ANALISIS MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

Ratna Purwaningrum

Sari


Hasil pengamatan peneliti selama melakukan studi pendahuluan diruang rawat inap RS. Pertamina Bintang Amin dijumpai adanya pasien menyatakan kurang puas dengan pelayanan  perawat di Rs. Pertamina Bintang Amin pada tahun 2017 dan  pada tahun 2018 banyaknya komplain yang dikirim melalui manajemen bisnis RSPBA 2018. Jenis penelitian kuantitatif, pendekatan cross sectional. Waktu penelitian pada bulan Juni - Juli 2018, tempat penelitian adalah RS. Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Populasi seluruh pasien yang menjalani perawatan selama 2 hari di RS. Pertamina Bintang Amin  Bandar Lampung pada bulan Juni 2018, sampel 65 orang. Hasil penelitian karakteristik responden pasien di RS. Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung tahun 2018 responden berumur 41 – 50 tahun berjumlah 69 orang (57,5%), berjenis kelamin laki – laki berjumlah 74 orang (61,7%), berpendidikan rendah berjumlah 82 orang (68,3%) dan responden yang mempunyai pekerjaan berjumlah 84 orang (70%). Sebagian besar puas berjumlah 73 orang (60,8%). Dimensi pelayanan kesehatan reliability 73 orang (60,8%), assurance 65 orang (54,2%), tangible 69 orang (57,5%), empathy 64 orang (53,3%), responsiviness 61 orang (50,8%), keterkaitan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien reliability p – value 0,002, assurance p – value 0,001, tangible p – value 0,014, empathy p – value 0,037, responsiveness p – value 0,006. Variabel empathy  paling dominan terkait dengan kepuasan pasien.

Kata Kunci


Kepuasan; Mutu Pelayanan; Rumah Sakit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, A. dkk. (2011). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Ditinjau dari Aspek Input Rumah Sakit di Instalasi Rawat Inap RSU Haji

Makassar. Jurnal MKMI, Vol 7 No.1.

Al-Assaf, A. F. (2009). Mutu Pelayanan Kesehatan Perspektif Internasional. Jakarta: EGC.

Asmuji. (2013). Manajemen Keperawatan : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hardianti, U., & Amir, M. Y. (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Antenatal di Puskesmas Pattingalloang Kota Makassar. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 2(02).

Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO). (diakses 14 Maret 2012 dari http//eprints.undip.ac.id/23824/1/WIKE_DIAH_ ANJARYANI.pdf).

Arisutha, D. (2005). Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.

Budiastuti. (2002). Faktor-Faktor Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. (diunduh pada tanggal 2 januari 2018 dari http// www//klinis.wordpress//kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan).

Budi, S. C. (2011). Manajemen Unit Kerja Rekam Medis. Yogyakarta: Quantum Sinergis Media.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media.

Hasibuan, S. P. Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Hatta, G. R. (2009). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Indarjati, A., (2001). Kepuasan Konsumen. Pranata

J. Supranto. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi, edisi ketujuh. Jakarta: Erlangga

Junadi, P. (2004). Seminar Survey Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Di RSAPD Gatot Subroto Jakarta

Kementerian Kesehatan RI. (2004). Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. (2009). Undang-Undang RI Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan. Jakarta

Kementrian Kesehatan RI., (2014). Undang-Undang 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Jakarta

Kementrian Kesehatan RI. (2012). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Jakarta

Kotler, P., Armstrong, G., & Susanto, A. B. (2008). Alih Bahasa: Benyamin Molan; Penyunting: Bambang Sarwiji, SE; Manajemen Pemasaran, edisi 12 Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Lawalata, A., Umboh, J. M. L., & Rampengan, S. (2016). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSU Bethesda Gmim Tomohon. Community Health, 1(2).

Margaretha. (2003). Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Mandar Maju.

Martul, S. (2004). Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika

Melinda, S. P., & Meiyanto, I. S. (2011). Pengaruh Iklim Kerja Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Perawat Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). (dikases 3 Januari 2018 dari etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub...act).

Meutia Dewi. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. (diakses 2 januari 2018 dari https://media.neliti.com/.../196982-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep.pdf)

Muninjaya, I Gede. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). ES-QUAL: A Multiple-Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal of service research, 7(3), 213-233.

Pohan, I. S. (2013). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Penerapannya Dalam Pelayanan Kesehatan. Kesaint Blanc.

Putri, B. S., & Kartika, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(1), 1-12.

Putri, N. R. G. (2010). Penentuan Tarif Jasa Rawat Inap Dengan Mempertimbangkan Metode Activity Based Costing Di Rsud Pandan Arang Boyolali. (diakses 2 januari 2018 dari https://digilib.uns.ac.id/.../Penentuan-Tarif-Jasa-Rawat-Inap-Dengan-Mempertimbangkan-metode-activity-based-costing)

Raffi, F. (2010). Nurse Caring In Iran and As Relationship With Patient Satisfaction. Australian Journal of Advanced Nursing, 26(2).

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Supartiningsih, Sholichah. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Dimensi Tampilan Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Sarila Husada Sragen. (diakses Januari 2018 dari mmr.umy.ac.id/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pasien-rumah-sakit-s).

Supardi. (2008). Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Pengobatan Dengan Kepuasan Pasien di Balai Kesehatan Karyawan Rokok Kudus. Universitas Diponegoro Semarang. (diakses 3 Januari 2018 dari eprints.undip.ac.id/18657/1/SUPARDI.pdf).

Suparyanto. (2013). Kehandalan (Reliability) Mutu Pelayanan Kesehatan. (diakses 3 Januari 2018 dari dr-suparyanto.blogspot.com/2013/01/keandalan-reliability-mutu-pelayanan.html).

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun. (2015). Panduan Penyusunan Skripsi dan Tesis. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati. Bandar Lampung.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Warda, A., Junaid, J., & Fachlevy, A. F. (2016). Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Perumnas di Kota Kendari Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(3).

Wibowo, A. (2014). Metodologi Penelitian Praktis Bidang Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2418

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.