Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura

Mitha Iska Rusianti* -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
Faisal Kholid Fahdi -  Universitas Tanjungpura, Indonesia
Argitya Righo -  Universitas Tanjungpura, Indonesia

ABSTRACT

 

The number of events that occur to students today is found that students say that their families often support them in doing their thesis (67.4%) however, sometimes students feel less motivated in doing their thesis (59.4%) with various causes including lazy habits, lack of support from the closest people, a classmate has finished his thesis so that he feels alone as well as internal and external factors. To determine the relationship between family support and motivation in completing thesis in final year students at the Faculty of Medicine, Tanjungpura University. This type of research is a quantitative research with a correlation design through a cross sectional approach. Population in this study were final year students who took thesis courses at the Faculty of Medicine, Tanjungpura University in 2022. The sampling technique in this study used Snowball Sampling with a sample of 114 people. Data analysis using pearson product moment. The results showed that most of the students received good family support as many as 86 people (75.4%) and all students had strong motivation as many as 114 people (100%). There is a relationship between family support and motivation to complete the thesis with a p value of 0.000 (<0.05) and a correlation value of 0.451 which indicates that the level of significance is moderate. There is a relationship between family support and motivation to complete a thesis at the Faculty of Medicine, Tanjungpura University.

 

Keywords: Family Support, Motivation, Students.

 

 

ABSTRAK

 

Angka kejadian yang terjadi pada mahasiwa saat ini ditemukan bahwa mahasiswa mengatakan keluarga sering mendukung dalam mengerjakan skripsi (67,4%) akan tetapi, kadang-kadang mahasiwa merasa kurang termotivasi dalam mengerjakan skripsi (59,4%) dengan berbagai penyebab diantaranya kebiasaan bermalas-malasan, kurangnya dukungan dari orang-orang terdekat, teman satu angkatan telah selesai skripsi sehingga merasa sendiri serta faktor internal dan eksternal. Mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap motivasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasi melalui pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mengambil mata kuliah skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura tahun 2022. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Snowball Sampling dengan sampel sebanyak 114 orang. Analisa data menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa mendapatkan dukungan keluarga yang baik sebanyak 86 orang (75,4%) dan mahasiwa seluruhnya memiliki motivasi kuat sebanyak 114 orang (100%) dengan nilai p value 0,000 (<0,05) dan nilai r hitung 0,451 yang menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sedang. Terdapat hubungan dukungan keluarga terhadap motivasi menyelesaikan skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

 

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi, Mahasiswa.

  1. Apuanor, Sudarmono, & Arifin, M. (2017). Motivasi Menyelesaikan Skripsi Mahasiswa Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja. Ilmu Pendidikan, 5(1), 13–20. http://e-jurnal.stkipmsampit.ac.id/index.php/Pendidikan/article/view/49/43
  2. Aslinawati, E. N., & Mintarti, S. U. (2017). Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus di Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 26–37. https://doi.org/10.17977/um014v10i12017p026
  3. Asrun, M., Aspin, & Silondae, D. P. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kecerdasan Spiritual Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Psikologi Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Halu Oleo Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Sublimapsi, 1(1). https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i1.10732
  4. B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641
  5. Dewy, D. V. (2018). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua, Fasilitas Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pedagogik Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Univesitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
  6. Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82. https://doi.org/10.31965/infokes.vol16.iss1.173
  7. Hidayat, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Menyelesaikan Skripsi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 299–304. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4573
  8. Ilmiati, M., Sari, N. P., & Sholihat, N. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Motivasi Mahasiswa Pada Saat Menyelesaikan Skripsi. Healthcare Nursing, 3(2), 125–131.
  9. Latief, D. M., & Kurniawan, K. (2021). Pola asuh orang tua dan efikasi diri memengaruhi motivasi dalam menyelesaikan skripsi. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 97–108. https://doi.org/10.26539/teraputik.51657
  10. Nasution, S. Z., & Purba, W. D. (2017). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Mahasiswa Reguler Menjalani Pendidikan Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Jurnal Persatuan Perawat Nasional Indonesia (JPPNI), 1(3), 223. https://doi.org/10.32419/jppni.v1i3.33
  11. Ni’mah, A., Tadjri, I., & Kurniawan, K. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Self Efficacy Dalam menyelesaikan Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 43–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
  12. Pramaswari, E. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 77. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p77-82
  13. Prihatsanti, U. (2014). Dukungan Keluarga Dan Modal Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 196–201. https://doi.org/10.14710/jpu.13.2.196-201
  14. Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih, dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket universitas surabaya. Jurnal Ilmiah Universitas Surabaya, 3(1), 1–11.
  15. Rahayu, W. E., & Sugiarto, P. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Melanjutkan Studi S1 Keperawatan Mahasiswa Semester Vi Prodi Diploma Iii Keperawatan Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Jurnal Kesehatan, 6(2), 142–148. https://doi.org/10.35913/jk.v6i2.124
  16. Rosanty, R. (2014). Pengaruh Musik Mozart dalam Mengurangi Stres pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 3(2).
  17. Sahabat, A. K., & Salamor, J. M. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Halmahera Utara. LELEANI : Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.55984/leleani.v1i2.78
  18. Sari, M. K. . (2019). Dukungan Keluarga, Motivasi Dan Ketepatan Waktu Menyelesaikan Skripsi Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Karya Husada. Adi Husada Nursing Journal, 5(2), 16–20.
  19. Setriani, S., Ishar, M., & Zahra, F. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Sma X Lampung Barat Selama Pandemi Covid-19. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(2), 182–190. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i2.469
  20. Trisetyaningsih, Y., Lutfiyati, A., & Kurniawan, A. (2017). Dukungan Keluarga Berperan Penting Dalam Pencapaian Peran Ibu Primipara. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 8(1), 105294.
  21. Widiantoro, Didik., Nugroho, Sigit., Arief, Y. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 4(1), 1–14.
  22. Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Sosio - Humaniora, 5(1), 1–25. file:///C:/Users/anggirahmas/Downloads/136-379-1-PB.pdf
  23. Yusuf, Z. (2020). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 7, Nomor 1, Juni 2018 115. 7, 115–138.