Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Pada Remaja di Pasar Minggu Jakarta Selatan

Nurrahmah Nurrahmah, Nita Sukamti, Nur Fajariyah

Sari


ABSTRACT

 

Gadgets are small electronic devices designed with various practical functions to assist human work. Unfortunately, there is often a misuse of gadgets by teenagers, leading to an increase in the number of gadget-dependent teenagers. This has the potential to cause emotional and behavioral disorders in them. What is meant by emotional disturbance is a condition that arises due to certain situations related to approach or avoidance behavior towards something. The purpose of this study was to determine the relationship of gadget use to emotional development in adolescents. This study used Cross sectional method. The population is teenagers in Pejaten Barat, South Jakarta. The sampling technique used Random Sampling with a total sample of 112. The instruments used were a gadget questionnaire with a Likert scale and questionnaire Strenghth Diffuculties Questionnaire SDQ using Chi-Square analysis used to identify the relationship between variables. The results showed that there was a relationship between gadget use and emotional development (P Value = 0.001). The conclusion of this study is that there is a relationship between gadget use and emotional development in adolescents (P Value = 0.001). It is hoped that the results of this study can make teenagers wiser in using gadgets.

 

Keywords: Gadget, Emotional Development, Adolescents.

 

 

ABSTRAK

 

Gadget adalah perangkat elektronik kecil yang dirancang dengan berbagai fungsi praktis untuk membantu pekerjaan manusia. Namun disayangkan, sering kali terjadi penyalahgunaan gadget oleh remaja, yang menyebabkan peningkatan jumlah remaja yang ketergantungan terhadap gadget. Sehingga berpotensi menimbulkan gangguan emosi dan perilaku pada mereka. Yang dimaksud dengan gangguan emosi adalah suatu kondisi yang muncul akibat situasi tertentu yang berkaitan dengan perilaku pendekatan atau penghindaran terhadap sesuatu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode Cross sectional. Populasinya adalah remaja di Pejaten Barat Jakarta Selatan. Teknik penggambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan total sampel 112. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner gadget dengan skala likert dan kuesioner Strenghth Diffuculties Questionnaire SDQ dengan menggunakan analisis Chi-Square digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan emosional (P Value = 0,001). Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan emosional pada remaja (P Value = 0,001). Diharapkan  hasil penelitian ini remaja dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget.

 

Kata Kunci: Gadget, Perkembangan Emosional, Remaja


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustin, R. P. (2019). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Preschool. (Doctoral dissertation, stikes hang tuah surabaya).

Aryani, F., & Latif, S. (2022). Deteksi Dini Masalah Psikologis dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Strength and Difficulties Questionnaire (Sdq). Semnas 2022, 1(1), 158–162.

Darmiah. (2020). Perkembangan Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI.

Hapsari, K. S. (2020, September 21). Gangguan Kepribadian. Retrieved Desember 21, 2023, from Atma Husada Mahakam: https://rsjdahm.kaltimprov.go.id/awas-gangguan-kepribadian/

Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. bisakimia.

Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Kelas 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30–40.

Kusuma Rini, M., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194.https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4609

Malfasari, E., Febtrina, R., Herniyanti, R., Timur, L. B., Sekaki, P., Tim, L. B., Kota, P., & Pekanbaru, K. (2020). Kondisi Mental Emosional pada Remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 241–246.

MULYANI, A. A. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Perilaku Pada Remaja Awal Di RW. 13 Kelurahan Harapan Jaya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).

Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 417. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5982

Newzoo. (2020). Top Countries by Smartphone Users.

Noormiyanto, F. (2018). Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadget Dan Tingkat Kontrol Orangtua Anak Terhadap Interaksi Sosial Anak Sd Kelas Tinggi Di Sd 1 Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah. . Universitas PGRI Yogyakarta Vol: 5 No: 1 , 138-149.

Nourwahida, C. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMA Darussalam Ciputat. Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah.

Pramana, A. W. (2018). Hubungan antara waktu penggunaan.

Riskesdas, L. N. (2018). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2018.

Rizaty, M. A. (2021, July 23). 9 Provinsi dengan Proporsi Remaja & Dewasa (15-59 Tahun) Memiliki Keterampilan TIK di Atas Rata-rata Nasional Tahun 2020 (%). Retrieved Oktober 12, 2023, from databoks.katadata:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/23/anak-muda-dki-jakarta-paling-mahir-gunakan-tik-se-indonesia

Sari, L., Susanti, A. Y., & Hajimi, H. (2019). Hubungan Paparan Gadget dengan Perkembangan Emosional pada Anak Usia Remaja Kelas VII dan VIII SMP Negeri 04 Pontianak Timur. Khatulistiwa Nursing Journal, 1(2),3040.https://doi.org/10.53399/knj.v1i2.14

Setioninggrum, F. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dan Gaya Hidup dengan Intensitas Penggunaan Gadget pada Remaja. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 1165.http://repository.radenintan.ac.id/7952/1/SKRIPSI FULL.pdf

Setyaningsih, E., & Setyowatie, D. (2023). E Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 3(1), 64–71. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v3i1.919

Sidaria. (2018). Kecanduan Gadget Dan Keterampilan Sosial Pada Remaja Di Sma Pgri I Padang. Menara Ilmu, 12(9), 193–203

Siregar, Y. (2021, Desember 26). Manfaat dan Dampak Buruk dari Gadget. Retrieved Oktober 23, 2023, from yoursay.suara:https://yoursay.suara.com/ulasan/2021/12/26/172837/manfaat-dan-dampak-buruk-dari-gadget

Solikhin, B. (2021). Dampak Bullying terhadapkondisiperkembangan emosi remaja di desa kapuran kecamatan badegan kabupaten ponorogo.(Doctoraldissertation, IAIN Ponorogo).

Ulfa Suryani, & Yazia, V. (2023). Hubungan Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 15(2),517524.https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.862

World Health Organization (WHO). (2019).Adolescenthealth.https://www.who.int/healthtopics/adolescenthealth#tab=tab_1

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107119.https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369

Yolanda, C. (2022). Hubungan Religiusitas dan Kematangan Emosi dengan Perilaku Seks Bebas pada Siswa SMA Negeri "X" Lhokseumawe. Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.

Zega, B. R., & Harefa, A. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. Journal on Education, 06(01), 5357–5363. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3715%0Ahttps://jonedu.org/index.php/joe/article/download/3715/3085




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v4i2.13690

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License