Hubungan Penyesuaian Diri dengan Stres Akademik pada Siswa

Loura Korengkeng, Dian Pratiwi Iman, Santi Najoan

Sari


ABSTRACT

 

Self-adjustment is an important requirement for the creation of individual mental health. Many students feel burdened and unable to achieve happiness in their lives due to their inability to adapt, one of which is the school transition. Academic stress is a problem faced by students.  This study aims to determine the relationship between self-adjustment and academic stress among students at Dewi Laut Bitung Highschool. This study uses a descriptive correlational method with a cross-sectional approach. The sampling technique used total sampling with a sample size of 71. Data was collected using self-adjustment and academic stress questionnaires.  Data analysis showed that the majority of participants, 52 respondents (70.4%), had moderate self-adjustment, and 47 respondents (66.2%) had moderate academic stress. Further data analysis using Pearson correlation showed a value of p=0.001; and r=-0.370. There is a significant relationship between self-adjustment and academic stress among students at SMK Dewi Laut Bitung.  The relationship was found to be weak with a negative direction, indicating that the higher the participants' self-adjustment, the lower their academic stress. It is recommended for SMK Dewi Laut Bitung school authorities to pay attention to stress management by creating a pleasant and communicative learning environment, allowing students to participate in the learning process effectively. For future researchers, it is recommended to conduct research on improving the self-adjustment of students at SMK Dewi Laut Bitung regarding academic stress through guidance and counseling.

 

Keywords: Self-Adjustment, Academic Stress, Students

 

 

ABSTRAK

 

Penyesuaian diri merupakan persyaratan penting bagi terciptanya kesehatan jiwa individu. Banyak siswa merasa terbebani dan tidak mampu mencapai kebahagiaan dalam hidupnya karena ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri, salah satunya adalah transisi sekolah. Stres akademik merupakan permasalahan yang dihadapi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penyesuaian diri dengan stres akademik pada siswa SMK Dewi Laut Bitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 71 sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner penyesuaian diri dan stress akademik. Analisis data menunjukan bahwa sebagian besar partisipan yaitu 52 responden (70.4%) memiliki penyesuaian diri sedang dan 47 responden (66.2%) memiliki stres akademik sedang. Lebih lanjut analisis data menggunakan pearson correlation menunjukkan nilai p= 0.001; dan r= - 0.370. Terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri dengan stres akademik pada siswa SMK Dewi Laut Bitung. Hubungan ditemukan pada kategori lemah dengan arah negative, yangmana semakin tinggi penyesuain diri partisipan maka semakin rendah stres akademik yang dimiliki. Direkomendasikan bagi pihak sekolah SMK Dewi Laut Bitung untuk dapat memperhatikan penanganan stres dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan komunikatif sehingga siswa boleh mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan penelitian dengan peningkatan penyesuaian diri siswa SMK Dewi Laut Bitung terhadap stres akademik melalui bimbingan dan konseling.

 

Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Stres Akademik, Siswa


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ahmad, R. (2014). Peran Status Sosioekonomi Orangtua Dan Penyesuaian Diri Terhadap Motivasi Intrinsik Dalam Belajar. Jurnal Nalar Pendidikan, 2339-0749.

Azizabdul. (2017). Pengaruh Antara Kepercayaan Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Remaja Kelas X Di Sekolah MenengahAkhirMuhammadiyah 5 Karanggeneng. Jurnal Psikosains, 92-98.

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., & Yudha, E. S. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik Dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesian Journal Education Of Counseling, 197-208.

Bactiar, M. I., & Asriani. (2015). Efektifitas Strategi Problem Focused Coping Dan Emotional Focused Coping Dalam Meningkatkan Pengelolaan Stres Siswa Di Sma Negeri 1 Barru. Jurnal Pendidikan Psikologi, 69-82.

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2018). Konsep Stress Akademik Siswa.Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 143-148.

Busari, A. O. (2011). British Journal Of Humanities And Social Sciences: Stress Inoculation Techniques In Fostering Adjustment To Academic Stress Among Undergraduate Students. Journal.

Christyanti, D., Mustamiah, D., & Sulistiani, W. (2010). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik Dengan Kecenderungan Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. . Jurnal Psikologi, 3.

Desmita. (2013). Psikologi Pendidikan. Pt Remaja Rosdakarya Pt Remaja Rosdakarya.

Dixit, M., & Signh, N. (2015). Academic Stress Of School Student In Relation To Their Self-Esteem. Global Journal For Research Analysis, 1-2.

Ernawati, L., & Rusmawati, D. (2015). Dukungan Sosial Orang Tua Dan Stres Akademik Pada Siswa Smk Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Jurnal Empati, 26-31.

Gunawati, R. (2010). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Psikologi- E-Journal, 2.

Habeeb, K. A. (2010). Prevalence Of Stresors Among Female Medical Students.

Journal Of Taibah University Medical Sciences, 11, 110-116.

Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru.Jurnal:Uad, 2.

Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas, Dan Depresi. . Jakarta: Balai Penerbit Fkui.

Iflah, W., & Listyasari, D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru.Jurnal:Unj, 1.

Kasari, W., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 8 Purworejo. Jurnal Empati, 368-372.

Kurnia, E. T. (2014). Gambaran Stres Akademik Siswa Sma N 3 Padang. Jurnal Universitas Andalas.

Kusdiyati, Sulisworo, Lilim Halima, & Faisaluddin. (2011). Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas Xi Sma Pasundan 2 Bandung. Jurnal Psikologi, 2.

Lidya, S. F., & Darmayanti, D. (2015). Self-Efficacy Akademik Dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Sma Patra Nusa. JurnalDiversita, 1.

Liu, Y. (2015). The Longitudinal Relationship Between Chinese High School Students' 2 Academic Stress And Academic Motivation. Journal Learning And Individual Differences , 123-126.

Muchamad, C. (2015). Penyesuaian Diri: Sebagai Upaya Mencapai

Kesejahteraan Jiwa. Jakarta: Erlangga, Tt, 45.

Mahmud, R., & Zahrotul, U. (2016). Deskriptif Mengenai Pola Pada Mahasiswa Praktikum. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2.

Musradinur. (2016). Stres Dan Cara MengatasinyaDalam Perspektif Psikologi.Jurnal: Edukasi, 2.

Mataputun, Y., & Saud, H. (2019). Analisis Komunikasi Interpersonal Dan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 32-37.

Nadsir, A. I., & Nawang, W. W. (2013). Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren.Jurnal Psikologi Tabulasara, 2.

Purwati, S. (2010). Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia. Journal Universitas Indonesia.

Rahmat. (2013). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Smu Plus Jakarta. Jurnal Psikologi.

Rahmawati, W. K. (2017). Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 2.

Riskesdas. (2018). Hasil Riskesdas. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sihombing, J. P. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Siswa Asrama Sma Swasta Katolik. Jurnal Repository, 2.

Sivan, S., & Rangasubhe, P. (2013). Prevalence Of Stress Academic And Its Associated Factors. Journal Of Evolution Of Medical And Dental Sciences, 9386-9394.

Taufik, Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa Sma Negeri Di Kota Padang. Jurnal.Konselingindonesia.

Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa Sma Negeri Di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 143-150.

Utami, M. B. (2016). Hubunganantarahargadiri Dan Penyesuaiandiri Siswi Kelas X Sma Tarakanita. Jurnal Psiko-Edukasi, 68-76.

Wijayanti, P. A., & Sulistiobudi, R. A. (2018). Peer Relation Sebagai Prediktor Utama School Well-Being Siswa. JurnalPsikologi, 56-67.

Yusuf, N. S. (2016). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Sma Negeri 8 Medan. Jurnal Universitas Medan Area.




DOI: https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i6.10563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Publisher: Universitas Malahayati Lampung

Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License