaten. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(9).




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v2i2.6000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Publisher: Universitas Malahayati Lampung


Creative Commons License
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


kostenlose besucherzähler