PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DALAM TATANAN RUMAH TANGGA DI DESA BANYUMAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS BOJONG KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2018

Sri Dinengsih - 
Tita Gustiani* - 

Terwujudnya masyarakat yang sehat tidak terlepas dari perilaku hidup bersih, sehat, dan higinis di lingkungan rumah tangga. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang PHBS dengan memberikan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan berfungsi sebagai media untuk menyediakan kondisi sosio-psikologis sedemikian rupa sehingga individu atau masyarakat berperilaku sesuai dengan norma-norma hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam tatanan rumah tangga di Desa Banyumas Wilayah Kerja Puskesmas Bojong tahun 2018.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental dengan Pre and post test. Peneliti hanya melakukan intervensi pada satu kelompok tanpa pembanding. Pengaruh perlakuan dinilai dengan cara membandingkan nilai posttest dengan pretest.Intervensi yang dilakukan adalah dengan pemberian pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet dilakukan selama 25 menit terhadap 55 responden. Hasil pretest didapatkan rata-rata 34,55 dan postest rata-rata 40.93.

Sebelum intervensi pendidikan kesehatan, mayoritas masyarakat di Desa Banyumas berperilaku kurang baik dalam menerapkan PHBS dalam tatanan rumah (52,7%), dan sesudah intervensi pendidikan kesehatan, mayoritas masyarakat berperilaku baik dalam menerapkan PHBS dalam tatanan rumah tangga (63,6%). Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap PHBS dalam tatanan rumah tangga.Diharapkan pihak Puskesmas memperbanyak kegiatan penyuluhan kepada masyarakat, sehingga diharapkan pengetahuan masyarakat tentang PHBS rumah tangga meningkat dan dapat menerapkan perilaku PHBS rumah tangga dengan baik.

 

Kata Kunci  : PHBS, Rumah Tangga, Pendidikan Kesehatan

 

Open Access Copyright (c) 2019 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)