Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Profesi Ners

Wini Amalia* -  Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
Hadi Abdilah -  , Indonesia
Kartika Tarwati -  , Indonesia

Supp. File(s): Instrumen Riset

ABSTRACT

 

Anxiety is a state that can result in a person feeling uncomfortable, agitated, afraid, worried, and not at ease followed by various physical symptoms Anxiety is also a person's subjective feelings about tension, fear, nervousness, and worry related to the arousal of the nervous system. The high level of anxiety causes a person's normal life to be difficult such as disruption of activities and social life. anxiety is one of the many types of emotional and behavioral disorders. The purpose of this study is to find out the Overview of the Anxiety Level of Final Year Students of the Ners Professional Education Study Program. This research method uses Descriptive Quantitative Analysis with a cross sectional approach. The final year student population of the Ners Professional Education Study Program at Muhammadiyah Sukabumi University is 49 people. The results showed that the majority of respondents experienced anxiety (46.9%), a small percentage of respondents experienced panic by (4.1%).vIt can be concluded that the sex of the respondents was (71.4%) female and (28.6%) male. the majority of respondents were aged 20-25 (78%), and no respondents were aged 26-30 (0%). So the majority of respondents experienced no anxiety (46.9%), and a small proportion of respondents experienced panic (4.1%). Suggestions for future researchers This research is expected to be a reference for further research with experimental research regarding actions that can be given to reduce students' anxiety levels in dealing with final assignments both at undergraduate level and Nurses Education.

 

Keywords: Anxiety, Final Year Students

 

 

ABSTRAK

 

Kecemasan merupakan keadaan yang dapat mengakibatkan seseorang merasa tidak nyaman, gelisah, takut, khawatir, dan tidak tentram diikuti berbagai gejala fisik kecemasan juga yaitu perasaan subjektif seseorang tentang ketegangan, ketakutan, gugup, dan khawatir berhubungan dengan gairah dari sistem saraf. Tingginya tingkat kecemasan menyebabkan kehidupan normal seseorang menjadi sulit seperti terganggunya kegiatan dan kehidupan sosial. Kecemasan merupakan salah satu dari berbagai jenis gangguan emosi dan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Pendidikan Profesi Ners. Metode penelitian ini menggunakan Kuantitatif Deskriptif Analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi mahasiswa tingkat akhir Program Studi Pendidikan Profesi Ners di Universitas Muhammadiyah Sukabumi sebanyak 49 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden mengalami ketidak cemasan sebesar (46,9%), sebagian kecil responden mengalami panik sebesar (4,1%). Dapat disimpulkan Jenis kelamin responden yaitu (71,4%) perempuan dan (28,6%) laki-laki. mayoritas responden berada pada usia 20-25 yaitu (78%), dan tidak ada responden berada pada usia 26-30 yaitu (0%). Jadi mayoritas responden mengalami tidak cemas yaitu (46,9%), dan sebagian kecil responden mengalami panik yaitu (4,1%). Saran bagi peneliti selanjutnya Penelitian ini diharapkan menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya dengan penelitian eksperimental mengenai tindakan yang dapat diberikan untuk menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir baik di tingkat S1 maupun Pendidikan Ners.

 

Kata Kunci: Kecemasan, Mahasiswa Tingkat Akhir.

Supplement Files

  1. A., A. (2017). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Mahasiswa Sebelum Sidang Skripsi Terhadap Nilai Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Doctoral Dissertation Tanjungpura University).
  2. Annisa, D. F. & I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Universitas Negeri Padang.
  3. Anwar, R., & Wijaya, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(2), 155–168. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/267823855.Pdf
  4. Azzahra, Nurma Annisa, H. Dan K. D. (2019). Pola Komunikasi Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(2), 137-142.
  5. Erdoğdu, Y., Koçoğlu, F., & Sevim, C. (2020). An Investigation Of The Psychosocial And Demographic Determinants Of Anxiety And Hopelessness During Covid-19 Pandemic. Klinik Psikiyatri Dergisi, 2, 23, 24–37. Https://Doi.Org/10.5505/Kpd.2020.35403
  6. Hastuti, R. Y., Sukandar, A., & Nurhayati, T. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di Stikes Muhammadiyah Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan. Http://Ukitoraja.Ac.Id/Journals/Index.Php/Jkip/Article/View/151
  7. Hidayat, A. A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknis Analisis Data. Salemba Medika.
  8. Kautsar, F., Gustopo,G., Achmadi., F. (2015). Uji Validitas Dan Reliabilitas Hamilton Anxiety Rating Scale Terhadap Kecemasan Dan Produktivitas Pekerja Visual Inspection Pt. Widatra Bhakti. Seminar Nasional Teknolog, 588–592.
  9. Livana, P. H., Susanti, Y., & Arisanti, D. (2018). Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Community Of Publishing N Nursing (Coping), 6, 115–120. Https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/Coping/Article/Download/53240/31502
  10. Lubis, P., Widianti, E., & Amrullah, A. (2014). Tingkat Kecemasan Orangtua Dengan Anak Yang Akan Dioperasi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 2(154–160). Http://128.199.73.20/Jkp/Index.Php/Jkp /Article/Download/85/81
  11. Malfasari, E., Devita, Y., Erlin, F., & F. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Payung Negeri Pekan Baru. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
  12. Maulana, M. V. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyusun Skripsi Pada Masa Pandemi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  13. Muyasaroh, H. (2020). Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19. 3. Http://Repository.Unugha.Ac.Id/Id/Eprint/858
  14. Natalya, W. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan Warga Terdampak Covid 19 Di Kecamatan Comal Kabupaten Pem. University Research Colloqium, 458–463. Http://Repository.Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/1230/1198
  15. Nilofer Farooqi, Y., Ghani, R., & D. Spielberger, C. (2012). Gender Differences In Test Anxiety And Academic Performance Of Medical Students. International Journal Of Psychology And Behavioral Sciences, 2(2), 38–43.
  16. Notoadmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
  17. Nurhidayati, T., & Muhsinatun. (2018). Gambaran Kecemasan Mahasiswa Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 01(2654–3257), 33–41.
  18. Padila, P., Ningrum, D., Andri, J., Sartika, A., & Andrianto, M. (2021). Kecemasan Orang Tua Ketika Anak Berinteraksi Sosial Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampar. 5,168177.Https://Doi.Org/10.31539/Jks.V5i1.2709
  19. Putra, F. A., & , Anik Suwarni, T. P. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Mahasiswa Profesi Ners Saat Menghadapi Ujian Akhir Stase Di Rsud Karanganyar. 15(1979–8261), 43–49.
  20. Rafie, R. (2021). Perbedaan Metode Afirmasi Diri Dan Konseling Untuk Pencegahan Kecemasan Menghadapi Tes (Test Anxiety) Pada Mahasiswa Kedokteran Di Universitas Malahayati. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(1), 123–130. Https://Doi.Org/10.33024/Jkm.V7i1.3288
  21. Rahayu, D. S. (2015). Asuhan Ibu Dengan Kanker Serviks. Salemba Medika.
  22. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian.
  23. Sugiharno, R. T., Ari Susanto, W. H., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Tugas Akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189–1197. Https://Doi.Org/10.31539/Jks.V5i2.3760
  24. Wibowo, H. P., & Zebua, W. R. (2020). Hubungan Peran Dosen Pembimbing Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Priority, 3(2), 93–100. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34012/Jukep.V3i2.1120
  25. Windi Anggaraeni, Tanti Suryawantie, Eva Daniati, R. A. (2022). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Sistem Belajar Online Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Stikes Karsa Husada Garut. Jurnal Medika Cendikia, 09(2355-827x), 86–97.
  26. Yunere, F. And Yaslina, Y. (2022). Hubungan Stigma Dengan Kecemasan Perawat Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 3(1), Pp. 1–7.